+10 Cara Duduk Sehat - Aturan & Variasi Duduk Agar Tidak Bosan (Jenuh)



Semua makhluk yang bertulang belakan bisa melakukan aktivitas ini. Mungkin perbedaanya terletak pada caranya dimana hewan pada umumnya tidak melakukan posisi punggung yang vertikal dengan lantai melainkan sejajar dengan tanah tempatnya berdiri. Satu-satunya jenis hewan yang tidak dapat melakukannya adalah binatang yang tidak memiliki tulang belakang. Duduk dan  berdiri adalah aktivitas yang tidak pernah terlewatkan dalam kehiduppan kita. Tidak ada satupun hari yang berlalu tanpa menduduki dan mendirikan badan. Terkecuali bagi mereka yang masih bayi dan orang yang sedang terbaring sakit karena sesuatu dan lain hal.

Pengertian duduk

Duduk adalah (1) meletakkan tubuh atau terletak tubuhnya dengan bertumpu pada pantat (ada bermacam-macam cara dan namanya seperti bersila dan bersimpuh); (2) ada di (dalam peringkat belajar); (3) kawin atau bertunangan; (4) tinggal; diam (KBBI Luring). Jadi bisa dikatakan bahwa aktivitas ini adalah menekuk tubuh dengan bertumpu pada bokong dan paha. Dalam posisi ini banyak orang yang menyamakannya dengan aktivitas istirahat. Tetapi bila kita ulas lebih teliti lagi maka kita akan menemukan banyak pekerjaan yang dilakukan sambil menyandarkan pantat di kursi bahkan saat menunggupun terkadang dilakukan dengan cara ini.

Apa yang dimaksud dengan sehat?

Ada yang bila bahwa sehat erat kaitannya dengan makan dan minum yang banyak! Tentu saja erat kaitannya tetapi porsinya juga harus tau batas. Kesehatan itu erat kaitannya dengan beraktivitas! Tentu saja, tapi sejauh manakah itu? Hidup yang menyehatkan juga dikait-kaitkan dengan duduk dan beristirahat! Ya, itu betul tetapi selama apakah kita butuh waktu untuk istirahat? Segala sesuatu yang ada di dunia ini memang kita ingini, masalahnya adalah apakah semuanya itu bisa kita konsumsi sepuas-puasnya? Tentu saja tidak sebab yang namanya kepuasan dan keinginan manusia tidak ada batasnya. Itu seperti air latu yang tidak akan pernah habis sekalipun anda mengambil banyak dari sana.

Hawa nafsu akan kepuasan seperti air laut yang selalu ada dan bergelombang. Ia tidak akan pernah hilang bahkan berkurangpun tidak sekalipun anda mengambil sejumlah besar dari dalamnya.

Jika dipertimbangkan baik-baik maka kita akan menemukan bahwa segala sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak buruk dan bisa juga berdampak baik. Semuanya itu tergantung dari kapan, bagaimana dan sebanyak apa hal tersebut digunakan. Demikian juga dalam hal duduk beralaskan kedua bokong dan paha. Selama anda mampu menjaganya tetap seimbang dengan aktivitas lainnya (beraktivitas sambil bergerak) maka selama itu pula hal tersebut bermanfaat. Tetapi saat waktu yang dihabiskan untuk itu terlalu berlebihan niscaya akibatnya akan kentara dalam kehidupan ini bahkan bisa sampai membuat anda terbaring lemas di rumah sakit. Kalau tidak percaya, silahkan melirik-lirik beberapa tulisan kami tentang dampak buruk duduk bangku terlalu lama .

Terknik yang baik ini sangat dibutuhkan oleh seorang penulis atau blogger

Profesi menjadi seorang penulis memang sepertinya asyik ya… seharian duduk saja terus setelah itu terima hasil yang bagus. Sebenarnya, ditengah semua keunggulan tersebut ada resiko besar yang harus kita tanggung, yaitu kaki yang lemah bahkan kelumpuhan. Oleh karena itu, saran pertama dari kami adalah jangan terus-menerus kecanduan menulis. Selain itu jika memang tidak ada waktu untuk berolahraga maka berjalanlah dengan posisi kaki sambil ditekuk agar kita terhindar dari melemahnya otot-otot pada paha dan betis. Kami akan menerangkan semuanya ini pada bagian selanjutnya sehingga para penulis khususnya blogger terhindar dari efek samping terburuk tersebut.

Aturan saat duduk

Ahh…. Yang benar saja, masa dudukpun diatur-atur? Cius nich….” Ini sebenarnya hanya pemahaman kami saja agar saat melakukan aktivitas ini kita tidak terlalu fokus pada apa yang sedang dikerjakan tetapi ingat juga untuk mengelola kebiasaan tersebut. Ada beberapa hal yang perlu kami rekomendasikan kepada anda agar mampu melakukan hal ini dengan Tahan lama. Berikut beberapa anjuran dari kami.

  1. Minum air secukupnya – khususnya air garam manis.

    Air penting untuk membuat anda tetap sehat terlebih ketika hal ini berhubungan erat dengan sirkulasi cairan di dalam tubuh. Cairan sangat dibutuhkan untuk membuat tubuh tetap bersih dari segala racun. Memang bukan air yang mengikat toksin tersebut tetapi airlah yang mengangkutnya untuk didetoksifikasi ke hati lalu disekresikan ke ginjal. Oleh karena itu, penting sekali meminumnya sebanyak kira-kira 8 – 10 gelas per hari. Penambahan garam pada air bermanfaat untuk meningkatkan daya ikatnya terhadap berbagai jenis racun. Itulah mengapa air garam manis disebut sebagai agen detoksifikasi alamiah.
  2. Sejajarkan kepala dengan LCD (monitor).

    Bagi anda yang bekerja di depan LCD, berusahalah untuk membuat layar laptop atau komputer (PC) selalu sejajar dengan kepala (mata) anda. Ini sangatlah penting untuk membuat kepala tidak menunduk ke bawah saat memandang ke layar. Sebab semakin bengkok ke bawah arah leher anda maka semakin cepat pula kelelahan. Kondisi semacam ini tentu tidak baik untuk pekerjaan anda yang seharian berada tepat di depan layar monitor. Sedang semakin sejajar arah mata dengan LCD dan semakin tegak tulang leher maka bagian ini tidak akan mengalami kelelahan sekalipun digunakan berjam-jam.
  3. Lakukan gerakan variasi antara bersandar dan tegak.

    Ini juga perlu anda lakukan untuk membuat punggung tetap rileks dan santai. Selain itu, aktivitas ini membuat otot-otot di daerah tersebut tetap aktif bergerak sehingga aliran pembuluh darah menjadi lancar. Jika aliran darah dan sel-sel limfoid lancar maka proses pengangkutan sisa-sisa hasil metabolisme yang dihasilkan oleh otot akan diangkut lalu dinetralisir di hati kemudian akan disekresi ke urin lewat ginjal.
  4. Lakukan senam duduk-kursi.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa kekakuan pada gerakan tubuh membuat aliran darah ke otot-otot di bagian punggung tidak lancar. Akibatnya, otot akan terasa sakit (nyeri dan keram). Oleh karena itu, anda jangan fokus terus melihat ke depan melainkan sekali dalam dua atau tiga jam lakukan olahraga duduk-kursi sebagai berikut.
    - Lihat dan gerakkan badan ke samping kanan.
    - Gerakkan badan dan lihat ke samping kiri.
    - Lihat dan gerakkan badan ke atas (busungkan dada).
    - Gerakkan badan dan lihat ke bawah (membungkuk).
  5. Lakukan gerakan variasi antara simpul, menyilang tengah, kanan, kiri dan jongkok.

    Jika sebelumnya kita telah belajar tentang variasi saat menyandarkan bokong di kursi, sekarang kita akan belajar tentang menyandarkan bokong di lantai. Untuk melakukan hal ini, yang dibutuhkan adalah terbiasa. Jika anda masih belum terbiasa maka akan cepat sekali lelah tetapi bagi mereka yang sudah  terbiasa maka lebih tahan lama duduknya.

    Saat bekerja dengan membaringkan bokong di atas lantai, perlu juga anda pertimbangkan untuk menggunakan meja kecil sebagai alas untuk menyamakan posisi tubuh (kepala) dan objek (LCD) yang dikerjakan. Memang ada juga beberapa orang yang tidak menggunakan alas melainkan meletakkan semuanya di atas lantai atau menyandarkannya pada kaki atau paha saja.

    Pengalaman kami sendiri adalah lebih baik berlama-lama meletakkan bokong di lantai daripada di kursi. Sebab saat kita di kursi, variasinya hanya ada dua saja sedangkan saat melakukannya di lantai, variasinya ada bermacam-macam. Untuk lebih lengkapnya tentang posisi tersebut, silahkan lihat pada bagian berikutnya.
  6. Lakukan senam duduk-lantai.

    Gerakan pada senam ini juga sama saja dengan saat melakukannya di atas kursi. Tujuannya juga sama, yaitu membuat aliran darah di daerah punggung anda lebih lancar sehingga segala hasil metabolisme otot dapat segera diangkut oleh pembuluh darah menuju ke hati untuk disekresikan ke urin melalui ginjal. Berikut selengkapnya gerakan olahraga mini yang kami maksudkan.
    - Lihat dan gerakkan badan ke samping kanan.
    - Gerakkan badan dan lihat ke samping kiri.
    - Lihat dan gerakkan badan ke atas (busungkan dada).
    - Gerakkan badan dan lihat ke bawah (membungkuk).
  7. Ambil jeda untuk berjalan setelah dua atau tiga jam berlalu.

    Duduk terus satu harian di depan komputer jelas tidaklah baik. Anda bisa juga menetapkan sebuah jam alarm yang disetel berbunyi setiap sekali dalam dua jam. Setelah itu, lakukanlah olahraga mini di atas sembari berjalan ke luar menuju toilet atau sekedar meminum air. Inilah juga salah satu manfaatnya ketika anda mau mengkonsumsi air putih sebanyak dua liter per hari. Akibatnya, anda akan selalu melapor ke toilet sehingga sekalian untuk meluruskan kaki yang sempat terlipat.
  8. Makanlah secukupnya saja untuk menjaga penampilan.

    Jika pekerjaan anda di rumah hanya duduk saja seharian seperti kami yang profesinya seorang blogger maka kira-kiralah jumlah makanan yang anda  konsumsi. Tidak juga perlu sampai makan hingga tiga kali sehari plus cemilan ini-itu. Sadarilah semua aktivitas yang berlebihan ini hanya akan membuat anda menjadi seorang yang obesitas. Keadaan ini tentu tidak baik bagi kesehatan anda sebab semakin besar ukuran badan maka semakin tinggi pula resiko mengalami penyakit metabolisme.
  9. Jika kaki mengalami keram saat sedang duduk jangan segera berdiri melainkan....

    Jika misalnya saja, anda lupa gonta-ganti posisi karena keasyikan bekerja/ online/ games sehingga membuat kaki keram. Hindari aktivitas yang segera berdiri melainkan luruskan kaki terlebih dahulu sampai rasa keram itu hilang barulah anda bisa berdiri dan melakukan aktivitas lainnya.

    Keadaan ini jarang terjadi saat kita menyandarkan badan di kursi melainkan saat melakukannya di lantai. Biasanya yang paling sering adalah saat duduk simpul. Posisi semacam ini jelas akan menahan dan menekan pembuluh darah di kaki terlebih ketika berat badan cukup besar. Oleh karena itu, ketika berlama-lama dalam posisi ini berusahalah untuk senantiasa ganti posisi agar rasa keram itu segera berlalu dan tidak berdampak buruk.
  10. Selalu upayakan agar punggung tetap tegak.

    Saat punggung tegak maka posisi tulang sempuna dalam menahan berat badan. Keadaan ini menyebabkan otot tidak perlu meningkatkan metabolisme untuk mengeluarkan banyak energi. Manfaatnya, tidak hanya menyehatkan tetapi juga membuat daya tahan punggung untuk tetap tegak menjadi lebih lama. Memang, kita butuh sekali-sekali membengkokkannya (senam mini sambil duduk) tetapi itu semata-mata demi memperlancar aliran darah (sekali dalam dua atau tiga jam) dan tiukan untuk dilakukan secara terus menerus.
  11. Seimbangkan dengan main gadget/ laptop/ komputer-PC sambil berdiri.

    Ketahuilah bahwa di dalam hidup ini yang sangat dibutuhkan adalah keseimbangan. Saat anda tidak mampu menjaga balance antara kebiasaan duduk di kursi, lantai, jongkok dan berdiri maka tepat saat itu juga kaki bisa jadi lemah. Jadi, saat anda sibuk ngeblog/ ngetik/ ngadmin di depan laptop/ komputer maka sebaiknya padukan ketiga hal ini. Lakukanlah secara bergantian agar kaki tetap kuat. Kadang-kadang menggunakan gadget sambil berdiri, sambil duduk di kursi, kadang sambil duduk dilantai dan kadang juga dengan berjongkok.
  12. Berolahraga secara teratur.

    Karena aktivitas lebih banyak dihabiskan di belakang meja maka lebih baik bagi anda untuk menyediakan waktu khusus untuk melakukan olahraga untuk mengeluarkan keringat seperti senam aerobik, berlari dan jalan kaki dalam jarak tertentu. Atau setidak-tidaknya melakukan senam meregangkan punggung setiap paginya, Berikut olah raga sederhana yang kami maksudkan.
    - Condongkan badan ke depan sebanyak 4 kali (membungkuk).
    - Dorong punggung ke belakang sebanyak 4 kali (busungkan dada).
    - Condongkan badan ke samping kiri sebanyak 4 kali.
    - Dorong punggung ke samping kanan sebanyak 4 kali.
  13. Berjalan dengan kaki ditekuk (seperti kera).

    Ketika anda tetap saja tidak memiliki waktu untuk melakukan semua olahraga yang membutuhkan waktu khusus tersebut terlebih ketika jadwal menulis padat akibat ide-ide yang tumpah seperti air. Sadarilah bahwa terus-menerus menyandarkan bokong di atas kursi atau lantai jelas beresiko besar membuat kaki lemah sehingga terjadi gangguan keseimbangan bahkan kelumpuhan. Untuk menghindarkan kita dari melemahnya kaki maka adalah lebih baik untuk berjalan seperti kera. Berjalan dengan menekuk kaki ke bawah adalah solusi terbaik bagi anda yang tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga di tempat lain. Aktivitas ini akan membuat paha dan betis tetap kuat dan terbebas dari kelemahan yang bertahap.

    Sebaiknya, jangan melakukan ini di luar rumah, cukup di dalam rumah saja sebab jika dilihat orang mungkin juga ada yang merasa aneh. Segala sesuatu harus kita lakukan pada moment yang tepat agar kesannya baik.

Beberapa macam gaya  mendudukkan bokong di bangku

Ada banyak bentuk gaya untuk mendudukkan bokong di tempat yang terhormat, yaitu di atas kursi tetapi lebih banyak lagi macamnya gaya saat mendudukkannya di atas lantai. Sekarang masalahnya adalah apakah yang terbaik untuk anda? Tentu saja jawaban ini lebih anda ketahui sebab sekalipun kami berkata ini-itu tetap saja yang harus diikuti adalah aturan di kantor (tempat kerja). Tetapi bagi mereka yang bekerja dari rumah seperti kami maka disarankan untuk lebih banyak melakukan gerakan di atas lantai daripada di atas kursi.

Menyandarkan pantat di kursi.

  1. Duduk di bangku dengan menegakkan punggung.

    Gaya duduk ini sepertinya sudah terbiasa dilakukan oleh banyak orang. Kita tidak bersandar untuk meningkatkan tingkat kesadaran sebab dalam beberapa kasus kerap kali seseorang mengantuk saat duduk. Keadaan ini jelas akan berpengaruh pada kemampuan anda menyerap informasi yang disampaikan. Ini bisa terjadi saat sedang berada di sekolah, kampus atau saat sedang mendengarkan khotbah.
  2. Duduk di bangku dengan menyandarkan punggung.

    Posisi model ini juga sering kita lakukan terlebih ketika posisi tegak telah mengalami kelelahan. Sehingga ada niat untu berhenti tegak sejenak lalu menyandarkan punggung ke belakang sandaran kursi sembari mendekatkan kursi ke depan meja. Upayakanlah untuk senantiasa membuat bokong anda sampai ke simpul kursi sebab jika masih jauh di depan beresiko menyebabkan sakit punggung bawah.

    Menyandarkan pantat di lantai.

  3. Duduk di lantai dengan menyilangkan kaki di tengah.

    Bersila adalah cara paling umum saat mendaratkan bokong dan paha anda ke lantai. Ini bisa kita lakukan sambil santai dan bisa juga dilakukan sambil mengerjakan sesuatu. Saat kita mampu menempatkan gaya bersila yang tepat maka pantat akan lebih lama disana. Sesekali anda bisa menukar posisi kaki yang disilakan untuk menghilangkan kejenuhan. Misalnya dengan menaruh kaki kanan yang disilakan di atas kaki kiri atau kaki kiri yang disilakan di atas kaki kanan. Variasi semacam ini membuat posisi tersebut lebih tahan lama.
  4. Duduk di lantai dengan menyilangkan kaki ke samping kiri.

    Bersila ke samping kiri adalah salah satu variasi bersila untuk menambah kemampuan daya tahan saat berada di atas lantai. Ini untuk menghindari kaki menjadi keram karena aliran darah yang tidak lancar. Lagipula saat anda bergerak-gerak mengganti posisi maka ada kalori yang terbakar sehingga asupan makanan yang dikonsumsi tidak diubah menjadi lemak.
  5. Duduk di lantai dengan menyilangkan kaki ke samping kanan.


    Keputusan untuk mengubah posisi bersila terus ke arah kanan dipengaruhi oleh rasa keram di daerah kaki. Jika rasa keram itu tidak muncul maka anda bebas menetap pada satu posisi. Berhubung kita melakukannya sampil bekerja maka wktu yang dihabiskan pun akan semakin panjang. Oleh karena itu, patut mencoba gaya bersila yang satu ini untuk turut membuat anda tetap aktif sekalipun sedang ngadem di atas lantai yang bersih.
  6. Duduk di lantai dengan menekuk kaki (simpul).


    Gaya menyandarkan bokong seperti ini sangat terkenal dari negara Jepang. Ini membutuhkan latihan saat melakukannya. Semakin sering dilakukanm Maka akan semakin lama daya tahannya. Tetapi pada dasarnya hal tersebut tergantung dari berat badan anda. Orang yang tubuhnya lebih kecil dan ringan pastilah dapat melakukannya lebih lama sedangkan mereka yang bobot badannya besar pasti akan cepat mengalami keram di daerah kaki.
  7. Duduk simpul terbuka di lantai.


    Ini adalah salah satu dari variasi simpul yang bisa anda lakukan untuk mengurangi ketegangan pada bagian kaki setelah lewat beberapa waktu lamanya. Saat kaki mulai terasa keram, sebaiknya ganti posisi dimana salah satu pilihan tercepat adalah dengan tetap menyimpul tetapi membuka bagian bawah kaki ke samping kanan dan kiri. Duduk semacam ini juga terlihat lebih seksi.
  8. Duduk di lantai sambil menekuk satu atau dua kaki.


    Gaya menyandarkan pantat seperti ini juga kerap dilakukan oleh beberapa orang sekedar memperlancar peredaran darah disekitar kaki yang keram. Yang lainnya melakukan hal tersebut karena memang butuh menyandarkan beberapa benda di atas paha. Biasanya hal ini dapat dilakukan sambil bersandar pada dinding walau bisa juga dilakukan sambil menegakkan punggung.
  9. Jongkok di lantai sambil menegakkan punggung.


    Ini adalah variasi posisi paling kami sukai sebab bermanfaat seperti penetrasi dimana setiap kali kaki nyeri atau keram karena kelamaan mondok langsung reda ketika kita berjengkok. Anda bisa melakukannya sesuai dengan ketegangan yang timbul pada area bawah badan. Selain itu, jongkok juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan manusia, diantara mencegah naik betis, kencing bersin dan nyeri tulang ekor.
  10. Duduk di lantai sambil menyandarkan punggung.


    Posisi ini adalah variasi dari semua jenisnya (menyandarkan bokong di lantai) hanya saja dilakukan sambil menyandarkan punggung di dinding. Ini bisa anda lakukan saat punggung sudah agak lalah untuk terus menerus tegak sehingga perlu waktu sesekali untuk mengisterahatkannya sejenak. Bisa dilakukan dengan posisi yang bersila, bersila kanan, bersila kiri, menekuk kaki, jongkok, simpul dan simpul terbuka.
  11. Duduk di lantai dengan menyandarkan punggung di dinding sambil meluruskan kaki.

    Posisi ini secara total membuat badan dan kaki benar-benar berada dalam keadaan rileks. Anda bisa memilih untuk melakukannya saat kelelahan sudah memuncak. Ini usaha terakhir untuk mempertahankan posisi agar tetap fokus beraktivitas (bekerja dan belajar) sekalipun rasa lelah sudah memenuhi kepala. Setelah itu, mungkin anda bisa istirahat sejenak untuk menepis segala kelelahan tersebut sambil mengisi tenaga (recharging).
Duduk adalah aktivitas yang paling umum dalam kehidupan manusia sehingga baik bagi anda untuk mengetahui apa saja point-point penting tentang hal tersebut dan variasi gerakannya. Ini dibutuhkan agar kita tidak pernah bosan (jenuh) dan lebih tahan lama. Selalu usahakan agar punggung tetap tegak agar badan tidak cepat lelah. Dibalik semuanya itu, kami berharap para pembaca bisa menjaga keseimbangan energi di dalam tubuhnya sehingga kesehatan fisik, mental dan sosial tidak terganggu. Tidak ada hal yang lebih membahagiakan di dunia ini selain kemampuan untuk mensyukuri dan menikmati segala aktivitas yang kita jalani hari lepas hari.

Salam, keseimbangan hidup!

0 Response to "+10 Cara Duduk Sehat - Aturan & Variasi Duduk Agar Tidak Bosan (Jenuh)"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama