7 Manfaat Keringat Yang Terasa Asin


Berkeringat adalah salah satu metabolisme tubuh untuk menyesuaikan diri dengan suhu lingkungan. Ini dilakukan oleh organ kulit yang melapisi seluruh permukaan tubuh. Fungsi ini membuat tubuh mampu mempertahankan suhu permukaan dan kelembabannya pada kondisi normal. Seandainya kulit tidak mengeluarkan keringat maka manusia tergolong dalam makhluk hidup berdarah dingin yang suhu tubuhnya mengikuti suhu lingkungan di sekitarnya.

Ada beberapa orang yang menganggap keringat sebagai kelemahan. Mereka sepertinya tidak senang saat kulit mulai mengeluarkan butiran air yang jelas. Ini tidak terjadi tanpa alasan sebab pada beberapa keadaan keluarnya keringat dari dalam kulit selalu diiringi dengan bau yang tidak sedap setelahnya. Bau badan inilah yang membuat banyak orang tidak senang berada di dekat anda bahkan diri sendiripun tidak nyaman karenanya. 
Baca juga, Cara efektif mengatasi bau badan yang tidak sedap
Bau badan adalah sebuah maniffestasi aktivitas mikroorganisme pada permukaan kulit yang berkeringat. Beberapa jenis kuman sangat senang dengan bahan organik yang diekskresikan bersama keringat yang keluar. Mereka menjadikannya sebagai sumber makanan. Kuman akan bertumbuh lalu memfermentasi berbagai senyawa tersebut menjadi sumber energi baginya. Sayang, hasil pemecahan senyawa organik ini berdampak buruk bagi bau badan seseorang, yang tercium cukup menyengat dan tidak enak dihidung.

Sebenarnya tubuh kita memiliki mekanisme teresendiri untuk mengantisipasi keadaan itu. Salah satunya dengan mengeluarkan keringat bersamaan dengan imunitas dari dalam tubuh. Ini akan membantu menghambat pertumbuhan kuman di permukaan kulit. Salah satu mekanisme yang sangat populer yaitu dengan mengeluarkan garam bersamaan dengan keringat. Kandungan NaCl akan membuat setiap tetasan yang keluar dari dalam kulit terasa asin. 

Keringat yang terasa asin adalah salah satu teknik bertahan yang membuat manusia tetap hidup sampai sekarang. Rasa asin ini diperoleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Oleh karena itu makanan yang mengandung banyak garam adalah baik untuk kesehatan manusia. Banyak dalam hal ini bukan berarti makanan yang dikonsumsi terasa asin melainkan terasa nikmat. Sebab semua makanan yang nikmat harus mengandung garam sebagai salah satu pemberi cita rasa pada makanan. 

Jangan menyangka bahwa proses berkeringat hanya ditandai dengan basahnya pemukaan tubuh karena dalam keadaan normal selalu terjadi penguapan keringat dimana butiran air yang dihasilkannya tidak selalu membuat baju anda basah. Penguapan ini tidak terasa karena butiran air yang dikeluarkan sangat kecil.

Ada banyak manfaat yang diberikan oleh keringat yang terasa asin itu. Berikut ini beberapa diantaranya.
  1. Mengatur suhu tubuh. Ini adalah mafaat utama dari berkeringat sehingga tubuh mampu mempertahankan suhu di permukaannya.
  2. Menghambat/ membunuh kuman di permukaan kulit. Ion Na+ yang terdapat dalam keringat anda dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan bakteri dan jamur.
  3. Mencegah dan menghilangkan bau badan. Petumbuhan kuman yang telah dihambat secara otomatis akan mencegah proses fermentasi yang beresiko menimbulkan bau badan.
  4. Menjauhkan anda dari serangga pengganggu. Hampir semua jenis serangga tidak senang dengan rasa asin yang terkandung dalam garam. Bahkan penggunaan bahan ini untuk mengusir serangga pengganggu dari tanah pertanian sangat efektif. Keringat yang terasa asin otomatis menjauhkan anda dari aktivitas serangga.
  5. Menjauhkan anda dari binatang buas. Hewan tidak suka dengan garam yang diekskresikan secara berlebihan oleh kulit. Ini akan membuat mereka menjauhi anda. Bau badan yang mengandung feromon merupakan salah satu cara yang membuat hewan tidak senang didekat dengan manusia. Bahkan jikalau ada binatang yang sampai menerkam anda niscaya ia akan melepaskannya kembali karena rasa asin yang keluar dari dalam kulit.
  6. Mengatasi keringat berelebihan. Anda tidak mudah berkeringat sebab tubuh mampu menahan air lebih lama. Saat makan di warung, saat bercengkrama dengan teman, saat duduk dibawah terik matahari bahkan saat berjalan menyusuri jalan perkotaanpun keringat tidak mudah bercucuran. Anda harus benar-benar lelah agar butiran air tersebut keluar.
  7. Menjauhkan anda dari biang keringat. Ini adalah salah satu masalah alergi pada kulit yang disebabkan oleh zat-zat tertentu. Garam adalah salah satu senyawa pencuci yang dapat membuang zat-zat tertentu ke luar melalui cairan tubuh/ darah. Zat alergen ini kemudian akan didetoksifikasi di hati lalu dibuang melalui ginjal dalam bentuk urin.
Oleh karena itu, jaga asupan garam dalam tubuh anda teman. Sebab kandungannya sangat bermanfaat bagi kehidupan. Di dalam tubuh ada yang namanya cairan elektrolit dimana komposisi ion terbanyak adalah Cl- (klor) dan Na+ (natrium). Salah satu peran penting dari cairan eletrolit adalah agen untuk menetralisir racun dan menghambat mikroorganisme predator yang jahat.
 Selengkapnya, Mineral ajaib - GARAM
Kebutuhan sodium klorida pada orang dewasa berada pada kisaran 9 gram perhari. Jumlah ini sama dengan 1/2 sampai 1 1/2 sendok teh garam perhari. Asupan garam yang kurang menyebabkan gangguan kesehatan fisik dan mental. Sekian saja dulu untuk hari ini.
Salam sehat selalu!

0 Response to "7 Manfaat Keringat Yang Terasa Asin"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama