11 Alasan Sambungan Telepon Terputus (Tidak Dijawab) – Dari Penyebab Yang Negatif Hingga Positif Ambil Hikmahnya




Pada suatu hari sabtu, kami sedang melakukan beberapa tugas di rumah. Saat itu stasiun radio lokal sedang di putar di ruang makan. Pakerjaan itu hampir selesai saat seorang penyiar radio mengatakan “bagi pendengar yang ingin menyampaikan selamat ulang tahun…. dan seterusnya.”  Kemudian penyiar tersebut mendapatkan sambungan telepon selama beberapa detik dimana peneleponnya sempat menyebutkan namanya lalu tiba-tiba saja suara terputus. Tepat di saat itulah kami mendapatkan ide untuk menulis tentang penyebab sambungan telepon tiba-tiba putus.

Pengertian telepone

Telepon adalah (1) pesawat dengan listrik dan kawat, untuk bercakap-cakap antara dua orang yang berjauhan tempatnya; pesawat telepon; (2) percakapan yang disampaikan dengan pesawat telepon (KBBI Offline). Ini adalah perangkat komunikasi jarak dekat dan jauh (fleksibel) yang membuat para komunikan  tidak harus melakukan tatap muka. Semenjak penemuan pertamanya, jaringan komunikasi antar manusia terus saja berkembang dari tahun ke tahun. Ada yang disebut dengan SMS, MMS bahkan lebih canggih lagi, yaitu video call (panggilan video). Dengan adanya jaringan internet, semua komunikasi ini bisa dilakukan dari tempat yang paling jauh sekalipun asalkan wilayah tersebut telah terhubung oleh jaringan optik.

Berusaha menanggapi kejutan dengan positif

Memang hidup di dunia ini penuh dangan kejutan. Sayang, tidak semua kejutan itu baik (positif), ada juga surprise yang sifatnya kurang baik (negatif) bahkan terkadang merugikan. Tidak ada yang bisa kita lakukan pada kenyataan yang sudah terjadi, yang bisa diperbuat adalah menerimanya dengan lapang dada lalu berusaha untuk menyesuaikan diri. Orang yang mampu mengendalikan sisi emosionalnya yang tidak terkendali ketika kejadian yang membuat terkejut juga merugikan secara moril (menyakiti perasaan) adalah mereka yang bijak. Dan yang namanya hikmat kebijaksanaan di mulai dari pengalaman pahit yang bisa dimaknai positif.

Pikiran yang selalu bersih membuat hidup bahagia dan tenteram

Adalah penting sekali bagi kita untuk senantiasa membuat suasana hati tetap positif. Ini sangat mempengaruhi kebahagiaan, kelegaan, kedamaian dan ketenteraman di dalam hati. Tidak hanya sampai disitu saja, suasana pikiran yang baik juga turut membuat otak encer, artinya saat berpikir itu tepat dan cepat. Memang dalam hidup ini ada-ada saja kekhilafan tetapi suasana hati yang positif membuat ketelodoranmu telah ditekan lebih sedikit (lebih minimalis). Mereka yang mampu menjaga suasana hati tetap bersih hari lepas hari akan turut dibersihkan pula perkataan dan perilakunya (sikap) dari waktu ke waktu.

Hidup yang positif, memberi manfaat anti jenuh

Tahukah anda, apa masalah beberapa orang di zaman sekarang? Ya, persoalan yang mereka alami adalah seputar kebosanan yang dihadapi hari demi hari. Seolah-olah hari-harinya hambar di telan waktu. Padahal, sesungguhnya memang demikianlah kenyataan yang terjadi dalam kehidupan kita. Bahkan bukan cuma manusia saja, melainkan tumbuhan dan hewan, juga demikian dengan bumi dan alam semesta ini: masing-masing berputar-putar pada siklusnya masing-masing. Apakah mereka jenuh? Tidak, mereka tidak sedetikpun berpikir untuk merasa bosan sebab aktivitasnya selalu mengarah pada hal-hal yang positif. Asalkan saja kita mampu hidup senantiasa memberi manfaat kepada orang lain terutama kepada mereka yang kita cintai niscaya tiap detik dalam hidup ini dinikmati sepenuhnya.

Faktor penyebab panggilan telepon yang anda lakukan terputus atau tidak dijawab sama sekali

Pada bagian ini kami akan menampilkan beberapa spekulasi tentang kemungkinan yang akan terjadi. Tetapi kami berharap, anda tidak mengartikannya secara negatif atau lebih tepatnya adalah buang kemungkinan yang kurang berkenan di dalam hati lalu tangkaplah yang positifnya. Semakin baik pikiran kita maka semakin baik pula tutur kata dan perilaku kepada sesama sehingga hubungan baik itu terus terjaga. Sekalipun ada berbagai-bagai hal yang sedikit mengganggu tetapi masih tergolong sepele dan dapat dimaklumi. Berikut ini akan kami tampilkan beberapa alasan mengapa panggilan yang anda lakukan kepada seseorang tak terjawab sama sekali atau tiba-tiba hilang begitu saja.

  1. Jaringan hilang atau jaringan tidak ada.

    Masalah jaringan itu di luar kemampuan kita bahkan operatornya sendiri tidak akan bisa menyelesaikan masalah tersebut. Ini lebih kepada masalah secara teknis yang bisa saja menimpa siapapun. Mungkin saja, kita sedang berada di luar jangkauan, misalnya saat berada di daerah terpencil atau di dalam hutan belantara. Ketika anda melakukan panggilan lalu tiba-tiba saja muncul bunyi seperti “tut... tut… tut…,” ketahuilah bahwa saat ini anda sedang berada di luar jangkauan. Jadi sabar aja ya teman dan semoga kedepannya jaringan seluler bisa lebih berkembang lagi di daerah tersebut.
  2. Jaringan sibuk.

    Kapan waktunya dimana jaringan biasanya sangat-sangat sibuk? Kalau tidak salah, ini terjadi di akhir pekan atau pada hari-hari libur besar maupun kecil. Mengapa demikian? Sebab ada banyak orang bahkan rata-rata para pekerja dan anak sekolahan sedang berlibur diwaktu tersebut.  Jadi saat anda melakukan panggilan tetapi tiba-tiba ada yang berkata, “Nomor yang anda tuju sedang sibuk, silahkan….” Jadi kuatkan hatimu teman dan tidak perlu memaki-maki operator yang bahkan nama orangnya saja tidak kita kenali.
  3. Baterai lowback.

    Bagi anda yang menggunakan smartphone atau tablet secara maraton, mungkin hanya sekedar cari-cari informasi (browsing) atau bersosial media atau sekedar bermain-main (game). Biasanya karena keasikan dengan gadget, kelupaan memperhatikan daya baterai yang benar-benar down. Akhirnya, ketika ada teman yang mencoba menghubungi anda tiba-tiba saja smartphone atau handpone mati begitu saja. Inilah akibat dari kebiasaan yang terlalu lebay sehingga informasi penting dari teman terlambat didapatkan.
  4. Ada urusan mendadak.


    Disaat-saat genting, bisa saja datang panggilan telepon dari teman yang jauh disana. Mungkin anda sedang mengerjakan tanggung jawab yang penting. Juga mungkin sedang berkendara di jalanan kota. Bisa juga sedang ada pembicaraan penting (rapat) dengan tim kerja atau bisa juga disebabkan oleh karena ada kejadian yang memalukan (misal ada yang sedang marah-marah) dan masih banyak alasan lainnya yang membuat anda tiba-tiba saja memutuskan untuk memutuskan panggilan komunikasi yang sedang dilakukan bersama orang lain. Diwaktu seperti ini, komunikasi anda bisa saja terputus tanpa peringatan (tanpa meminta izin terlebih dahulu).  Jadi tabahlah menghadapi semuanya itu agar hati tidak berubah menjadi gelisah dan membenci.
  5. Ada teman yang mengajak ngomong.

    Anda sedang berkomunikasi dari jarak jauh dengan seseorang tetapi tiba-tiba ada seseorang yang penting sedang mengajaknya langsung berbicara. Terlebih ketika orang tersebut adalah seseorang yang disegani, misalnya orang tua atau pemimpin (supervisi, manajer) di tempat kerja masing-masing. Tentu saja teman anda akan menutup panggilan telepon yang sedang kalian lakukan sebab jadi tidak enak bertelepon saat seseorang berhadapan langsung denganmu untuk mengatakan sesuatu. Apalagi jika orang yang ada di depanmu itu adala seseorang yang posisinya lebih tinggi darimu. Komunikasi yang dilakukan lewat jaringan bisa saja terputus secara tiba-tiba dan tanpa konfirmasi terlebih dahulu.
  6. Sedang ada pekerjaan lain.

    Saat panggilang yang anda lakukan tidak dijawab oleh siapapun bahkan sekalipun telah melakukannya secara terus-menerus. Ketahuilah bahwa keadaan ini bisa saja timbul karena orang yang sedang anda hubungi lagi sibuk-sibuknya melakukan pekerjaan lain. Oleh karena itu, adalah baik bagi anda untuk tidak menelepon seseorang saat sedang jam kerja, ibadah, itirahat dan lain sebagainya (jika tidak penting kecuali urusan mendadak). Sebab mungkin saja di saat seperti itu, ia telah menetapkan hati untuk tidak menjawab panggilan apapun. Terlebih ketika gadget yang dimilikinya telah di-silent-kan.
  7. Sekedar miss call.


    Biasanya orang yang melakukan panggilan cepat ke nomor anda adalah seseorang yang hendak berbicara tetapi kurang pulsa. Ini juga biasa kami lakukan kepada orang tua (sebagai bosnya pulsa di rumah). Sekalian hemat pulsa pribadi yang notabene hanya dikasih kiriman gratis oleh ortu. Jadi saat hendak berbicara dengan orang tua, cukup di miss call saja pasti akan di telepon balik. Tetapi jika yang miss call adalah orang lain dan tidak tercatat nomornya di dalam kotak penyimpanan maka akan lebih banyak diabaikan daripada diperhatikan. Anggap saja mereka sebagai seseorang yang kebetulan salah pencet nomor.
  8. Malu-malu aja.

    Biasanya saat kita baru pertama sekali menelepon seseorang ada kesan malu-malu melakukannya. Terlebih ketika ada sedikit-sedikit rasa suka kepada lawan jenis tersebut. Oleh karena itu, butuh nyali yang lebih besar untuk mengatakan sesuatu. Ketika keberanian itu kandas oleh karena gangguan dalam pikiran maka suaranya  tiba-tiba terputus. Oleh karena itu, jangan menelepon seseorang tanpa alasan yang pasti, anda hanya akan ngelantur tak jelas nantinya. Tetapi jika anda memang sudah terbiasa menggunakannya dan hendak menanyakan sesuatu atau ada keperluan lainnya maka itulah alasan kita untuk lebih berani melakukannya.
  9. Memang jelas sebagai ketelodoran yang tak disengaja.

    Saat handphone atau smartphone kita letakkan di dalam saku celana atau dalam saku baju, tiba-tiba saja bagian tersebut tertekan oleh sesuatu sehingga melakukan panggilan buta. Biasanya orang yang dipanggil secara tiba-tiba adalah nomor kontak yang letaknya pertama sekali (tombol yang tertekan tombol kontak dan panggilan). Bisa juga panggilan yang terjadi adalah kepada orang yang terakhir melakukan komunikasi dengan kita (yang tertekan tombol memanggil sebanyak dua kali).
  10. Memang sengaja main-main.


    Ada orang yang sengaja bermain-main dengan anda sehingga ingin melakukan panggilan tanpa suara atau panggilan yang seketika itu juga terputus. Orang yang seperti ini memang cukup menantang untuk dimaklumi. Tidak perlu terlalu ditanggapi apalagi sampai di blokir dengan fasilitas black list. Mereka adalah orang sengaja memancing di air keruh. Upayakan untuk tidak mengaktifkan nada dering smartphone, handphone ata tablet anda saat berada di tempat-tempat pertemuan khusus, misalnya rapat. Bisa saja, orang-orang tersebut sengaja membuat anda sebagai pemicu kegaduhan yang memecah keheningan situasi yang senyap.
  11. Sekedar menguji saja.

    Ini adalah sudut pandang yang paling positif saat mendapati panggilan telepon yang kita lakukan tiba-tiba terputus. Anda bisa menganggapnya sebagai sebuah tantangan yang menguji kemampuan mengendalikan diri khususnya emosi di dalam hati. Serta turut pula meningkatkan kecerdasan dan kebijaksanaan dalam bersikap dari waktu ke waktu.

Kita tidak bisa mengatur kapan orang lain harus menelepon dan kapan tidak sebab saat gadget anda terus hidup maka saat itu pula kemungkinan untuk dihubungi seseorang selalu ada. Oleh karena itu, untuk mengatur orang lain kapan harus menelepon kita adalah dengan menonaktifkan handphon, smartphone dan tablet yang dimiliki disaat ada moment penting yang sedang diikuti. Sebaliknya usahakan untuk berpikiran positif saat orang lain tidak menjawab atau tiba-tiba memutuskan sambungan telepon yang sedang dilakukan.

Ada banyak gangguan yang terjadi di dalam kehidupan kita tetapi tidak semuanya gangguan itu benar-benar penting. Memang ada beberapa yang harus kita tanggapi serius karena merupakan bagian dari peristiwa penting. Mungkin mereka adalah salah satu sanak famili yang sedang membutuhkan sesuatu dimana nomor kontaknya tertulis jelas di di buku telepon. Tetapi tidak jarang juga mendapatkan panggilan dari orang yang bahkan tidak kita kenal sama sekali. Diatas semuanya itu, berusahalah untuk tetap memandang peristiwa tersebut sepositif mungkin sehingga rasa dan kadar kebahagiaan cs ketenteraman di dalam hati anda tidak tergoyahkan.  Ambil hikmah dari situasi yang terjadi, pimpinlah diri dalam kebaikan dan jangan biarkan temperamen yang amburadul menguasai kehidupanmu.
Salam damai!

0 Response to "11 Alasan Sambungan Telepon Terputus (Tidak Dijawab) – Dari Penyebab Yang Negatif Hingga Positif Ambil Hikmahnya"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama