Banyak Makan Garam Adalah Sehat – Mengapa orang kampung lebih kuat daripada orang kota?





Kata pepatah orang dewasa lebih banyak makan garam daripada mereka yang masih muda. Bahan tambahan makanan ini sangat banyak dibicarakan orang. Bukan saja hanya sekarang melainkan ribuan tahun yang lalupun (sebelum masehi) begitu hangat dalam pembicaraan. Kitab Suci yang ada saat ini adalah saksi atas peran penting garam dalam kehidupan kala itu. Dalam peribahasa Indonesia kata ini sering dipakai, salah satunya adalah “Kamulah garam dan terang dunia”.

Memang sangat jelas dalam pemahaman kami bahwa dunia kedokteran melarang konsumsi garam yang terlalu banyak. Kami juga berpendapat bahwa kekurangan bahan makanan ini menimbulkan resiko kesehatan yang tidak sedikit. Diantara lain.

  1. Turunnya volume darah yang membuat tekanan darah menurun,
  2. Meningkatnya denyut jantung,
  3. Pusing,
  4. Kadang-kadang juga disertai dengan kram otot,
  5. Lemas, kelelahan,
  6. kehilangan nafsu makan,
  7. Turunnya daya ingat,
  8. Turunnya resistensi terhadap infeksi,
  9. Luka yang sulit sembuh,
  10. Gangguan pengelihatan,
  11. Rambut tidak sehat dan bercabang, dan
  12. Pembentukan bintik-bintik putih pada kuku.


Harus kami akui bahwa asupan garam yang memadai mendatangkan manfaat kebalikan dari 12 hal yang tertera di atas. Tapi bukan hanya itu saja, larutan garam juga dapat menghilangkan kantung mata yang kurang enak di lihat orang di wajah anda. Efeknya yang bersifat menghaluskan dan mengangkat kulit mati membuat larutan ini sangat cocok digunakan oleh perempuan yang ingin meremajakan kulitnya dengan cara aman dan murah.


Selain itu, kemampuannya untuk melisiskan (membunuh) bakteri dan jamur dimanfaatkan oleh banyak orang untuk mensterilkan rongga mulut. Sakit gigi yang disebabkan oleh aktivitas kuman pada bagian-bagian yang busuk dapat memicu rasa nyeri yang luar biasa bahkan sampai ke kepala. Larutan garam sangat efektif untuk membunuh berbagai macam kuman yang menyebabkan sakit gigi.


Ketika anda menerapkan larutan ini ke dalam rongga mulut dengan cara berkumur maka bersamaan dengan matinya kuman juga menghentikan aktivitas fermentasi bakteri yang menyebabkan bau mulut. Andapun dapat bercengkrama dengan luwes dengan siapapun tanpa harus merasa sungkan berbicara karena takut nafas naganya ketahuan…..


Jadi jangan pernah jauhkan garam dari kehidupan anda. Bahan tambahan makanan ini tidak berbahaya sama sekali karena biasanya bukan garamnya yang salah melainkan orang yang memanfaatkannya secara tidak terkontrol. Yang diperlukan adalah pengetahuan yang cukup tentang asupan normal yang pas untuk setiap orang. National Research Council National Academy of Sciences di Amerika menyarankan asupan natrium pada kisaran 1100-3300 mg per hari. Jumlah tersebut setara dengan ½ – 1½ sendok teh/hari. Bagi yang menderita hipertensi, asupan natrium dianjurkan tidak lebih dari 2.300 mg/hari. Jumlah tersebut sama dengan 6 gram NaCl atau sekitar satu sendok teh perhari.

Sadarilah bahwa mengkonsumsi garam dengan takaran yang pas dapat menjauhkan anda dari 5L yaitu letih, lemah, lesu, lelah dan loyo. Makanya orang kampung tenaganya kuat bertani karena mereka kebanyakan mengkonsumsi ikan asin atau disebut juga ikan teri. Kandungan garam dalam produk panganan ini sangat baik untuk melenturkan otot dan mengurangi nyeri otot dalam bekerja sehingga badan (fisik) merekapun lebih kuat dibandingkan dengan orang kota yang terlalu takut dengan garam karena desas desus yang lebay (dilebih-lebihkan) soal sodium yang menyebabkan hipertensi.

Demikian saja teman, gunakanlah produk garam buatan daerah sendiri demi kemajuan bersama.
Salam Indonesia sehat!

0 Response to "Banyak Makan Garam Adalah Sehat – Mengapa orang kampung lebih kuat daripada orang kota?"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama