12 Cara efektif mengatasi kelemahan diri agar lebih diterima oleh orang lain



Setiap dari kita memiliki kekurangan sendiri-sendiri. Ada kelemahan yang sifatnya terbuka dan sudah diketahui oleh orang lain. Ada pula yang sifatnya tertutup dan hanya diri sendiri yang mengetahuinya. Alangkah lebih baik adanya apabila kita mampu mengenali setiap kelemahan dalam diri ini. Dengan demikian kita bisa lebih awal mengantisipasinya agar tidak terlanjur jatuh dalam situasi yang sulit kelak. 

Kekurangan/ kelemahan untuk mendewasakan

Kekurangan yang di miliki baik adanya sebab jika kita mampu menyelaminya, itu seperti katalisator/ bisa juga disebut adrenalin yang dapat memacu semangat untuk lebih bekerja keras, tekun dan senantiasa berkorban dalam menggapai cita dan asa. Pemahaman konsep seperti ini dapat kita sadari apabila diri ini mampu menerima semuanya dengan lapang dada.

Membalas bully dan hinaan dengan kebaikan

Kesabaran dalam menjalani hidup adalah dasar kekuatan kita agar tetap bertahan ditengah ejekan dan penghinaan yang mungkin sering diterima sehari-harinya. Sadarilah teman bahwa semuanya ini pelan-pelan akan mendewasakan kita. Jalani saja dan lakukanlah yang terbaik namun jangan pernah meninggalkan sampah ke orang lain (seperti mengumbar makian, menjelek-jelekkan, merendahkan, menghina atau membalas perbuatan jahat mereka dengan kejahatan lain).

Kuatkan hatimu teman sebab segala kebaikan yang anda lakukan dalam kejadian yang sulit akan dibalaskan di akhirat kelak. Tidak perlu menghitung penderitaanmu sebab itu akan membuat hatimu semakin sakit saja. Tapi cobalah untuk memiliki pengharapan bahwa ada masa depan yang lebih baik bagi orang-orang yang berkenan kepada-Nya.


Tidak menuntut untuk diterima oleh orang lain melainkan melakukannya terlebih dahulu

Jangan terlalu berharap untuk diterima oleh orang lain melainkan mulailah menerima orang lain dengan senang hati dan lakukanlah kebaikan kepada mereka dimulai dari diri sendiri kepada orang-orang disekitar anda. Kebaikan itu tidak harus besar, sepatah kata doa saja sudah cukup, sebuah senyuman sudah lumayan dan sepatah kata untuk menyapa sudah lebih baik untuk diekspresikan.
Perlu dipahami bahwa Cara Mengatasi ini tidak mudah, butuh proses yang panjang,  akan tetapi jika kita melakukannya dengan ketulusan, penuh kesungguhan dan terus menerus niscaya cara efektif untuk mengatasi kelemahan yang akan kita bahas ini akan mengubahkan hidup anda. Berikut ini panduan lengkap untuk menghidupi kelemahan kita sehari-hari.
  1. Terima dirimu apa adanya teman. Lalu hargai dirimu sepantasnya bahwa setiap orang berharga dimata Tuhan.
  2. Dekatkan dirimu kepada Sang Pencipta dan kuatkan hatimu teman lalu kedepankan kesabaran dalam segala sesuatu.
  3. Jujur dalam bersikap dan bertutur kata. Percayalah bahwa kejujuran membuat hidup kita lebih luwes dan apa adanya, seperti tidak ada beban.
  4. Transparan dengan orang lain terhadap semua kelemahanmu, beritahu dengan jujur apa adanya jika mereka menanyakannya.
  5. Nikmati kelemahanmu, nikmati juga rasa sakitnya lalu bersyukurlah Tuhan masih menitipkan nafas-NYA sampai sekarang.
  6. Temukan bakatmu dan berkaryalah disama. Tekuni hobi atau kegemaranmu lalu berprestasilah disana. Ini penting teman agar tidak ada waktu luangmu yang terbuang sia-sia.
  7. Ubah fokusmu teman. Jika dalam pikiranmu terus ada pertanyaan yang mengganggumu, seperti “mengapa saya mengalami semuanya ini?”, “mengapa orang lain tidak?”, “mengapa harus saya yang menderita semuanya ini?”. Jangan fokus pada kelemahanmu teman. Ubahlah fokus anda pada kelebihanmu. Gali potensimu dan kembangkan itu hingga menjadi bermanfaat bagi orang lain.
  8. Selalu bercermin dan rajin mengoreksi diri. Berusahalah untuk meminimalisir/ mengurangi terjadinya kesalahan/ kekhilafan dalam hidupmu. Jikapun itu terjadi, segera perbaiki agar tidak banyak orang yang dirugikan.
  9. Apapun kata orang lain tentang dirimu, jangan mudah tersanjung atau kecewa. Pahamilah baik-baik arti ucapannya itu . Mungkin ada yang salah dari dirimu yang harus diperbaiki.
  10. Kenali kelebihanmu. Manfaatkan kelebihan yang anda miliki untuk berbuat baik kepada semua orang.
  11. Buka pertemanan dan relasi kepada siapapun (kecuali dengan orang-orang yang selalu menyimpang). Suatu saat anda akan memerlukan mereka.
  12. Cintai hidupmu, cintai keluargamu dan nikmati pekerjaanmu teman. Jadilah orang yang berguna bagi kebaikan banyak orang. Itulah yang membuat hari-hari kita lebih indah dan bermakna.
Demikian saja teman. Semoga saja di negeri ini akan lahir kawula muda dengan intektual yang akan mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Salam dahsyat!

0 Response to "12 Cara efektif mengatasi kelemahan diri agar lebih diterima oleh orang lain"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama