+7 Manfaat & Dampak Buruk Smartphone Untuk Kesehatan


Dunia ini penuh dengan keseimbangan. Tidak ada satu kekuatanpun yang tidak memiliki kelemahan, tidak ada satu manfaatpun yang tidak memiliki dampak negatif. Manusia termasuk tidak seorangpun yang sempurna melainkan selalu ada kelemahan dan kelebihannya. Demikian juga dengan keberadaan makhluk hidup lain bahkan seluruh alam semesta memiliki kekuatan dan kekurangan dengan demikian terjadilah yang namanya hubungan baik yang dikenal sebagai kerjasama. Kita tidak hanya membutuhkan satu hal untuk membuat semuanya lengkap tetapi kita butuh kebersamaan yang melibatnya banyak hal untuk menyempurnakan sistem.

Teknologi ada untuk memberi kelengkapan bagi manusia dalam menjalani aktivitasnya. Memang di satu sisi keberadaan teknologi memberi kemudahan tetapi selalu sadarilah bahwa hal-hal tersebut tidak boleh diekspose secara berlebihan. Terlalu lebay menikmati hidup bisa membuat hari-hari kita bertambah buruk. Sebab manusia bahkan seluruh alam semesta diciptakan untuk senantiasa bergerak dari waktu ke waktu. Gerakan yang kami maksudkan di sini daalah suatu kebiasaan yang dilakukan dengan tekun sehingga tergolong dalam aktivitas positif yang melingkupi dimensi kehidupan dari pikiran, perkataan hingga perbuatan.

Saran kami adalah jangan ambil mentah-mentah segala kemudahan yang diberikan oleh teknologi melainkan milikilah sikap yang selektif dan kritis sehingga mampu menerapkan yang positif dan menyisihkan yang negatifnya. Pada hakekatnya sifat yang menyortir ini ditimbulkan oleh pengalaman hidup yang dirasakan sendiri. Saat merasakan efek samping maka seseorang akan berusaha mengatasinya dengan mengurangi hal-hal yang dikenali sebagai penyebab. Andapun bisa menambah pengalaman tersebut dengan berusaha mencari informasi dari berbagai media (buku, radio, televisi) termasuk lewat internet.

Smartphone adalah salah satu teknologi mutakhir yang dimanfaatkan untuk mengakses dunia maya. Letak dunia maya ini berada pada server diberbagai negara yang dapat diakses dengan cepat. Anda tidak perlu repot-repot datang ke wilayah yang jauh untuk mengetahui keadaan rekan-rekan yang lain. Cukup dengan menelepon atau sekedar SMS, semuanya jadi jelas. Bisa juga dengan menggunakan berbagai platform sosial media yang tersedia seperti Whatsapps, Facebook, Instagram dan lain sebagainya. Namun jika hanya ingin mengetahui kondisi saudara yang lain secara umum, akseslah berbagai media lokal (koransib.com), nasional (kompas.com; detik.com) dan internasional (bbc.com; cnn.com dan lainnya).

Berbagai informasi terdapat di dalam internet (cloud). Andapun bisa mengakses semuanya itu dengan mudah tanpa harus berlelah datang ke perpustakaan. Tetapi sadarilah bahwa bahwa informasi yang disajikan di sana penuh dengan dualisme. Seperti kata orang, bagaikan buah simalakama, ada yang bermanfaat positif dan ada pula yang bermanfaat negatif. Sekarang, dua kekuatan tersebut telah ada di dalam genggaman anda, baik-buruknya semu tergantung penilaian masing-masing. Oleh karena itu, jadilah cerdas sebelum menggunakan gadget yang satu ini agar setelah menggunakannya andapun semakin cerdas. Sayang, biasanya saat orang bodoh pertama sekali menggunakan smartphone, besar kecenderungan kehidupannya semakin liar hingga terjun bebas.

Manfaat tablet untuk kesehatan

Seperti halnya komputer-PC, laptop dan tablet yang sama-sama bisa mengakses jaringan internet kelas internasional, demikianlah informasi yang tersedia pada smartphone dapat mencerdaskan penggunanya. Anda tidak hanya mampu mengakses informasi kesehatan di seluruh Indonesia melainkan juga dimampukan untuk mengakses informasi kesehatan dari luar negeri. Yang perlu dilakukan untuk mengakses ilmu kesehatan dari negara lain adalah dengan melakukan pencarian menggunakan bahasa asing. Kekayaan ilmu pengetahuan yang anda miliki benar-benar mumpuni asal bisa memanfaatkan teknologi yang satu ini dengan bijak.

Berikut beberapa faedah (kegunaan) smartphone yang digunakan untuk berkomunikasi sambil-sambil mencari ilmu yang menyehatkan secara jasmani.

  1. Membantu mempertemukan anda dengan informasi kesehatan.

    Saat kekayaan informasi ada di dalam genggaman tangan, apa yang akan anda lakukan? Dapat mengetahui informasi tentang kesehatan. Cara-cara sehat selama menjalani hari dapat ditemukan pada berbagai situs. Hanya saja, anda perlu sekali mempelajari terlebih dahulu tentang dasar-dasar hidup sehat. Agar sewaktu, pengetahuan yang salah disuguhkan orang lain, andapun langsung bisa mencirikan keadaan tersebut sehingga mampu terhindari dari malinformasi.
  2. Membantu menampilkan cara mengatasi penyakit tertentu.

    Saat ada anggota keluarga atau diri sendiri sedang sakit, berusahalah untuk mencari tahu informasi seputar situasi sulit yang sedang dihadapi. Siapa tahu ada seorang blogger yang lain pernah mengalami hal yang sama dan memberikan saran-saran khusus untuk menghadapi situasi tersebut. Sebab pada dasarnya masalah kesehatan manusia berkaitan erat dengan kandungan elektrolit dalam tubuh masing-masing orang. Garam ini seperti pengawet bagi sel-sel tubuh sehingga life span-nya lebih lama.
  3. Stopwatch, membantu mencatat waktu saat berolahraga.

    Ketika anda sedang berada dalam posisi mengikuti pertandingan maka akan berusaha meningkatkan stamina dengan melakukan latihan yang lebih berat secara berjenjang. Seorang atlet yang berlari bersama kecepatan membutuhkan pengukur waktu untuk mengetahui kemampuannya meningkat atau malah menurun. Biasanya waktu tempuh dihubung-hubungkan dengan jarak, Latihan stamina akan membuat semakin cepat waktu tempuh yang diperlukan untuk jarak yang sama.
  4. Memanfaatkan kalkulator BMI

    Kalkulator penghitung berat badan ideal ini biasanya tersedia dalam bentuk software.  Anda dapat mendownloadnya di Google Store atau di android store lainnya. Andapun bisa mulai membatas-batasi jumlah makanan yang dikonsumsi dan memperbanyak berolahraga jikalau berat badan anda melebihi dari nilai yang ideal. Sedang bagi yang berat badannya kurang dari target ideal dapat menambah jumlah cemilan/ makanan yang dikonsumsi selama beberapa waktu hingga targetnya tercapai.
  5. Mengingatkan anda tentang jadwal puasa atau pantangan tertentu.

    Beberapa orang, termasuk kami sendiri suka lupa terhadap hal-hal penting yang seharusnya diingat dan dilakukan selama hidup di bumi ini. Bagi anda yang sedang melaksanakan puasa rutin dapat menambahkan pengingat pada ponsel pintar tersebut agar tidak lupa dengan jadwal yang sudah direncanakan sejak awal. Andapun bisa membuat semacam peringatan agar selalu berjaga-jaga terhadap makanan tertentu yang menjadi pantangan karena suatu alasan dan lain hal.

    Mode pengingat ini bisa juga dimanfaatkan untuk mengingatkan anda agar mengkonsumsi obat di waktu-waktu tertentu. Termasuk didalamnya untuk mengingatkan kita dengan aktivitas rutin  berkunjung ke dokter tertentu dalam rangka sekedar konsultasi atau untuk menghindari penyakit sekedar melakukan medical chek up.
  6. Berkonsultasi dengan dokter lewat telepon/ SMS/ chatting.

    Ketika anda memiliki teman seorang dokter di daerah lain dan kebetulan saat ini sedang mengalami masalah kesehatan. Anda bisa menggunakan fasilitas yang disediakan oleh smartphone untuk melakukan panggilan, SMS dan email termasuk chatting. Mungkin juga kebetulan ada keluarga yang sedang mengidap penyakit tertentu lalu ingin berkonsultasi dengan seorang dokter mantan teman semasa kulia duluu. Sekalipun Sang dokter tidak bisa mengatasi masalah tersebut secara langsung tetapi setidak-tidaknya dia dapat memberikan saran untuk melakukan tindakan pencegahan (preventif) agar penyakit tersebut tidak semakin parah.
  7. Foto kesehatan.

    Jangan salah, zaman sekarang foto sudah bisa dianalisis untuk menilai kesehatan seseorang bahkan dengan mata telanjangpun kita bisa melihat kesehatan seseorang hanya dengan melihat bagian bawah matanya. Mata panda/ kantung mata merupakan penyakit yang menandakan kekurangan cairan, kekurangan elektrolit dan bisa juga disebabkan oleh kurang tidur. Pernah juga muncul suatu spekulasi agar hemoglobin bisa diukur hanya dengan menjepret darah seseorang. Demikian juga kita bisa mengirimkan foto luka kulit bagian luar agar bisa dinilai apakah luka tersebut bersih atau sudah menunjukkan tanda-tanda infeksi.
  8. Belajar multitasking.

    Pernahkah anda berjalan sambil menggunakan smartphone? Itu namanya multitasking sebab biasanya orang-orang hanya bisa tenang pikiran saat menggunakannya sambil duduk atau sekedar berdiri diam. Kami sendiripun sampai sekarang belum pernah melakukan yang seperti ini. Tetapi hati-hati lho teman sebab aktivitas ini hanya boleh dilakukan saat kita sambil jalan kaki. Sekalipun anda jalan kaki dan menabrak sesuatu pastilah resikonya tidak begitu parah, paling juga handphone tersebut jatuh dan pecah. Bila anda melakukannya sambil berkendara (menggunakan mobil atau motor) bisa-bisa ditilang Pak Polisi bahkan lebih buruk lagi, kecelakaan (kami tidak tanggung jawab).

Dampak negatif smartphone bagi kesehatan

Keberadaan telepon pintar turut juga mempengaruhi derajat kesehatan seseorang menjadi lebih buruk. Keadaan ini biasanya hanya terjadi oleh karena pemanfaatan gadget yang berada di luar batas-batas kewajaran alias berlebihan. Pada dasarnya keadaan ini dihubung-hubungkan dengan penggunaan teknologi yang terlalu lama sehingga lupa waktu dan lupa untuk menjaga badan agar tetap sehat. Berikut selengkapnya dampak buruk penggunaan teknologi terhadap kesehatan dan kebugaran seseorang.
  1. Menurunkan fungsi mata.

    Karena terlalu asyik bercandaria dengan teman-teman chatting membuat kita tidak tahu lagi batas antara LCD dengan mata sendiri. Terlebih keadaan ini turut diperparah oleh penggunaan font yang terlalu kecil pada smartphone bersangkutan. Oleh karena itu, selalu perhatikan jarak mata dari LCD, pastikan itu berada dalam skala 30 cm sampai 50 cm. Apabila terlalu dekat pada gadget bisa-bisa membuat mata minus.
  2. Menyebabkan leher sakit dan punggung bungkuk.

    Berhati-hatilah dalam setiap penggunaan smartphone yang anda miliki saat ini, pakailah itu dengan pikiran yang sesadar-sadarnya. Terlalu asyik menggunakannya hingga lupa diri dapat beresiko menyebabkan gangguan kesehatan, salah satunya leher menjadi sakit dan punggung membungkuk. Keadaan ini biasanya dipicu oleh karena letak smartphone yang terlalu rendah (di atas paha) saat digunakan. Upayakan saat menggunakan gadget posisinya setidak-tidaknya berada sejajar dengan dada atau leher anda. Ini dilakukan agar punggung tidak sampai membungkuk dan leher tidak terlalu menukik ke bawah saat menatap LCD.
  3. Melemahkan otot kaki.

    Untuk orang-orang yang lebih suka menggunakan smartphone dalam keadaan duduk, harap tidak dilakukan secara maraton. Sebab keadaan ini beresiko tinggi melemahkan kaki sendiri. Melainkan alangkah lebih baik jikalau mulai saat ini menggunakan smartphone dengan posisi variasi. Bisa digunakan sambil duduk di atas kursi, di atas lantai dan sambil berdirii. Kami lebih menyarankan anda agar menggunakan smartphone sambil berdiri sebab dengan demikian otot kaki menjadi kuat sehingga bisa beraktivitas dengan leluasa menggunakan kaki sendiri.
  4. Lupa berolahraga.

    Karena terlalu asyik menggunakan gadget, anda melupakan aktivitas untuk menjaga kebugaran tubuh yaitu berolahraga. Aktivitas ini memang tidak begitu lama hanya saja melelahkan tetapi saat berada di depan LCD tidak ada kata lelah, malah kadang-kala bisa senyam-senyum bahkan terlihat tertawa terbahak-bahak sampai orang lain melihatnya aneh. Oleh karena itu, jangan menikmati hidup terus-menerus tetapi berikan juga waktu untuk berlelah melakukan gerakan-gerakan khusus.
  5. Memicu lupa makan dan minum.

    Pernahkah anda mengalami peristiwa semacam ini? Kejadian lupa makan dan minum ini terutama dihadapi oleh orang yang hidup sendiri di perantauan atau di kos-kosan. Karena tidak ada yang mengingatkannya untuk mengkonsumsi makanan atau minuman sehingga satu hari itu berlalu dengan sedikit jumlah  konsumsi. Waktu makan yang kelupaan bisa saja menyebabkan maag sedangkan konsumsi air yang terlalu sedikit bisa jadi awal penyakit ginjal.
  6. Memicu stres (banyak makan).

    Pula sebaliknya, smartphone yang anda miliki jika terlalu sering digunakan bisa meningkatkan stres. Keadaan ini lebih disebabkan oleh karena rasa bosan menikmati hidup sehingga muncullah niatan untuk menambah jumlah konsumsi makanan. Terlebih ketika uang ada banyak di tangan pastilah kebiasaan boros memuncak. Apalagi kalau sempat keinginan atau lebih tepatnya ambisi untuk memperoleh sesuatu tidak terwujud (misal likers banyak). Alhasil akan timbul semacam gerakan balas dendam sehingga mengkonsumsi cemilan sebanyak-banyaknya sampai badan menggembrot hingga kursipun patah dibuatnya.
  7. Pemicu penyakit jantung.

    Ada yang menganggap bahwa meletakkan smartphone di kantong baju bisa saja menjadi salah satu pemicu penyakit jantung. Ini mungkin saja karena radiasi yang terus aktif pada smartphone dapat penetrasi di bawah kulit. Oleh karena itu, hindari meletakkannya di kantong, lebih baik masukkan kedalam tas atau kantong celana.

    Disisi lain, smartphone bisa saja membuat pola makan seseorang menjadi buruk, sering makan di luar dan terlalu sering mengkonsumsi makanan cepat saji adalah faktor pemicu penyakit jantung. Ini lebih kepada hubungan pekerjaan seseorang dengan aktivitasnya di depan gadget. Semakin intens kebutuhan akan perusahaan yang selalu terkoneksi internet maka semakin banyak pula waktu yang dihabiskan di depan smartphone. Oleh karena itu, pandai-pandailah mengatur waktu.
  8. Pemicu pusing – sakit kepala.

    Ada dua versi faktor penyebab yang dihubung-hubungkan dengan penggunaan gadget. Ada yang mengatakan bahwa kebiasaan yang sering menggunakan ponsel canggih sambil tertidur pulas dapat menjadi pendorong. Pula ada yang mengatakan bahwa meletakkan smartphone sejajar dengan kepala dapat juga memicu kebiasaan sakit kepala. Oleh sebab itu, hindari menggunakannya sampai tertidur dan letakkan gadget anda pada jarak 50 cm sampai 75 cm dari badan saat hendak tidur.

    Kejadian pusing-pusing ini bisa juga disebabkan oleh karena dehidrasi dan kekurangan elektrolit. Oleh karena itu, pastikan agar anda senantiasa mengkonsumsi air garam manis setidak-tidaknya 2 liter (8-10 gelas) per hari.
  9. Pemicu berbagai tumor/ kanker.

    Ada orang yang menghubung-hubungkan penggunaan smartphone dengan aktivitas tumor maupun kanker. Sebab rata-rata orang yang terkena penyakit ini dari kalangan menengah ke atas masing-masing memiliki gadget. Ini masih spekulasi karena ada juga orang yang menderita kanker atau tumor berasal dari kalangan menengah ke bawah dan tidak pernah memiliki ponsel pintar seumur hidupnya.
  10. Beroleh informasi yang salah

    Bila informasi kesehatan yang anda peroleh dari internet salah maka kesalahan itupun turut dibawa-bawa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, banyak-banyaklah bertanya pada teman-teman yang lain apakah informasi yang diperoleh tersebut sudah benar atau tidak. Andapun bisa melakukan percobaan kecil-kecilan untuk mengetes daya guna suatu informasi. Lakukanlah juga perbandingan dengan mencari referensi dari berbagai situs atau membaca buku-buku diperpustakaan yang berhubungan dengan hal tersebut.
Untuk apa kita susah-payah hidup di dunia ini tetapi tidak pernah sehat dan selalu sakit-sakitan? Ini adalah peristiwa yang memilukan untuk dihadapi seorang diri. Carilah teman-teman (keluarga) dan hiduplah bersama mereka, habiskan waktu  dengan menekuni aktivitas positif (fokus kepada Tuhan, belajar, bekerja), selalu konsumsi air garam manis dan manfaatkanlah teknologi sebijak-bijaknya. Menjadi bijak dalam hal ini bukan berarti tidak pernah salah melainkan “orang yang bijaksana adalah mereka yang mampu melihat manfaat di balik setiap persoalan dan belajar dari sana sehingga dimampukan untuk membangun masa depan yang lebih baik.”

Salam, teknologi itu seperti pedang bermata dua!

0 Response to "+7 Manfaat & Dampak Buruk Smartphone Untuk Kesehatan"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama