11 EFISIENSI PC/Laptop "NUMERO UNO"!



Zaman sekarang, kita harus lebih cerdas dalam memilih dan membeli sesuatu. Jangan hanya mengedepankan emosi dan terpengaruh oleh trend yang beredar di masyarakat. Coba berpikir baik-baik apa sebenarnya kebutuhan anda? bukan keinginan anda. Dengan demikian kita tidak membuang-buang uang untuk sesuatu yang tidak berharga.
Berbicara masalah efisien. Ini bukanlah sesuatu yang terpojok disatu sisi saja. Efisien itu dalam beberapa aspek. Selain efisien, perangkat IT yang kita gunakan juga harus senantiasa efektif agar benar-benar mengoptimalkan dan mendukung aktivitas kita sehari-hari. Efisiensi PC/Laptop yang anda miliki tergantung dari beberapa hal berikut ini.

Efisiensi Sebelum Pembelian

A. Tentukan Tujuan.

  1. Ketika anda hendak membeli sebuah PC. Mengapa anda melakukannya? Tujuannya apa?
  2. Tujuan paling "BOROS" adalah: "untuk mengikuti trend". Saya pastikan anda akan tukar PC minimal 1-2 kali setahun.
  3. Jika hanya untuk menyelesaikan tugas akhir, ada baiknya anda mempertimbangkan untuk membeli netbook. Netbook yang cenderung simple, ringan dan mudah dibawa-bawa adalah pilihan cerdas untuk mahasiswa yang mobilitasnya tinggi.
  4. Jika hendak membeli PC/Notebook yang memiliki dukungan grafis & gamers. Perlu PC/Notebook include NVIDIA, RADEON, dll.
  5. Namun, jika anda menginginkan keamanan, baik keamanan sistem dan jaringan. APPLE.ink adalah pilihan utama soal ini.

B. Kemampuan membeli.

  1. Perhitungkan uang di kantong anda. Jika uang anda pas-pasan tapi anda butuh PC/Notebook dengan spect tinggi atau setidak-tidaknya yang terdapat dukungan grafisnya, jangan terlalu pertimbangkan brandnya.
  2. Rata-rata produk PC/Notebook saat ini memiliki ketahanan yang hampir berimbang dari brand terkenal. Rata-rata PC/Notebook yang berusia 5 tahun keatas sudah mengalami kerusakan hardware. Artinya, hampir semua brand PC/Laptop saat ini memiliki ketahanan yang beribang dari segi hardware. Hmm..... Memang tergantung pemakaian dan perawatan anda juga toh.....

C. "Buka Peti" atau "Second".

  1. Kalau anda punya modal sedikit tapi butuh spect tinggi plus graphict berkualitas. Sebaiknya anda mempertimbangkan untuk membeli barang "second". Biasanya harga second itu 2/3 sampai 1/2 dari harga barang baru, tergantung mulusnya casing sih.
  2. Semakin jelek casingnya dipastikan harganya semakin "down".
  3. Sebagus-bagusnya barang second lebih terjamin lagi barang baru bro.....
    Kembali ke dompet dah. :)

D. Windows "Original-legal" atau bajakan atau "Ori-ilegal.

  1. Hmm.... Yang inipun tergantung dompet juga dah....
    Pada dasarnya sama aja sih. Bedanya cuma pada rasa "menghargai karya orang".
  2. Ori-legal, keuntungannya bisa update otomatis sehingga sistem keamanannya selalu terbarukan.
  3. Bajakan, biasanya windows-nya sudah di otak-atik ama si hackers, agar terdapat black hole yang membuat pengguna windows tersebut ketergantungan ama sang hackers. Jadi duitpun bisa ngalir terus ke kantongnya.
  4. Ori-ilegal. Saya rasa ini pilihan terbaik. Download yang versi enterprise, ultimate, pokoke yang versi tinggilah PLUS include service pack. OS versi trialnya (windows instaler.exe) unduh langsung di situs resminya microsoft.com.
  5. Untuk aktivatornya silahkan cari aktivator terpercaya di google. Coba ke kuyhaa-android19.com, yang terakhir ini, saya sudah coba dan HASILNYA SANGAT STABIL

E. Garansi

  1. Kalau anda membeli yang baru, dapat garansi toko atau garansi nasional.
  2. Garansi toko berlaku dan dapat di tukua di toko itu saja. Diluar itu, kartu garansi dianggap kertas biasa.
  3. Garansi nasional berlaku seluruh Indonesia. Dimana service center brand tersebut berada di seluruh Indonesia.

EFISIENSI PC/LAPTOP LIFE TIME

Ini hanyalah harapan lho ..... Pada kenyataan yang saya alami, tahun ke 4 dan ke 5 penggunaan laptop, sudah mulaik mazuk bengkel.
  1. Antara OS-ori dan OS-ilegal.
    Seperti yang saya katakan sebelumnya, Keuntungannya menggunakan windows original adalah:
    x. Gratis : Anda hanya butuh koneksi internet cepat dan kuota melimpah.
    x. Dapat dukungan penuh : pengguanaan MSE/ WDEF
    x. Lebih stabil.
    x. No black hole, yang membuat kita sering-sering service Laptop.
    x. Penggunaannya 99 % seperti aslinya.
    x. Unduh OS versi tertinggi: ultimate atau enterprise.
    HINDARI MEMBELI YANG BAJAKAN HASIL OTAK-ATIK SANG HACKER, Biasanya ini sudah dalam DVD dan marak dijual di pasaran.
  2. Gunakan antivirus standar
    MSE adalah pilihan efisien. Virus 90-an dan virus 20-an tidak akan work jika masuk OS terbaru. Windows 7-ultimate: tidak mungkin di inveksi oleh virusnya windows-xp atau versi lama lainnya.
    Apalagi Windows 8.1 enterprise >> secuil bahkan gak ada musuhnya nich.....
    Jika anda menggunakan antivirus dengan reverensi lama, dijamin tempat ente banyak virusnya.
  3. Game graphic
    Jika PC/Laptop anda sudah include NVIDIA, RADEON, dll, bolehlah menggunakan Graphic dan game. Software yang menggunakan graphic juga Corel Draw terbaru, Photoshop terbaru juga beberapa pemutar video dan lain-lain. Jika PC/Laptop anda tak punya graphic (spesifikasi rendah) sebaiknya anda menghindari pemakaian game besar dan gunakanlah game flash atau portable.
  4. Hard REgistri Cleaner (ASC dan sejenisnya)
    Berdasarkan pengalaman saya: pembersih registri memang membuat PC kita makin ringan dan cepat. Saya dulu pengguna salah satu registry cleaner terbaik. 6 bulan setelah menggunakannya, laptop saya harus diinstal ulang karena beberapa sistemnya gak berfungsi optimal.
    Ini berlangsung sampai 3 tahun dan 6 kali saya instal ulang laptop. Terakhir, saya gak pake registri lagi. Alhasil sampai sekarang laptop saya gak pernah diinstal ulang lagi. :)
    ANALISIS SEMENTARA: Pembersih registyi turut membersihkan registry yang tidak harus dibersihkan sehingga sistem OS saya labil. Ini semakin diperparah karena windows tidak selalu update (Original-ilegal).
    Jika Windows anda selalu update, ini bisa digunakan karena walau kehilangan registry akan ada update untuk mengisi kehilangan tersebut.
  5. Max penggunaan 6 jam.
    Kecuali Komputer anda emang diciptakan khusus untuk digunakan lama: bolehlah.
    6 jam berhenti 15-30 menit baru lanjut lagi.
  6. Jangan maksa.
    Jika software requirement tidak sesuai dengan spesification PC/Laptop anda, sebaiknya jangan di instal. Jika PC/Laptop agan gak punya graphic, sebaiknya hindari pemakaian game dan software grafis tinggi. Gunakan software keluaran yang agak lama dan sesuai dengan spect PC/Laptop anda.
  7. Perhatikan aplikasi yang hendak anda instal.
    Saya pernah menginstal beberapa aplikasi "jadul" yang dulu digunakan untuk OS lama: hasilnya PC/Laptop terasa berat dan lambat. Setelah di Uninstal, barulah ringannya kemarin kembali.
  8. Perhatikan aplikasi yang hendak anda instal.
    Beberapa aplikasi Include dengan toolbar atau aplikasi tertentu yang sebenarnya tidak kita butuhkan. Perhatikan proses instalasi yang sedang berlangsung. Jika ada semacam ijin untuk menginstal toolbar/aplikasi tertentu >> hapus tanda centang yang tertera >> barulah lanjutkan instalasi.
  9. Gunakan theme standard.
    Penggunaan theme atau pointer dengan desain yang istimewa butuh memory dan grafis tidak sedikit. Oleh karena itu, gunakanlah theme dengan perubahan tampilan seadanya. Menggunakan theme desain tinggi terkadang sulit saat hendak uninstal/menghapusnya.
    Jika memang anda memiliki memori dan graphic yang lebih..... bolehlah.....
  10. Gunakan stabilizer.
    PC > Harus menggunakan stabilizer untuk daerah rawan pemadaman lampu dan listrik PLN yang fluktuatif.
    Laptop > Charger laptop adalah stabilizer mini. Khusus untuk daerah rawan pemadaman lampu, sebaiknya baterai-nya jangan dicopot/cabut.
  11. Hindari dari tumpukan, goncangan dan tubrukan yang berlebihan.
Demikian saja ulasan saya tentang efisiensi komputer di rumah. Sudah jelas dah.... :)
Terimakasih