11 Cara Alami dan cepat menghilangkan bau badan - Efektif mengatasi bau ketek sampai keakar-akarnya



Bau badan adalah semerbak yang menyengat hidung dan membuat setiap orang yang membauinya seolah mau muntah. Mungkin Ada beberapa orang disekitar kita yang bau badannya amat jorok namun kita diam-diam saja didepannya karena segan apalagi jika orang itu lebih tua dari kita. Situasi seperti ini sulit ditebak kapan terjadinya. Sebab semakin banyak orang yang kita temui diluar sana maka semakin sering kita membaui orang lain dan belum tentu semua orang itu nyaman di hidung. Buat mereka yang bekerja diluar ruangan lebih terbiasa terhadap bau-bau yang aneh seperti ini namun bagi yang jarang keluar dan bekerja di belakang meja akan terasa aneh dan mungkin sedikit ilfil.

Bagaimana cara menghadapi orang yang bau badannya sangat tidak menyenangkan untuk baui oleh hidung?

Ada baiknya setiap orang mempersiapkan diri untuk situasi semacam ini. Tidak baik juga kalau kita menjauhi seseorang secara sengaja hanya karena bau badannya berbeda. Coba lakukan hal-hal berikut ini jika berpapasan dengan orang-orang yang badannya berbau apek.

  1. Usahakan untuk tetap tenang dan bersabar
  2. Atur posisi membelakangi arah angin. Bila anda berkomunikasi dengan orang dengan wangi yang aneh dalam waktu cukup lama, HARAP PERHATIKAN arah angin. 
  3. Hadapi dengan senyum aja teman sebab senyuman dapat menyembunyikan kebrukan.
  4. Beritahu dia solusi sehat untuk menghilangkan bau badan seperti yang kita lakukan dalam tulisan ini.

Penyebab bau badan darimanakah?

Sebenarnya, mengapa beberapa orang bau badannya kentara sedangkan orang lain bau badannya tidak tercium sama sekali.. Perbedaan ini sangat tergantung pada pola hidup dan pola makan seseorang. Berikut akan kita bahas selengkapnya.

  1. Kebiasaan merokok. Sadar atau tidak setiap perokok bau badannya sangat jelas tercium.
  2. Kebiasaan meminum alkohol. Percaya deh, kebiasaan mabuk-mabukan membuat bau badan anda semakin menyengat.
  3. Kurang minum air. Cairan yang kurang dalam tubuh akan mengakibatkan air seni dan air keringat yang dikeluarkan lebih kental sebab kaya akan bahan organik. Inilah yang berpotensi menyebabkan bau menyengat itu bisa muncul dari dalam tubuh anda.
  4. Kurang mengkonsumsi garam dapur. Kemampuan bahan ini untuk menghambat dan melisiskan kuman bukan cerita omong kosong. Manfaatnya sebagai pengawet sudah dikenal orang sejak zaman dahulu kala. Apabila dalam setiap keringat yang dikeluarkan tidak mengandung garam niscaya aktivitas pertumbuhan bakteri dan jamur semakin merajalela sehingga menimbulkan bau badan.
  5. Konsumsi makanan berprotein khusus seperti jengkol dan petai.
  6. Kurang makan buah dan sayur. Kebiasaan buruk ini harus ditinggalkan sebab buah dan sayur sangat baik untuk menunjang daya tahan tubuh manusia terhadap kuman penyakit.
  7. Kebiasaan makan dalam jumlah yang berlebih. Sadar atau tidak mengkonsumsi protein dan karbohidrat dalam jumlah yang berlebih akan membuat ginjal kita bekerja ekstra lalu mengekskresikan zat makanan tersebut melalui urin dan juga keringat. Dengan membuang sisa protein/ karbohidrat lewat keringat bakteri dipermukaan kulit akan berpesta dan memfermentasi zat tersebut sebagai bahan makanannya dan juga sebagai gas yang menimbulkan bau menyengat.
  8. Kebiasaan tidak mau mandi. Seharusnya setiap orang wajib mandi 2 kali sehari atau mandi itu setelah mengeluarkan keringat banyak. Agar keringat yang kaya akan bahan organik itu tidak dipecahkan/ dicerna oleh bakteri sehingga menghasilkan gas berbau busuk.
  9. Gagal ginjal. Ginjal yang tidak mampu berfungsi maksimal akan membuat zat makanan yang lewat disana tidak direabsorbsi kembali kedalam tubuh melainkan dibuang seiring sekresi urin dan keringat.

Dari keterangan di atas dapat kita tarik sebuah kesimpulan bahwa bau badan disebabkan oleh karena keringat yang kaya akan bahan organik. Jika keringat menjadi kering (yang kaya dengan protein dan karbohidrat dan zat gizi lainnya) akan menimbulkan bau yang menyengat yang semakin lengkap saja jika orang tersebut tidak mau mandi. Bahan organik yang berlama-lama diatas kulit menjadi daya tarik bagi bakteri untuk difermentasikan sehingga menghasilkan bau yang sangat tidak sedap dihidung orang lain.

Cara efektif dan alami untuk menghilangkan bau badan

Berikut ini kita akan membahas cara cepat yang kita dapatkan dari pengalaman sendiri untuk mengatasi masalah ini, yaitu sebagai berikut.

  1. Hilangkan kebiasaan merokok.
  2. Hindari meminum alkohol dan mabuk-mabukan.
  3. Konsumsi makanan dengan protein berbau khas (misalnya jengkol dan petai) di sore atau malam hari saja dimana anda berada dirumah dan tidak berhubungan dengan orang lain kecuali untuk mereka yang bekerja secara shift atau sedang lembur.
  4. Mandilah setelah anda berkeringat teman. Keringat adalah awal dari bau badan yang sebenarnya.
  5. Ganti pakaian yang telah di basahi oleh keringat dengan yang baru. Setelah mandi, hindari menggunakan pakaian yang sebelumnya telah basah oleh keringat.
  6. Minum air 8-10 gelas perhari (Ukuran orang dewasa) atau 2 liter perhari. \
  7. Perhatikan asupan garam harian anda. Kebutuhannya berada pada kisaran 1/2 - 1 1/2 sendok teh perhari. Jika senyawa ini diekskresikan bersama dengan keringat niscaya pertumbuhan bakteri dapat dihambat sedini mungkin.
    Selanjutnya, Manfaat garam dapur
  8. Konsumsi jumlah makanan/ porsi makan sesuai kebutuhan/ Angka kecukupan gizi harian/ sesuai saran dokter. Gizi yang berlebihan akan diekskresikan menuju kelenjar keringat yang berpotensi menimbulkan bau badan.
  9. Jaga kesehatan dan makan makanan yang seimbang dan beragam. Jangan lupa kebutuhan buah dan sayur harian. Salah satu buah yang murah dan mudah di dapatkan adalah jeruk nipis yang mengandung antioksidan tinggi dan baik untuk menjaga daya tahan tubuh.
    Selengkapnya, Manfaat jeruk nipis
  10. Konsumsi salah satu rempah di dapur anda yakni jahe sebagai salah satu herbal ajaib dengan cara memadukannya dalam setiap masakan anda sehari-hari.

    Apabila dengan cara diatas bau badan anda tidak kujung menghilang. Coba Konsumsi jahe dalam keadaan mentah agar efeknya semakin jelas :
    - Kupas dan bersihkan jahe sebesar 0.5 centimeter
    - Potong kecil-kecil lalu campurkan ke sarapan anda
    - Lakukan hal ini setiap pagi.
  11. Mulailah menerapkan pola hidup sehat alami dari sekarang.

Itu saja dari kita teman. Semoga dengan tips yang telah diuraikan diatas hidup anda menjadi lebih sehat dan orang lainpun lebih nyaman berhubungan dengan anda.

Salam sehat alami!
Referensi : herbal ajaib untuk kesehatan

2 Responses to "11 Cara Alami dan cepat menghilangkan bau badan - Efektif mengatasi bau ketek sampai keakar-akarnya"

  1. Bau badan muncul biasanya diakibatkan oleh keringat, dari keringat maka muncullah bakteri dan kuman yang akan mengeluarkan bau. Jadi, jaga badan tetap sehat, bebas dari keringat, agar tetap adem.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saran yang luar biasa....
      Terimakasih masukannya

      Hapus

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama