Berdikari di Bidang Pangan - Pertanian dan Peternakan



Indonesia adalah negara yang besar. Kita telah dikaruniai alam yang indah, tanah yang subur dan perairan yang eksotik oleh Yang Maha Kuasa. Janganlah menyia-nyiakan semuanya itu lalu dengan terburu-buru mengekspoitasi alam ini dengan tidak bertanggung jawab. Kerusakan lingkungan yang terjadi di beberapa daerah telah membuat tanah-tanah disana menjadi tandus dan gersang. Selagi tanah yang kita pijak masih bisa ditumbuhi oleh tanaman, baiklah kita memanfaatkan potensi ini untuk menyejahterakan seluruh masyarakat.

Begini teman, marilah kita sedikit membahas masalah kebutuhan manusia di jaman sekarang ini.. Dalam kehidupan sehari-hari ada tiga kebutuhan manusia, yaitu kebutuhan primer, sekunder dan tersier. Yang terutama dan paling banyak dibutuhkan oleh masyarakat adalah kebutuhan primer. Sedangkan kebutuhan primer itu sendiri terdiri dari sembilan bahan pokok (Sembako). Oleh karena itu, pengusaha dibidang ini mutlak harus diayomi, diberdayakan dan dijamin keberlangsungan usahanya oleh pemerintah.

Pengusaha dengan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan sekunder dan tersier tidak perlu terlalu di bela-belain oleh pemerintah. Pelaku usaha dibidang ini rata-rata masyarakat menengah keatas karena itu mereka pasti bisa mandiri dan bertahan. Perhatian pemerintah juga terhadap pelaku usaha dibidang ini seolah terlalu berlebihan dengan dikeluarkannya kebijakan ekonomi yang melindungi ini itu. Padahal orang-orang ini adalah kaum kapitalis yang memiliki cukup modal untuk bersaing ditengah situasi ekonomi yang buruk.

Pengusaha dengan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan primer, kebanyakan berasal dari kalangan menengah kebawah. Mereka adalah para petani dan peternak. Kasihannya mereka ini kurang diperhatikan oleh pemerintah. Ditambah lagi dengan pasokan bibit unggul, pupuk, pelet dan pestisida yang sering terhambat juga kadang tidak tersalurkan dengan baik dan merata. Bagian inilah yang perlu diperhatikan oleh pemerintah, bagaimana caranya mereka ini memperoleh kemudahan.

Edukasi Pengusaha pertanian dan peternakan sangat mempengaruhi hasil produksi. Alangkah baiknya jika pemerintah selalu update ilmu mereka melalui pelatihan dan penyuluhan. Tidak tertutup kemungkinan juga peran pemerintah untuk mendorong penelitian dibidang ini untuk menjamin keberlangsungan hasil produksi ditengah perubahan iklim yang ekstrim saat ini. Penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan Lembaga penelitian dari Universitas di Indonesia harus didukung dan didanai oleh pemerintah agar hasil penelitian mereka dapat dipublikasikan kepada para petani di seantero negeri.

Indonesia harus segera berdikari di bidang pangan karena perannya yang sangat vital bagi kehidupan. Ditambah lagi masalah krisis pangan dunia kelak yang sangat santer dibicarakan ditengah pemanasan global yang terus memburuk dari tahun ke tahun.
Catatan : Berdikari menurut KBBI adalah berdiri di atas kaki sendiri, tidak bergantung pada bantuan orang lain, mandiri.
Demikian saja teman. Salam santun

Referensi : Strategi terbaik perekonomian Indonesia