Cara alami mengobati sakit punggung - Cara cepat mengatasi nyeri tulang ekor bagian belakang - Pentingnya tulang punggung yang kuat

Sumber gambar : wordpress.com


Sakit punggung bagian atas, tengah, kanan, kiri dan bawah (yang bagian bawah ini disebut juga nyeri tulang ekor) pada dasarnya penyakit yang sama. Sebab seluruh sakit yang dirasakan asalnya dari tulang tersebut yang tidak kuat menahan bobot tubuh secara keseluruhan. Penyakit ini dapat dialami oleh siapa saja terutama oleh orang dewasa yang sudah kepala empat ke atas (mereka yang berumur 40 tahun keatas). Ini disebabkan oleh :

A. Penyebab sakit punggung

  1. Asupan nutrisi/ pola makan yang tidak sehat
  2. Juga karena faktor usia.
  3. Salah posisi saat duduk, berdiri, membungkuk.
  4. Kelelahan akibat mengangkat benda yang berat.
  5. Terlalu lama duduk.
  6. Beban kerja yang terlalu tinggi (lembur).
  7. Cidera/ trauma jatuh dimana yang terbanting adalah bagian belakang tulang punggung hingga ke bawah. 
  8. Trauma karena terjatuh pada posisi duduk hingga menyebabkan tulang ekor cidera.
Akibat nyeri punggung yang terus terjadi alias sengaja dibiarkan begitu saja tanpa ada penanganan khusus dapat mengakibatkan rasa sakit yang hebat dan tidak tertahankan. Nyeri tulang belakan yang sudah terjadi lebih dari 6 minggu tergolong penyakit kronis dimana penanganannya dapat meliputi kombinasi obat pereda sakit dan salah satu dari terapi manual, akupunktur, dan mengikuti kelas-kelas latihan fisik.

B. Pengalaman menangani penyakit nyeri tulang ekor orang tua perempuan

Itu saja ilmiahnya nyeeri punggung dan tulang ekor yang kita peroleh dari situs alodokter.com . Sekilas penyakit ini dialami oleh bunda dirumah dan nyeri didaerah ini adalah salah satu keluhannya di masa itu. Banyak dokter yang sudah kita temui dimana-mana dan ada yang menganjurkan untuk operasi ini dan itu. 

Kami sendiri tidak sanggup untuk melakukannya sebab kebetulan rumah sakit didaerah kami masih belum menyediakan fasilitas operasi tulang belakang (biasalah teman, masih rumah sakit tipe C) otomatis harus keluar daerah lagi. Ditengah kegalauan ini, mema selalu meminum salah satu produk susu buat tulang keropos. Selama ia mengkonsumsi susu ini secara rutin maka selama itu pula nyeri di bagian belakang dan tulang ekornya tidak kambuh lagi. Akan tetapi begitu berhenti atau telat meminumnya (karena kelupaan membelinya), penyakitnya-pun akan kambuh kembali. 

Belakangan ini secara tidak sengaja kita menemukan rangkaian gambar posisi jongkok di pinterest.com yang membawa dan mendorong kita mengaplikasikannya untuk terapi ibu dirumah dan ternyata manfaatnya dahsyat luar biasa. Jongkok adalah obatnya nyeri punggung dan tulang ekor.

C. Cara alami mengobati sakit di daerah punggung atas, bawah, samping kiri, samping kanan, tengah dan tulang ekor

Berikut ini akan kita pelajari bersama cara alami dan praktis untuk mengatasi dan menyembuhkan penyakit ini.

1. Cara jitu mengobati nyeri punggung dan tulang ekor dengan melakukan senam jongkok


Harus dipahami bahwa daerah bokong merupkan sendi yang paling aktif bergerak setelah persendian pada bahu. Jika tubuh kita diumpamakan sebagai daun pintu maka persendian di daerah bokong adalah engselnya. Oleh karena itu persendian di daerah ini harus bisa bergerak kuat dimana didukung pula oleh otot-otot yang kuat. Pergerakan yang kita lakukan sehari-hari cenderung monoton (berdiri, berlari dan berjalan) jarang sekali berjongkok. Sedangkan tubuh ini membutuhkan gerakan yang seimbang disemua sisinya. Dengan jongkok di atas kedua pergelangan kaki kita menyeimbangkan gerakan dan membuat otot-otot di daerah tersebut mengalami relaksasi.

Sadar atau tidak posisi jongkok memperkuat tulang kemaluan dan otot di sekitar bokong sehingga tidak mudah mengalami sakit dan menunjukkan gejala yang tidak serius saat mengalami trauma. Berjongkoklah sebab itu akan melatih otot ini untuk menopang badan kita yang besar. Berikut cara melakukannya :
  • Luruskan kedua tangan kedepan,
  • Buka kaki selebar bahu,
  • Jongkoklah perlahan. Berjongkoklah sampai bokong menyentuh pergelangan kaki. Ingat, jaga punggung agar tetap lurus dan tumit tertahan kuat di lantai. 
  • Jika ini dilakukan pertama kali mungkin anda perlu berpegangan pada sesuatu atau boleh juga melakukan latihan ini sambil bersandar (menyandarkan punggung) pada tembok.
  • Kemudian buka dengan memutar pergelangan kaki masing-masing saling berlawanan kearah kiri dan kanan, terus putar lagi sebaliknya untuk menutupnya. Ulangi gerakan ini sebayak 3 – 5 kali.
  • Kemudian berdirilah secara perlahan.

2. Kapan waktu dan sampai berapa lama kita melakukan senam jongkok?

Pentingnya tulang punggung yang kuat. Ini gerakan yang sehat untuk merilekskan daerah tulang belakang hingga ke bagian bokong dari segala sakit dan nyeri karena aktivitas kita sehari-hari. Kapankah latihan ini bagus untuk dilakukan :
  • Saat duduk terlalu lama (4 jam duduk terus sekali senam jongkok)
  • Setelah latihan lari (lari pagi).
  • Setelah jalan kaki cukup lama 
  • Saat nyeri punggung kumat
  • Saat nyeri di kaki dan sekitar paha
  • Setiap hari. 
    Baca juga, cara menghilangkan keram di kaki
Pada akhirnya kita harus melakukan latihan yang cukup sederhana ini setiap hari. Alangkah lebih baik jika melakukannya 3-4 kali dalam sehari. Tidak harus dilakukan sekaligus anda dapat melakukannya dengan jangka waktu tertentu di sela-sela jam kerja yang cukup padat.

3. Lakukanlah senam punggung tiap pagi untuk langkah pencegahan sembari melenturkan tulang belakang dan otot disekitarnya

Senam ini sangat bagus untuk memperkuat tulang belakang anda. Berikut ini beberapa langkah sederhana yang perlu anda lakukan untuk memperkuatnya.
  1. Menyambut pagi anda yang baru sempatkan untuk melakukan senam. Sempatkan waktu anda sedikit (10-15 menit) setelah bangun pagi atau sehabis mandi untuk melakukan 4 gerakan sederhana untuk memperkuat bagian ini.
  2. Bawa dan gerakkan tulang belakang ke depan.
  3. Bawa dan gerakkan punggung ke belakang.
  4. Bawa dan gerakkan tulang belakang memutar dari kiri kekanan atau dari kanan kekiri.
  5. Ulangi gerakan diatas sebanyak 3 - 4 kali.

D. Cara mencegah gejala nyeri tulang punggung/ tulang ekor bagian bawah

  1. Lakukan senam untuk memperkuat tulang punggung setiap pagi hari.
  2. Lakukan senam jongkok setidaknya 3 - 4 kali dalam sehari.
  3. Hindari menggunakan kursi yang ketinggiannya dibawah 15 cm.
  4. Perbaiki posisi tidur. Luruskan tulang belakang saat tidur
  5. Perbaiki posisi duduk.Tegakkan tulang belakang saat duduk.
  6. Perbaiki posisi berjalan. Hindari membungkuk saat berjalan.
  7. Perhatikan beban kerja anda. Hindari bekerja terlalu keras. Ingatlah untuk beristerahat sejenak.
  8. Jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tulang.
  9. Konsumsilah makanan dengan jumlah dan asupan nutrisi yang sehat dan seimbang seperti yang direkomendasikan dokter anda.
  10. Sesekali kalau ada waktu, berjemurlah di bawah sinar matahari pagi.
Demikian saja teman. Semoga cepat sembuh dan salam sehat alami.
Referensi : Manfaat jongkok untuk kesehatan 

0 Response to "Cara alami mengobati sakit punggung - Cara cepat mengatasi nyeri tulang ekor bagian belakang - Pentingnya tulang punggung yang kuat"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama