+10 Manfaat & Bahaya Jalan Yang Rusak - Jalanan Yang Berlobang Lawati Dengan Santai Agar Selalu Selamat



Sumber gambar: thumbs.dreamstime.com

Infrastruktur adalah segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek, dan sebagainya – KBBI Offline). Ini adalah faktor penunjang yang sangat menentukan perkembangan suatu daerah. Jika ditinjau secara nasional maka akan ditemukan bahwa pembangunan proyek seputar infrastruktur terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Akan tetapi, pemerataan pembangunan masih belum menyentuh seluruh wilayah yang ada di negeri ini. Mungkin karena pembangunan semacam ini membutuhkan biaya yang besar jadi terlebih dahulu diutamakan daerah-daerah yang paling membutuhkan.

Pembangunan infrastruktur adalah awal perkembangan suatu wilayah

Ada begitu banyak manfaat yang diperoleh dari infrastruktur yang lengkap, salah satunya adalah akses ke daerah-daerah terpencil menjadi lebih mudah. Selain itu pembangunan semacam ini juga cenderung meningkatkan perekonomian di daerah setempat. Sekalipun demikian pembangunan infrastruktur menyimpan dua dampak bagi kehidupan masyarakat. Dampak baiknya seperti yang kami jelaskan sebelumnya sedangkan dampak buruknya adalah kerusakan lingkungan hayati. Oleh karena itu, adalah lebih baik jikalau setiap mega proyek harus mempertimbangkan atau disertai dengan AMDAL (analisis dampak lingkungan).

Positif-negatif pembangunan jalan

Jalanan dimanfaatkan sebagai jalur transportasi untuk mengakomodasi pengangkutan sesuatu atau seseorang dari satu tempat ke tempat lainnya. Bermanfaat untuk menghubungkan wilayah yang satu ke wilayah lainnya sekalipun keduanya berada dalam jarak yang sangat jauh. Tanpa jalan yang baik untuk dilalui maka kemungkinan suatu daerah terisolir dari daerah lainnya atau dari pusat kota sebagai pusat perputaran ekonomi. Bertambahnya pembangunan jalan selalu diiringi dengan semakin bertambah pula jumlah kendaraan, baik kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Bukankah semuanya ini akan berdampak pada kemacetan? Simak juga, Cara mengatasi kemacetan.

Dari sini saja bisa kita baca bahwa jalanan sebagai salah satu hasil dari ilmu pengetahuan selalu memberikan dampak positif dan negatif bagi manusia. Ketika  jalanan bertambah banyak dan bertambah lebat maka keadaan ini akan disusul oleh kepemilikan mesin yang turut melimpah ruah. Akibatnya adalah konsumsi BBM yang cukum tinggi tiap tahunnya. Padahal bahan bakar minyak sifatnya tidak dapat diperbaharui dengan cepat melainkan membutuhkan waktu puluhan hingga ratusan tahun untuk kembali mengadakannya lagi. Oleh karena itu, penggunaannya yang lebih hemat adalah solusi jangka panjang sedang membatasi penggunaan dengan membatasi jumlah kendaraan yang lalu-lalang adalah solusi jangka pendek. Bacalah, Bahaya konsumsi BBM Tinggi .

Jalan yang rusak di Indonesia

Ada apa sebenarnya, mengapa sebuah badan jalan terus-menerus rusak dari tahun ke tahun? Kami sendiripun tidak begitu mengerti tentang alasan yang pasti atas semua keadaan ini. Mungkin saja karena faktor alam dimana cuaca buruk membuat tanah labil, mudah bergeser hingga longsor. Atau bisa juga karena faktor human error akibat korupsi proyek. Dan yang terakhir biasanya disebabkan oleh bencana alam yang tak terduga. Proyek perbaikan jalan arteri semacam ini perlu dilakukan sesegera mungkin. Sayang, terkadang kejahilan pelaku korupsi membuat penyelesaiannya melambat bahkan tidak dapat bertahan lama (rapuh dan cepat rusak) sehingga membuatnya menjadi proyek abadi. Simak juga, Alasan penyebab korupsi terjadi .

Manfaat dan bahaya jalan yang rusak

Tidak hanya hal-hal yang baik dipandang mata saja yang membawa dampak positif bagi kehidupan umat manusia melainkan dari hal-hal yang buruk (negatif) juga kita bisa belajar banyak. Oleh karena itu, tidak perlu menggerutu/ kesal secara berlebihan karena hal tersebut melainkan pandanglah semuanya dari sisi positif sehingga bagian tersebut senantiasa dijalani dengan sukacita. Mencari informasi memang penting tetapi belajar dari pengalaman, itu lebih penting. Berikut ini faedah dan akibat saat kita jalanan yang kita lalui mengalami rusak ringan, sedang hngga berat.

Dampak buruk (kerugian).

1. Beresiko rusak berat hingga terputus.

Ketika jalanan yang sedang dalam kondisi rusak ringan terus-menerus dibiarkan oleh dinas terkait maka pengaruh perubahan cuaca ekstrim cenderung semakin memperparah kerusakan yang timbul pada badan jalan yang dimaksud. Oleh karena itu, perbaikan yang segera dilakukan akan memperkecil biaya yang dikeluarkan. Sedangkan saat menunggu lama, kerusakan yang terjadi bisa semakin parah akibat hujan deras dan beban kendaraan yang melebihi batas.

2. Jalanan jadi becek.

Ini jelas akan terjadi ketika musim hujan tiba maka jalanan yang berlobang akan dipenuhi oleh genangan air. Sedang genangan air itu sendiri beresiko terpercik ke badan pengendara yang mungkin akan menciptakan sedikit rasa kesal di dalam hati.

3. Membuat kendaraan lebih cepat kotor.

Saat musim hujan tiba genangan air akan terbentuk di areal badan jalan yang rusak dan berlubang. Keadaan ini jelas akan menambah repot pengendara sebab dibutuhkan tenaga (mungkin juga uang) yang lebih untuk membersihkan kotorannya karena harus semakin sering dilakukan.

4. Resiko kerusakan lebih tinggi.

Pengendara yang tidak mengedepankan kehatia-hatian saat melewati jalanan yang mengalami kerusakan akan mengorbankan mesin kendaraannya sendiri. Mungkin karena terlalu buru-buru karena sudah terlambat untuk sampai ke tempat tujuan. Atau karena mengejar sesuatu yang penting baginya. Apapun itu, keadaan semacam ini hanya menambah biaya reperasi/ perawatan kendaraan di lain waktu.

5. Pergerakan kendaraan lebih lambat.

Semakin banyak jalanan yang berlobang di wilayah yang anda lalui sehari-hari maka semakin lama pula waktu yang dibutuhkan untuk menempuh/ bepergian ke tempat-tempat tertentu. Keadaan ini harus terlebih dahulu diantisipasi dengan berangkat lebih awal sehingga bisa sampai tepat waktu.

6. Beresiko terjatuh (kecelakaan).

Ini adalah kerugian terparah yang dialami pengendara saat menghadapi badan jalan yang penuh jebakan lobang kelinci. Bagi yang menggunakan sepeda motor, saat melalui jalanan yang rusak secara terburu-buru beresiko terjatuh. Sedangkan bagi yang menggunakan kendaraan roda empat (mobil), keadaan jalan yang tidak stabil beresiko membuatnya menyerempet kendaraan lain. Jalan rusak semacam ini, terlebih ketika berada di daerah strategis harus segera mendapat perhatian dari dinas Pekerjaan Umum setempat.

Dampak baik  (manfaat-keuntungan).

7. Membuat kita lebih hati-hati (waspada) menjalaninya.

Sangat dibutuhkan kehati-hatiaan saat sedang melewati jalan yang rusak dan rawan kecelakaan. Tanpa kewaspadaan standar maka resiko kecelakaan sudah menunggu di depan. Oleh karena itu, berkendaralah tanpa tekanan target tertentu melainkan santai saja. Saat kita sudah menargetkan untuk sampai disini dalam waktu ini maka kecepatan yang digunakan cenderung tidak memperhatikan badan jalan.

8. Menambah kemampuan menerima apa adanya.

Tidak mudah untuk hidup berkendara di jalan yang rusak sembari memperhatikan perilaku aparatur pemerintahan yang abai dengan bidang yang ditanganinya. Butuh kerendahan hati yang luar biasa agar mampu menerima semuanya itu apa adanya.

9. Menambah kesabaran, mengendalikan amarah.

Ini adalah kesempatan emas bagi kita untuk melatih kecerdasan emosional. Jika melalui jalan rusak yang berlobang itu dengan penuh amarah niscaya kita akan merugikan diri sendiri dan juga orang lain (perhatikan dampak buruknya). Tetapi ketika kita mampu bersabar menghadapinya niscaya semua bisa dijalani dengan sukacita.

10. Melatih sikap santai.

Sikap yang terlalu terburu-buru saat melewati badan jalan yang rusak jelas tidak menempatkan kita dalam posisi yang menguntungkan. Sesekali beruntung saat semua dipercepat mungkin saja terjadi tetapi sadarilah bahwa potensi mengalami kecelakaan akan semakin besar pula. Oleh karena itu, kedepankan sikap tenang dan santai dalam menjalaninya sambil bernyanyi-nyanyi memuliakan Allah di dalam hati.

11. Kesempatan untuk belajar memaafkan.

Kita bisa saja kesal sama pihak PU, bisa juga kesal sama orang yang saat lewat tidak hati-hati sehingga air kotor terciprat (terkena) ke pakaian. Atau bisa juga kekesalan kita bertambah-tambah saja karena sebelumnya di rumah telah cek-cok/ bermasalah. Akan tetapi jika anda mampu tetap menerima semuanya itu apa adanya sembari memaafkan setiap pihak-pihak yang terlibat niscaya ini akan melatih kemampuan untuk memaafkan sesama sesegera mungkin.

12. Menambah pekerjaan dinas terkait.

Ini dia yang kami takutkan sebenarnya. Apakah kerusakan jalan ini disengaja atau memang terjadi begitu saja? Jangan-jangan ini memang sengaja di buat menjadi proyek abadi agar orang-orang yang bekerja disana tetap panen uang lewat proyek-proyek yang diadakan. Kalau sudah merupakan bagian dari konspirasi, kita berdoa ajalah semoga mereka bertobat dan semoga Tuhan mengirimkan pemimpin yang lebih baik.


Dalam hidup ini, buat pikiranmu lebih sederhana, tidak perlu terlalu banyak memikirkan hal-hal yang di luar tupoksi/ tanggung jawab kita melainkan selalu bawakan pikiran untuk memuji dan memuliakan Tuhan dan memikirkan kebaikan apa yang akan kita lakukan kepada sesama hari ini? Dua hal ini adalah rutinitas yang dapat membuat kita sibuk dalam hal-hal positif sekaligus sanggup menciptakan kebahagiaan sendiri. Sedangkan masalah jalanan yang rusak, doakan aja agar orang-orang yang bertanggung jawab segera turun tangan dan doakan juga agar Indonesia diberikan pemimpin yang bijak.

Salam Indoensia hebat!

0 Response to "+10 Manfaat & Bahaya Jalan Yang Rusak - Jalanan Yang Berlobang Lawati Dengan Santai Agar Selalu Selamat"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama