9 Cara cerdas mencari konten berkualitas di Internet - memaksimalkan manfaat mesin pencari google



Internet adalah sumber informasi yang paling mudah diperoleh namun masalahnya dunia maya sama seperti bumi kita pada umumnya. Ketika satu sisi berkembang maka berdampak pada lingkungan karena meningkatnya sisa hasil rumah tangga atau industri yang disebut dengan sampah. Ini adalah masalah bagi setiap orang yang terjun ke dalamnya. Penanganan masalah sampah tidak diatur oleh pihak berwenang (pemilik dan penguasa jaringan) karena terlalu banyak dan tersebar dimana-mana. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika setiap dari kita senantiasa waspada dan menjaga diri masing-masing saat surfing di dunia maya. Pengetahuaan kita akan footprint google menjadi sangat menentukan kualitas halaman yang kita peroleh.

Berikut ini, beberapa teknik yang dapat anda gunakan untuk mencari tulisan yang berkualitas di alam maya berdasarkan pengalaman sendiri.

Teknik cerdas mencari konten berkualitas di google search engine

Informasi yang baik ada banyak didunia maya namun lebih banyak lagi informasi yang tidak baik dan malah menjerumuskan orang kejalan yang sesat. Coba bayangkan betapa rumitnya anda mencari 2% konten berkualitas yang dibutuhkan? Bukankah itu sesulit mencari jarum dalam jerami? Oleh sebab itu alangkah baiknya jika anda berpedoman pada panduan berikut ini.

1. Menjadi member premium di berbagai situs terpercaya

Jika ingin informasi terbaik jadilah member "premium". Uang sangat menentukan kualitas informasi yang anda dapatkan. Kunjungis situs-situs ebook ternama untuk memperoleh informasi terbaik.

Otomatis point pertama itu sulit Apalagi jika kita terbatas dalam hal dana. Untuk memperoleh informasi terbaik silahkan disimak terus teman.

2. Membandingkan setiap konten yang ditemukan

Bandingkan setiap informasi yang anda peroleh dari satu situs dengan situs lainnya dengan melakukan pencarian kata kunci di google sampai kedalaman 3, 4, 5 bahkan lebih lagi hingga anda menemukan konten yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Perhatikan dengan seksama gaya penulisan dan hubungan antar kalimat

Perhatikan konten yang anda temukan, jika strukturnya kacau balau dan sulit dimengerti berarti halaman itu merupakan terjemahan langsung dari bahasa asing. Situs seperti ini tergolong asal-asalan dan kurang bagus kualitasnya.

4. Teknik pencarian dengan kata kunci yang singkat dan padat

Usahakan saat mencari sesuatu di google jangan memasukkan kalimat yang panjang akan tetapi cobalah untuk memasukkan kata kunci saja. Misalnya anda mencari 'caRa melakukan senam kegel setiap hari" dapat anda ubah dengan mencari kata kuncinya saja yaitu "senam kegel".

5. Lakukan variasi kata kunci

Jangan hanya berpatokan pada satu kata kunci saja. Cobalah lakukan variasi agar google menampilkan hasil yang lebih variatif sehingga bisa dijadikan pembanding untuk menentukan yang terbaik.

6. Tambahkan “quote”


["keyword"] Tambahkan tanda kutip untuk menemukan frase yang anda cari dengan akurasi 100% jika ada, jika frase tersebut ternyata tidak ada maka google akan memberikan pilihan lain.

7. Langsung menuju situs terpercaya

[keyword site:kaskus.co.id] Mulailah dengan mencari informasi di situs-situs terkenal misalnya detik, kaskus, kompas, liputan6 dan situs lainnya yang bergenre media nasional. Berikut ini genre situs terpercaya
  1. Media nasional
  2. Digital library dan halaman situs Universitas di indonesia (ac.id)
  3. Situs pemerintah (go.id)

Misalnya saja dengan memasukkan kata kunci di google [kata yang dicari site:detik.com] artinya google akan mencari semua tulisan yang berhubungan dengan "kata yang anda cari" di salah satu satu media nasional detik.com
Misalnya anda mencari konten tentang penghijauan [penghijauan site:ac.id], maka google akan menampilkan topik tentang penghijauan dari berbagai situs universitas ternama.
Contohnya anda mencari konten tentang peristiwa bom jakarta [peristiwa bom jakarta site:go.id], maka anda akan dibawa oleh google ke peristiwa bom jakarta disitusnya pemerintah.

8. Langsung menembak format file yang diinginkan

[keyword filetype:xxx] Biasanya konten berkualitas sekelas jurnal dan laporan di upload ke internet dalam format tertentu. Lakukan pencarian di google menampilkan ekstensi file yang dicari dengan cara mengetikkan, "kata yang dicari filetype:pdf" (tanpa tanda kutip). Dalam hal ini kata yang dicari akan menampilkan konten dengan ekstensi PDF. Berikut beberapa ekstensi file yang sangat terkenal dan banyak kita temukan didunia maya.
  1. pdf untuk tulisan dalam format PDF (biasanya jurnal dan penelitian)
  2. doc/ docx untuk tulisan dalam format MICROSOFT WORD 2003/ 2007
  3. ppt/ pptx untuk tulisan dalam format POWER POINT 2003/ 2007 (biasanya file presentasi sebuah topik)
  4. rar/ zip untuk konten dalam format yang dikompres dalam RAR/ ZIP ARCHIVE
  5. mkv untuk format konten dalam format vidio populer MATROSKA VIDEO FILE
  6. srt untuk format file subtitle film
  7. dan masih banyak lagi.
Misalnya anda mencari film perahu kertas [perahu kertas filetype:mkv]
Misalnya anda mencari subtitle iron men 3 [iron man 3 filetype:srt]

9. Alternatif yang lain

Sebagian situs dengan domain TLD (berbayar, com, net, info dll) tidak tulus dalam memberikan konten. Metode pencarian ini lebih ditekankan untuk konten yang bergenre tutorial dimana kebanyakan dalam hasil pencarian bermotif jualan. Prinsipnya adalah mereka bayar! masakan dikasih gratis? [k'k'k' CMIW]. Oleh karena itu lakukan pencarian di situs dengan domain yang gratis [yang gratis pasti tulus] misalnya pada domain blogspot.com atau wordpres.com dengan menambahkan kata site dimesin pencari. misalnya lihat gambar
Ingatlah teman, dengan semua teknik pencarian ini anda bisa menemukan konten yang berkualitas namun bisa juga menemukan sesuatu yang akan merusak mental dan moral anda. Semua tergantung dari pikiran anda. Jadilah seorang manusia yang mampu mengendalikan hawa nafsunya untuk kehidupan yang lebih baik.
Di internet itu semuanya ada namun tidak semua benar. Apapun informasinya Jangan mudah percaya dan jadilah orang yang selektif yang selalu cerdas. Bahkan Sekalipun anda menemukannya di situs terkenal dan berbayar (member premium) tidak menjamin kebenarannya karena internet itu bukan tuhan!. Kebenaran absolut hanya milik Tuhan saja dan kitab suci-NYA.
Salam indonesia yang lebih baik!
Referensi : Internet bukan tuhan

0 Response to "9 Cara cerdas mencari konten berkualitas di Internet - memaksimalkan manfaat mesin pencari google"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama