+7 Manfaat Mengedipkan Mata – Berkedip Tidak Selalu Salah




Kedip merupakan (1) gerak kelopak mata (membuka dan menutup berganti-ganti); kejap; (2) gerak nyala api dan sebagainya yang kecil (sebentar kelihatan padam, sebentar menyala lagi); kelip (KBBI Luring). Merupakan aktivitas yang mungkin bagi sebagian besar orang tidak pernah di sadari selama ini. Kami bahkan baru menyadari aktivitas ini setelah terjun ke dunia maya (kalau bukan di tahun 2015, ya pasti di tahun 2016, sekitar itulah). Dari sekian banyak gerakan yang kami ekspresikan mengedipkan mata merupakan aktivitas yang paling sederhana.

Tidak mengabaikan hal-hal kecil, itu penting

Hal-hal yang kecil di dunia ini sebaiknya jangan disepelekan sebab rata-rata manfaatnya tidak kalah menarik dari hal-hal besar lainnya. Mengapa demikian? Sebab sesuatu yang disebut dengan recehan tetapi sering dilakukan/ dikumpulkan pastilah akan menjadi besar pula, baik dalam hal faedah maupun ukurannya. Bahkan mengedipkan mata pernah dianggap sebagai sebuah aktivitas yang usil dan cukup mengganggu. Mungkin ini di jaman ketika dahulu kami masih anak sekolahan dimana aktivitas ini dianggap sebagai sebuah tanda bahwa seseorang menyukai yang lain secara pribadi dan spesial.

Melakukannya dengan konsisten

Pada dasarnya, semua aktivitas yang kita lakukan adalah baik, tentu saja saat hal tersebut tidak baik akan timbul reaksi dari orang lain. Tetapi jika tujuan kita baik niscaya orang lainpun akan memakluminya. Terkadang sikap kita yang “aneh” bisa dibaca oleh orang lain, itulah yang namanya insting, hanya saja bila sudah terbiasa melakukannya maka semua orang (hampir semuanya terkecuali orang lain baru pertama bertemu) mampu memahami hal tersebut. Artinya, apa yang konsisten dilakukan setiap hari pastilah selalu dimaknai baik oleh orang-orang disekitar kita.

Membatasinya saat bertemu dengan seorang asing

Bila kita berpapasan dengan orang yang belum pernah melainkan baru pertama dijumpai (orang asing) sebaiknya kebiasaan ini diminimalisir alias bersikap seperti orang normal lainnya. Ini dilakukan agar orang yang baru kita temui tersebut tidak salah kaprah menanggapi kebiasaan ini. Hal yang paling tidak kita duga adalah saat mereka begitu percaya bahwa diri ini menyukainya secara pribadi dan dugaan yang lainnya adalah bila mereka menganggap bahwa kita sedang ketakutan menghadapi situasi yang sedang dijalani saat ini.

Mengendalikannya (memaksimalkan & meminimalkannya) disaat-saat tertentu

Mengedipkan mata adalah aktivitas yang lumrah. Ini dilakukan secara sadar (menggerakkannya berdasarkan perintah dari otak) maupun secara tidak sadar (insting) alias tanpa perintah langsung dari otak (otomatis). Hanya saja, sebaiknya batasi kedipan disaat sedang serius menatap sesuatu, saat lawan bicarapun menatap anda serius, ketika menegur seseorang dari sikapnya yang kurang tepat dan yang lainnya. Tetapi tingkatkan aktivitas berkedip saat berada di depan (sedang menatap) televisi, komputer/ PC/ laptop, smartphone, gadget dan segala bentuk alat elektronik yang memancarkan sinar secara langsung.

Kedipkan mata dengan santun dan meyakinkan

Segala sesuatu di dunia ini seperti garam yang penuh dengan dualisme, ada baiknya tetapi jika terlalu banyak ditambahkan juga tidak baik jadinya keasinan. Demikian juga dengan kedipan mata yang kita lakukan. Ini bisa bermanfaat baik bagi kesehatan dan penampilan juga tetapi jikalau terlalu sering maka dampaknya akan memperburuk citra orang lain terhadap diri ini. Oleh karena itu bijaklah saat melakukannya, belajarlah dari pengalaman sendiri bagaimana sebaiknya, kapan harus dipercepat, diperlambat atau tidak sama sekali.

Lakukan kebiasaan ini dengan santai, bila anda terlalu terburu-buru mengedipkan mata di depan orang lain maka hal tersebut akan terkesan seperti sedang ketakutan. Tetapi lakukanlah itu secara perlahan saja seolah-olah anda sedang menikmati apa yang berlangsung di sekitar. Pada dasarnya,kecepatan mata anda tertutup dan terbuka bisa dimaknai secara berbeda tetapi saat anda melakukannya dengan lambat dan sedikit tersenyum, akan diartikan bahwa itu sebagai tanda keakraban atau sebuah simbol yang mengisyaratkan kata “ya”, “setuju.” Pada dasarnya, ini akan terjadi begitu saja dan tidak bisa selalu anda atur sebab saat melakukan sesuatu maka kita lebih fokus untuk menyelesaikannya ketimbang memikirkan bagaimana mata ini bergerak.

Manfaat mata yang berkedip teratur

Sekalipun tergolong sangat sederhana bahkan terkadang kita tidak menyadari telah atau belum melakukan aktivitas ini karena terjadi begitu saja tanpa disadari. Mengedipkan mata ternyata memberikan beberapa faedah yang positif. Diantara semua khasiat yang dihasilkannya beberapa yang kami ketahui adalah sebagai berikut.

1.       Mata disegarkan selalu sehingga tahan lama.

Sesaat setelah bangun tidur, pasti rasanya berat badan ini. Akan tetapi setelah anda mandi di pagi hari maka badan akan terasa segar kembali dan siap beraktivitas. Demikian jugalah halnya dengan kelopak mata yang senantiasa berkedip sambil membuat organ di dalamnya tetap basah agar tetap bugar dan lebih aktif tahan lama saat digunakan.

2.       Melembabkan bola mata.

Air mata yang salin hampir sama susunannya (komposisinya) dengan cairan plasma pada darah. Aktivitas mengedipkan mata sangat bermanfaat untuk membuat organ ini tetap basah dan lembab. Ini seperti pelumas agar organ tersebut bisa bergerak leluasa ke kanan, kiri, atas, bawah dan tentu saja anti slip (untuk mencegah terjadinya goresan).

3.       Menjernihkan/ mencerahkan pandangan.

Terkadang pandangan kita kabur saat ada sesuatu yang masuk ke dalam indra penglihatan. Oleh karena itu kelopak selalu menutup dan membuka secara otomatis agar berbagai-bagai kotoran yang tidak sengaja masuk itu dieliminasi dari lapang pandang yang tersedia.

4.       Mengeliminasi mikroorganisme.

Cairan air mata yang salin mengandung garam (Na dan Cl), yaitu senyawa yang sangat bermanfaat untuk menghentikan aktivitas mikroorganisme yang terjebak baik secara sengaja maupun tidak sengaja di dalam bola mata.

5.       Menekan pertumbuhan sel kanker.

Sel-sel ganas bisa muncul dimana saja dalam tubuh manusia. Keadaan ini dipengaruhi oleh afinitas organ/ jaringan/ sel tertentu terhadap bahan kimia berbahaya (radikal bebas). Cairan air mata yang salin akan membantun mendetoksifikasi permukaan bola mata dari berbagai-bagai jenis toksin yang berasal dari bahan kimia berbahaya. Proses penetralan racun ini membuat jaringan di sekitar organ penglihatan terbebas dari resiko keganasan (sel kanker).

6.       Membersihkan area dari debu.

Pernahkah anda melihat wiper di bagian depan mobil? Demikian jugalah fungsi kelopak mata manusia bahkan perannya lebih efektif dan efisien dari pembersih kaca ini. Permukaan bola mata terus terpapar dengan debu dan polutan bahkan ketika intensitasnya meningkat niscaya akan timbul rasa gatal sehingga anda perlu mengusapnya dengan saputangan. Peran kelopak mata lebih efisien dari saputangan yang anda miliki.

7.       Mencegah iritasi pada mata.

Saat mata terlalu sering digunakan dalam keadaan terbelalak (melotot), kemungkinan untuk terjadinya iritasi ringan semakin besar. Posisi mata melotot membuat cairan di permukaannya segera kering sehingga tidak lembab lagi. Keadaan inilah yang membuat mata terasa perih ketika digerakkan sebab terjadi gesekan yang kuat antara permukaan kelopak dengan permukaan mata (menyebabkan slip bahkan tergores halus). Sebab berhenti mengedipkannya maka berhenti pula melumasinya.

8.       Mencegah glaukoma.

Glaukoma adalah penyakit yang disebabkan oleh karena tersumbatnya aliran keluar dari cairan bola mata. Penyumbatan ini menyebabkan tekanan dalam bola meningkat drastis hingga 70 mmHg ke atas. Penyumbatan ini bisa saja disebabkan oleh pengaruh dari lingkungan luar yang memicu terbentuknya sel-sel tumor sehingga menahan aliran air mata. Tetapi bisa juga karena faktor metabolisme tubuh yang tidak efektif sehingga terjadi penumpukan pada daerah tersebut yang membuatnya tersumbat. Simak juga, Caramengobati glaukoma.

Pada akhirnya, setiap aktivitas yang kita lakukan akan memberikan hasil yang baik asalkan dijalani dengan niat yang tulus dan tujuan yang baik. Jikalau mengedipkan mata menurut sebagian orang agak aneh maka ada baiknya anda mengabaikan persepsi negatif tersebut sebab ada banyak manfaat yang diberikan oleh aktivitas ini. Biasakan saja dirimu dan konsistenlah melakukannya dengan santai maka orang lain akan memahaminya. 

Salam sehat alami!

0 Response to "+7 Manfaat Mengedipkan Mata – Berkedip Tidak Selalu Salah"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama