8 Sisi negatif pemadaman listrik oleh PLN - mati listrik menyebabkan kerugian juga




PLN bukan tuhan. Human error dan engine error bisa saja terjadi sekalipun itu jarang. Begitulah hidup, harus lebih sabar dalam segala sesuatu. Kita berharap penyedia listrik negara ini selalu aware terhadap segala kemungkinan yang terjadi sehingga tidak ada konsumen yang mengalami kerugian besar akibat pelayanan publik yang buruk. Semoga suatu saat di seluruh Indonesia bebas dari yang namanya pemadaman listrik bergilir.

Pemadaman listrik pasti sudah pernah dialami oleh siapapun dia di seantero negeri, Indonesia. Ini mungkin tidak menjadi masalah besar ketika terjadi di siang hari. Tapi dampaknya sangat terasa ketika terjadi di malam hari. Kejadian kurang menyenangkan ini terkadang tidak bisa dimengerti namun kadang juga memancing emosi apalagi kalau terjadi terus-menerus istilah kerennya adalah pemadaman bergilir dari PLN yang sudah di informasikan sebelumnya. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan segala sesuatu apabila hari seperti ini tiba tidak terkejud mendadak.

Pertama-tama adalah kesiapan hati, anggap saja bahwa pemadaman listrik adalah kejadian yang biasa. Persiapkan segala yang diperlukan saat itu tiba, seperti korek api/ mancis, senter, lampu yang dayanya bisa diisi ulang (Rechargerable lamp), genset (jika ada), minyak tanah/ bensin. Termpatkan semua barang-barang ini pada lokasi yang mudah dilihat, tidak mudah terbakar dan jauh dari jangkauan anak-anak. Persiapan yang matang tidak sampai mengecewakan saat hal itu terjadi, emosi juga lebih redam sebab terangnya lampu terwakilkan oleh cahaya lain.

Mati lampu memang ada sisi baik dan buruknya. Kita ambil kebaikannya lalu kita atasi dan cegah kerugian yang mungkin ditimbulkannya dengan persiapan yang matang. Berikut ini sisi negatif pemadaman listrik oleh PLN.

  1. Otomatis tidak ada hiburan. Televisi sebagai sumber hiburan utama dalam keluarga sedang tidur entah sampai kapan. Tontonan favorit juga hilang dariperedaran.
  2. Laju Informasi melambat. Pengetahuan kita akan kejadian terpanas hari ini tidak diupdate lagi. Wawasan kita hanya berkembang sebatas apa yang kita dengar dari tetangga dan orang-orang sekitar.
  3. Pekerjaan rumah jadi terbengkalai. Seperti menyetrika, memasak, menyuci dan lain sebagainya yang biasanya menggunakan listrik dan otomatis kembali ke manual.
  4. Pekerjaan dikantor menumpuk sebab yang biasanya dibawa kerumah jadi tidak dapat lagi dikerjakan apalagi yang berhubungan erat dengan peralatan elektronik seperti laptop.
  5. Harus tiap hari belanja. Mungkin biasanya belanja itu 2 atau tiga kali seminggu karena dirumah ada kulkas/ freezer. Pembeku yang kehilangan daya tidak dapat menahan awetnya bahan makanan/ makanan lebih lama lagi.
  6. Uang bensin bertambah terutama bagi mereka yang menggunakan genset.
  7. Yang memiliki usaha (UKM) biaya produksi juga bertambah.
  8. Awas maling menyusup ditengah gelapnya malam. Harus ekstra hati-hati buat teman-teman sebaiknya menutup pintu-pintu dan jendela saat hari masih terang. Buat jaga-jaga aja sih…. “bukankah lebih baik mencegah daripada mengobati!”
Tetap saja teman, keburukan ini masih bisa diatasi lho.... Dampak buruk pemadaman listrik ini hanyalah kemungkinan saja. Kita analisis dan ungkapkan agar lebih waspada jika kejadian yang sebenarnya terjadi kelak.

Salam Indonesia yang lebih maju!

0 Response to "8 Sisi negatif pemadaman listrik oleh PLN - mati listrik menyebabkan kerugian juga"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama