+10 Bahaya Duduk Terlalu Lama - Akibat Duduk Berlebihan, Hidup Butuh Keseimbangan





Apa yang kita anggap sebagai keuntungan tidak selalu menguntungkan ketika hal tersebut dilakukan dengan cara yang berlebihan. Aktivitas positif yang maraton memang bagus tetapi ketahui jugalah kapan waktunya untuk istirahat sejenak. Sebab segala sesuatu yang lebay tidaklah baik bagi kehidupan kita bahkan dampaknya bisa merambat kepada kehidupan sesama manusia. Oleh sebab itu, berupayalah untuk melakukan sesuatu dalam kadar yang normal saja. Untuk meminimalisir dampak buruknya, silahkan lakukan berbagai variasi. Beberapa orang juga melakukannya sambil diselingi oleh aktivitas lainnya.

Pengertian duduk

Duduk adalah (1) meletakkan tubuh atau terletak tubuhnya dengan bertumpu pada pantat (ada bermacam-macam cara dan namanya seperti bersila dan bersimpuh); (2) ada di (dalam peringkat belajar); (3) kawin atau bertunangan; (4) tinggal; diam (KBBI Luring). Jadi bisa dikatakan bahwa aktivitas ini adalah menekuk tubuh dengan bertumpu pada bokong dan paha. Dalam posisi ini banyak orang yang menyamakannya dengan aktivitas istirahat. Tetapi bila kita ulas lebih teliti lagi maka kita akan menemukan banyak pekerjaan yang dilakukan sambil menyandarkan pantat di kursi bahkan saat menunggupun terkadang dilakukan dengan cara ini.
Diantara semua aktivitas mendudukkan diri, berikut ini beberapa diantaranya yang sering kita lakukan. Sewaktu beribadah, makan, minum, bersantai, menonton dan lainnya. Saat belajar mulai dari sekolah dasar hingga kuliah. Bagi mereka yang bekerja diperkantoran. Pekerjaan dibelakang meja seperti ini membuat sebagian besar kehidupan kita dihabiskan di atas kursi, entah itu empuk atau tidak yang penting pendapatannya cukup. Demikian juga saat berkendara, hampir semua kendaraan jaman sekarang telah menempatkan sofa yang empuk untuk membuat diri anda nyaman. Tidak ada satu haripun di dunia ini yang dilalui tanpa duduk dan tidak ada juga hari yang dilalui dengan hanya menyandarkan diri di bangku terkecuali bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Menikmati hidup jangan berlebihan

Duduk manis seharian sambil ngemil plus menonton televisi atau film jelas tidak kami anjurkan bagi para pembaca sekalian. Memang hal seperti ini kelihatan dan kedengarannya luar biasa tetapi sadarilah bahwa manusia tidak hanya diciptakan untuk menikmati hidup. Kita diciptakan sebagai makhluk yang aktif dan terus bergerak bukan seperti pohon yang terus diam seumur hidupnya. Oleh karena itu, nikmati hidup sewajarnya saja sedangkan lebih dari itu, silahkan selalu aktif belajar atau menyelesaikan pekerjaan setidaknya pekerjaan untuk mengurus keluarga sendiri. Bahkan saat menikmati hidup sekalipun selalu upayakan atau curi kesempatan (sambil-sambil) bernyanyi-nyanyi memuliakan Tuhan.

Hidup butuh keseimbangan

Sadarilah bahwa hidup ini butuh keseimbangan, tanpanya maka akan terjadi ketimpangan yang beresiko membuat kita sakit. Misalnya, saat anda hanya berdiri dan duduk saja seharian maka beresiko mengalami penyakit di bagian panggul (misalnya kencing bersin) dan naik betis . Oleh karena itu, kita juga harus melakukan gerakan jongkok sehingga gangguan-gangguan semacam itu terhindari dari waktu demi waktu yang kita lalui. Contoh lainnya adalah saat kita satu harian tiduran terus, pasti rasanya akan penat kepala dan badanpun mulai bersakitan karena seharian belum digerakkan. Jadi itulah pekerjaan kita, yakni menciptakan kesimbangan di dalam diri sendiri sehingga tubuh sehat, luar dan dalam.

Demikian juga saat menikmati hidup, masakan duduk terus-menerus seharian? Terlebih ketika di rumah sudah ada barang-barang elektronik yang memudahkan pekerjaan anda dan sudah ada pula orang yang rutin mengerjakan hal-hal kecil (pembantu rumah tangga). Sekalipun anda tidak memiliki pekerjaan tetap saja bergeraklah selalu, setidak-tidaknya gerakkan badan untuk membersihkan dan merapikan ini-itu. Jangan semua hal dipercayakan kepada simbok tetapi kerjakanlah apa yang bisa dilakukan. Ingatlah bahwa semakin padat aktivitas maka semakin meningkat kecerdasan dimana semuanya itu berkontribusi pada kemampuan untuk menjadi orang yang bahagia dan tenteram hari lepas hari.

Dampak negatif akibat duduk terlalu lama

Manusia diciptakan Tuhan sebagai seorang ahli manajemen, yaitu makhluk yang dapat mengelola semuanya sehingga setiap fungsi berjalan dengan semestinya mendukung fungsi lain dalam sistem yang seimbang. Tanpa keseimbangan maka dunia ini akan berjalan dalam ketimpangan dimana bagian yang satu akan menginjak bagian yang lain yang beresiko mencelakakan dan merusak seluruh sistem. Duduk pada awalnya menyenangkan tetapi jika terlalu lama dilakukan maka tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental anda. Terkhusus dalam bagian ini kita akan mengupas tuntas tentang bahaya yang ditimbulkan oleh kebiasaan yang berlebihan dari sisi kesehatan fisik, berikut selengkapnya.

  1. Sakit punggung bawah.

    Saat kita terlalu banyak menyandarkan badan di kursi empuk dan sesekali berdiri, sadarilah bahwa hanya dua aktivitas ini saja belum cukup mewakili interprestasi otot dalam tubuh. Ada satu bagian otot dan sendi yang tidak bekerja maksimal, yaitu bagian panggul dan punggung bagian bawah. Oleh karena itu selingi aktivitas anda dengan berjongkok untuk menyeimbangkan semua gerakan.

    Penyakit pada punggung bagian atas ini juga disebabkan oleh karena kita sering menyandarkan punggung di kursi padahal  bokong masih jauh di depan simpul kursi. Keadaan ini membuat tulang belakang bagian bawah bengkok sedangkan yang bagian atas dan tengahnya lurus. Akibatnya punggung bagian bawah terasa sakit. Oleh karena itu, berusahalah untuk meluruskan seluruh bagian belakang badan seutuhnya saat sedang menyandarkan diri di kursi.
  2. Nyeri punggung tengah.

    Situasi ini terkadang disebabkan oleh karena terlalu lama bekerja sambil bungkuk, menonton televisi, bermain play stasion, online di media sosial, membaca, menulis dan mengetik di depan komputer. Memang benarlah bahwa punggung kita diciptakan elastis. Sesekali membungkukkan badan dengan cepat adalah tidak masalah tetapi jangan terlalu lama melakukan hal ini sebab bisa saja keadaan tersebut membuat otot-otot di bagian tersebut menjadi keram dan agak sakit. Mengapa kami tidak menganjurkannya lama? Adalah baik membungkukkan badan secara cepat untuk melatih kelenturan tetapi melakukannya dalam waktu lama dapat membuat bagian tersebut dipenuhi oleh zat asam sisa hasil metabolisme otot. Zat sisa metabolisme inilah yang membuat otot terasa sakit dan keram juga pegal.

    Dibalik semuanya itu, sadarilah bahwa ada juga di luar sana orang yang terbiasa bungkuk saat bekerja tetapi punggungnya tidak pernah sakit. Keadaan ini disebabkan oleh karena sudah terbiasa bekerja dengan posisi semacam itu. Artinya, produksi zat asam pada otot-otot di bagian belakang badan telah mampu diantisipasi oleh badannya yakni daerah tersebut langsung dinetralisir. Siapa lagi agen netralisir toksin jikalau bukan elektrolit alias air garam manis?
  3. Pegal pada punggung atas.

    Biasanya bungkukan pada bagian atas disebabkan oleh karena bantal yang terlalu tebal dan kebiasaan membaca/ menulis sambil membungkuk. Keadaan ini jelas akan membuat bagian tersebut lebih cepat lelah sehingga waktu belajar anda hanya berlangsung sebentar saja. Oleh karena itu, (a) berusahalah tegakkan punggung tanpa bersandar di kursi saat belajar. Atau bisa juga (b) bersandar di belakang kursi tetapi dekatkan kursi dengan meja anda sehingga bagian belakang badan tetap lurus.
  4. Pegal pada leher.

    Sebenarnya, pegal pada bagian leher disebabkan oleh karena kita terlalu serius dalam bekerja (menulis, membaca, mengetik, online). Keadaan ini, harus diantisipasi dengan cara tidak terus-menerus memandang ke satu arah melainkan perlu kadang-kadang melihat ke atas, samping kanan, kiri dan bawah. Kepala yang selalu bergerak membuat aliran darah pada otot-otot leher senantiasa lancar. Sehingga zat asam yang dihasilkan otot dapat diangkut untuk dinetralisir di hati lalu dibawa ke ginjal untuk dieksresikan melalui urin.
  5. Bokong mengalami nyeeri.

    Terlalu banyak duduk juga tidak baik bagi anda. Sekalipun saat ini bekerja di perkantoran tetap saja usahakan untuk selalu bergerak setidaknya setiap dua atau tiga jam sekali. Mungkin anda bisa melakukannya dengan mengambil air, ke toilet atau sekedar melihat-lihat ruangan kerja yang lain. Biasanya saat kita terlalu lama mendudukkan bokong di kursi maka pantat akan terasa sakit dan keram karena beberapa pembuluh darah terjepit sehingga pembuangan sisa hasil metabolisme tidak lancar. Intinya adalah hindari menyandarkan diri dalam posisi yang terlalu lama untuk menjaga kelenturan dan kesehatan tulang belakang anda.
  6. Mata memanas.

    Mendudukkan diri di atas kursi saat menonton televisi atau sedang online jelaslah tidak sehat. Keadaan ini beresiko pada mata karena terlalu kaku dan serius menatap layar kaca sehingga lupa untuk dikedipkan. Akibatnya, ada rasa-rasa panas di bagian penglihatan dan merubah bagian tersebut menjadi kemerah-merahan. Keadaan ini jelas membuat acara menonton anda tidaklah nyaman. Oleh karena itu, duduklah yang manis di depan LCD, bila perlu tegakkan punggung dan ambil juga waktu untuk bersandar agar terciptalah variasi aktivitas. Selain itu, jangan terlalu serius melakukan apapun agar tidak sampai lupa mengedipkan mata secara berkala.
  7. Paha  turut keram.

    Ini mungkin saja terjadi ketika cara duduk yang diterapkan adalah simpul (kaki di tekuk). Saat terlalu lama melakukannya sampai paha terasa keram sebaiknya merubah gaya duduk dengan posisi yang lain. Misalnya dengn menyilang ke tengah atau menyilang ke samping.
  8. Pergelangan kaki keram.

    Saat anda duduk dengan kaki ditekuk (simpul) maka aliran darah di bagian kaki akan terhambat oleh karena tekanan tubuh bagian atas. Tetapi bagi mereka yang berbobot rendah (langsing) keadaan ini tidak akan terjadi sebab tekanan tubuh terhadap kaki masih dalam batas wajar. Ketika pergelangan kaki anda sedang keram hindari aktivitas dengan langsung berdiri. Ketahuilah bahwa keadaan ini beresiko membuat anda terjungkal atau pergelangan bisa terkilir sebab saat kaki sedang keram, tidak dapat menahan bobot tubuh lebih lama. Oleh karena itu, tunggulah selama beberapa saat sampai rasa keram itu reda barulah kembali untuk berdiri melakukan aktivitas seperti biasa.
  9. Tangan juga lelah.

    Ini terutama terjadi saat kita sedang serius-seriusnya menulis atau mengetik di depan komputer. Dimana saking asyiknya kegiatan tersebut, kita lupa untuk berhenti dan mengambil jeda sejenak. Ada baiknya jikalau andapun tidak terlena melakukan pekerjaan sehingga melupakan waktu istireahat sebab manusia bukan komputer aka robotik yang bisa bekerja 24 jam dalam sehari.
  10. Dampak buruk selanjutnya, beresiko mengalami naik betis.

    Sewaktu anda terus-menerus duduk, toilet yang digunakan juga toilet duduk sedang aktivitas berdiri jarang-jarang. Ketahuilah bahwa semua keadaan belumlah mewakili seluruh interprestasi otot dan sendi di dalam tubuh, terutama pada bagian bokong. Otot-otot di daerah kaki dan panggul belum digunakan dengan maksimal sehingga suatu waktu akan membawa kelainan. Salah satunya adalah naik betis dimana keadaan ini disebabkan oleh karena pergerakan otot kaki yang terlalu intens (terlalu lama). Solusi untuk keadaan ini adalah berdirilah kadang-kadang, duduk kadang-kadang dan jongkok kadang-kadang.
  11. Sakit pinggang.

    Sakit pinggang yang kami maksudkan disini adalah yang disebabkan oleh karena gangguan kesehatan pada ginjal. Ini juga bisa disebabkan oleh karena terlalu lama berada di atas kursi sehingga membuat seseorang lupa minum air putih. Saking asiknya pekerjaan yang dilakukan dia melupakan hal yang sangat penting yaitu memenuhi asupan cairan bagi tubuhnya. Akibatnya, ginjal bisa mengalami depresi berat terlebih ketika kita banyak mengkonsumsi minuman yang keruh seperti kopi, kapucino, minuman bersoda dan teh. Daftar minuman ini, awalnya tidak membawa dampak buruk bagi tubuh tetapi kebiasaan lupa mengkonsumsi air putih dapat memperberat kerja ginjal. Saat ginjal telah mengalami kerusakan maka pinggang akan mengalami nyeri yang bukan main dan dikenal sebagai sakit pinggang.
  12. Batu kemih.

    Ini juga termasuk dalam daftar penyakit akibat kurang mengkonsumsi air putih. Semua ini terjadi karena si abang keasyikan bekerja sehingga lupa dengan kebutuhan air yang berada pada kisaran 8 -10 gelas perhari. Akibatnya, batu karena zat kapur pada minuman dapat menumpuk hingga menyumbat saluran kemih yang menimbulkan rasa kurang nyaman saat berkemih.
  13. Buang air kecil tidak lancar (seperti tertahan-tahan).

    BAK yang tidak lancar menunjukkan bahwa ada gangguan pada pipa saluran pembuangan atau lebih dikenal dengan nama uretra. Jika hal ini tidak segera diatasi akan beresiko menyebabkan penyakit yang lebih parah yaitu kanker prostat. Oleh karena itu, jaga asupan cairan dalam tubuh dan jangan lupa mengkonsumsi air garam manis sebagai agen detoksifikasi alamiah.
  14. Menyebabkan otot kaki lemah hingga hilang keseimbangan.

    Terlalu lama berada di atas kursi dimana keadaan ini telah berlangsung selama berminggu bahkan berbulan-bulan. Niscaya akan beresiko melemahnya otot-otot kaki. Keadaan ini akan membuat anda tiba-tiba kehilangan keseimbangan saat sedang berjalan kesana kemari. Oleh sebab itu, jangan habiskan waktu di atas bangku terus-menerus melainkan berikan juga waktu untuk berolahraga sejenak, seperti senam, jogging, jalan kaki dan lain sebagainya.
  15. Lumpuh kaki.

    Pernah kami membaca kejadian unik di luar negeri saat seorang anak digotong dari warnet karena diketahui telah mengalami kelumpuhan dimana kakinya tidak bisa lagi berjlanan. Keadaan ini disinyalir disebabkan oleh karena kebiasaan yang suka main game secara maraton ditambah lagi kakinya yang ditekuk saat peristiwa tersebut berlangsung. Ini adalah wujud nyata bahwa variasi gerakan saat duduk yang minim beresiko membahayakan bagi kesehatan.
Aktivitas menyandarkan badan dan bokong pada kursi bukanlah bencana tetapi ketika hal ini dilakukan secara berlebihan beresiko tinggi menyebabkan kelainan pada kesehatan anda. Oleh karena itu, berusahalah untuk melakukan aktivitas yang bervariasi sehingga bagian-bagian tubuh anda senantiasa bergerak yang membuat aliran darah lancar. Saat aliran darah menjadi lancar maka sisa hasil metabolisme tubuh yang dapat membawa efek samping bagi kesehatan dapat segera dinetralisir. Nikmati hidup sewajarnya dan bekerjalah sewajarnya sehingga badan tidak terlalu lemah tetapi jangan juga sampai kelebihan beban (overload).

Salam, Jaga kesehatanmu untuk menikmati hari tua yang segar-bugar!

0 Response to "+10 Bahaya Duduk Terlalu Lama - Akibat Duduk Berlebihan, Hidup Butuh Keseimbangan"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama