Pengusaha yang Cerdas Menjaga Kelestarian Lingkungan



Menjadi pengusha memang harus pintar-pintar dalam memanfaatkan sumber daya yang ada agar proses produksi memakan biaya yang minim. Kemampuan seorang pengusaha dalam memutar uang dan mengambil keuntungan setelah semuanya itu harus cerdas. Hanya saja, intelektual yang tinggi jangan sampai mengabaikan kaidah-kaidah yang berlaku dalam masyarakat. Salah satu diantaranya adalah tanggung jawab moral terhadap pelestarian lingkungan.

Jika kita berpikir tentang masa depan dan hubungannya dengan ketersediaan sumber daya alam membuat diri ini berusaha menjaga kelestarian setiap potensi yang ada disekitar kita. Semua kebutuhan hidup kita asalnya dari lingkungan. Para pengusaha hanyalah mengkonversikannya menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat. Salah satu komponen lingkungan yang sangat penting adalah “Pohon”. Berikut ini dahsyatnya manfaat pohon bagi kehidupan kita :
  1. Menjaga kesuburan tanah
  2. Mencegah banjir dan tanah longsor
  3. Menetralkan polusi
  4. Mengurai angin kencang sehingga tidak berujung menjadi angin puting beliung
  5. Memancing dan memelihara hujan dengan melibatkan proses kondensasi
  6. Membuat udara sejuk segar
  7. Sebagai komponen penopang/ penyangga yaitu tempat habitat berbagai-bagai binatang dan tumbuhan liar

Bagaimana kita menjaga lingkungan sekitar dari degradasi ?

Ini pekerjaan yang tidak mudah. Membutuhkan kerjasama untuk mewujudkannya, antara lain yang dapat kita lakukan adalah :
  1. Tidak mengubah daerah pegunungan dan lereng menjadi wilayah pertanian.
  2. Menjaga ekosistem sungat dari pemanfaatan bahan kimia untuk memperoleh ikan dan menjaga pinggiran sungai dari kelongsoran dengan menanam bambu.
  3. Menjaga ekosistem disekitar mata air untuk menjamin keberlangsungannya dengan memanfaatkan salah satu tanaman yang mampu menyimpan banyak air yaitu bambu.
  4. Mengawasi pembakaran hutan yang dilakukan secara terkontrol dan bertahap.
  5. Mengawasi kegiatan ilegal logging dan penebangan hutan massal yang berlebihan.
Usaha dibidang peternakan dan pertanian juga usaha-usaha lain itu semua bahan baku dan sumber daya yang diperoleh asalnya dari alam sekitar. Alangkah baiknya jika seorang pengusaha memperhatikan keseimbangan antara jumlah sumber daya alam yang tersedia dengan jumlah bahan baku yang ia butuhkan. Kesimbangan dalam bidang ini membuat usahanya senantiasa lancar dan terkendali.
Menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama. Apalagi seorang pengusaha yang jelas-jelas butuh dengan sumber daya yang tersedia, harus berperan aktif dalamm melindungi tatanan lingkungan yang baik.
Tanpa lingkungan yang lestari tidak ada sumber daya alam yang berkelanjutan. Pemanfaatan lingkungan yang tidak bertanggung jawab membuatnya hanya menghasilkan untuk saat itu saja, sedang generasi berikutnya akan kehilangan potensi ini.

Demikian saja teman. Salam Young Enterpreuner
Sumber: Memulai Usaha Sendiri dengan Bertani dan Beternak