11 Cara efektif menghilangkan bau mulut yang tidak sedap - 10 Penyebab mulut berbau dan cara alami mengatasinya



Sehat itu totalitas. Apabila salah satu dari bagian tubuh atau komponen yang terdapat di dalam tubuh kita tidak sehat alhasil yang lainnya juga turut mengalami gangguan. Aktivitas lebih luwes jika tubuh tetap fit. Kesehatan sangat dibutuhkan untuk mendukung hari-hari menjadi lebih baik dan lebih kreatif. Mungkin beberapa kegiatan menjadi terganngu bahkan orang lainpun ikut risih karena sakit yang diderita. Salah satu keadaan itu adalah bau mulut. Gejala ini sering disebut sebagai halitosis dimana bau nafas menjadi tidak sedap (Wikipedia). 

Semuanya karena aktivitas kuman yang berlebihan

Bau mulut yang tidak sedap ditimbulkan oleh manifestasi bakteri yang tidak terkendali di sekitar organ pencernaan (mulut, kerongkongan dan lambung). Keadaan ini juga dapat mengindikasikan bahwa salah satu organ dalam pencernaan sedang kurang sehat. Faktor yang sangat berkontribusi menentukan kuat lemahnya gejala ini adalah daya tahan tubuh dan jenis makanan yang dikonsumsi. Seperti kata pepatah : "Seperti apa makananmu seperti itulah dirimu". Oleh karena itu, selalu perhatikan apa yamg anda makan, jangan asal!

Kemampuan tubuh mengendalikan pertumbuhan kuman sangat menentukan masa depan kesehatan anda. Untuk diketahui bahwa tidak ada bakteri yang tidak dapat dikendalikan oleh tubuh. Apabila tidak dapat, makhluk kecil ini akan menggerogoti kesehatan hingga anda "lewat", cepat atau lambat. Oleh sebab itu anda harus selalu mencari tahu (update informasi) apa-apa saja makanan yang dapat menyokong dan meningkatkan kekuatan daya tahan tubuh.

Yang kadang menjadi penyebab

Sebelum membahas cara mengobati penyakit ini alangkah baiknya jika kita cari tahu terlebih dahulu, apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi, berikut selengkapnya :
  1. Daya tahan tubuh kurang/ lemah.
  2. Kelenjar air liur yang terbatas.
  3. Gigi busuk atau berlubang.
  4. Lambung tidak sehat (asam lambung berlebih, maag dan penyakit perut lainnya).
  5. Dehidrasi (kekurangan cairan).
  6. Kekurangan asupan garam.
  7. Puasa.
  8. Makanan dengan protein khas seperti petai, jengkol dan durian.
  9. Rokok.
  10. Alkohol.
  11. Karena penyakit kronis, salah satunya adalah hepatitis.

 Cara efektif menghilangkannya

Setelah mengetahui faktor apa saja yang memicu keadaan ini, sekarang kita akan bahas bersama bagaimana solusi untuk mengatasi dan menghilangkan bau mulut bahkan bila perlu mencegahnya agar hal itu tidak terulang lagi di hari-hari selanjutnya. Berikut selengkapnya.
  1. Jangan lupa gosok gigi 2x sehari.
  2. Minumlah air minimal 2 liter perhari.
  3. Jaga daya tahan tubuh dengan menambahkan herbal ajaib (yakni bawang merah, bawang putih dan jahe) dalam setiap masakan anda. Ini adalah salah satu alternatif untuk mengendalikan jumlah bakteri di sekitar organ pencernaan.
    Selengkapnya, Herbal ajaib yang membuat umur panjang
  4. Tidak lupa juga untuk senantiasa mengkonsumsi buah dan sayur berwarna yang kaya dengan antioksidan tinggi. Kedua jenis makanan ini akan meningkatkan daya tahan tubuh anda sampai batas tertinggi. Salah satu buah yang sangat mudah diperoleh dan juga dijual murah di pasaran adalah jeruk nipis.
    Baca juga, Manfaat jeruk nipis yang dahsyat
  5. Perhatikan asupan garam harian anda. Setiap orang setidaknya butuh ½ - 1 ½ sendok teh garam perhari.Kemampuan garam untuk menghambat dan membunuh bakteri seharusnya ikut diekskresikan saat mengeluarkan keringat sehingga sehingga kuman tidak berkembang biak pasca keluarnya keringat.
    Berikutnya, Manfaat garam bagi kesehatan
  6. Alangkah baiknya setelah mengkonsumsi makanan dengan protein unik yang berbau, minumlah air perasan jeruk nipis atau jeruk lemon atau jenis jeruk lainnya.
    Anda juga dapat berkumur dengan larutan garam untuk menghilangkan bau mulut dengan cara melarutkan ½ - 1 sendok teh garam dalam segelas air (200 cc). Kemudian berkumurlah dengan larutan tersebut.
  7. Hindari mengkonsumsi bahan makanan dengan aroma menyengat (jengkol, petai, durian dan lain-lain) sesaat sebelum mengadakan pertemuan dengan klien yang membutuhkan kepercayaan tinggi. 
  8. Saat sedang berpuasa, hindari terlalu banyak bicara karena ini akan membuat mulut kering (air liur menipis) sehingga mulut berbau.
  9. Hindari merokok.
  10. Hindari minuman beralkohol.
  11. Lakukan medikal chek-up secara berkala setidaknya 2 atau sekali setahun untuk mengetahui kondisi kesehatan anda secara keseluruhan.

 Jaga kesehatan itu investasi

Demikianlah masukan dari kami. Semua ini mungkin untuk dilakukan oleh semua kalangan, tua, muda, anak dan jompo. Ini tidak membutuhkan sumber daya yang terlalu besar untuk mewujudkannya. Melainkan hanya perlu dibiasakan dan dikerjakan dengan tekun. "Ingatlah bahwa kesehatan itu investasi, mengabaikannya hari ini adalah utang yang harus dibayar di masa depan".

Salam sehat alami!

4 Responses to "11 Cara efektif menghilangkan bau mulut yang tidak sedap - 10 Penyebab mulut berbau dan cara alami mengatasinya"

  1. jangan sampai bau mulut menghantui diri anda dan semakin di jauhi pacar.
    itu faktor kurangnya menjaga kebersihan mulut..
    obat pembesar penis

    BalasHapus

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama