9 Cara Mengobati Batuk & Flu Secara Alami, Murah dan Mudah Dilakukan


Batuk adalah gejala penyakit akibat gangguan di daerah tenggorokan yang kemungkinan disebabkan oleh kuman, bahan kimia atau gangguan patologis lainnya. Penyakit ini dapat dialami oleh semua kalangan dari balita, anak, muda, dewasa dan tua. Tidak ada seorangpun yang hidup didunia ini yang tidak pernah bersin atau batuk. Setiap orang yang kontak dengan udara bebas selalu beresiko menderita batuk-batuk.

Penyebab terjadinya batuk & flu

Udara di sekitar kita telah tercemar luas oleh polusi yang disebabkan aktifitas kendaraan bermotor, pabrik, peralatan rumah tangga (AC dan lain-lain), materi (debu, asap) dan organik (bakteri, jamur, virus) yang berterbangan karena aktifitas manusia. Coba bayangkan bagaimana reaksi paru-paru saat menyedot dan menyaring semua polutan ini. Kalau daya tahan tubuh kita lemah dipastikan umur tidak akan sampai 3/4 umur manusia. Bersin/ batuk hanyalah sebuah gejala dari suatu penyakit, berikut alasan utama terjadinya batuk & flu :
  1. Perkembangan anatomi, bertambahnya diameter kerongkongan/ pita suara karena pengaruh pertumbuhan.
  2. Keadaan lingkungan yang tercemar karena polusi udara.
  3. Adanya orang lain yang menderita batuk & flu disekitar anda.
  4. Daya tahan tubuh kuran baik karena asupan makanan yang kurang sehat.
  5. Kelelahan dan aktivitas yang terlalu padat.
  6. Penyakit kronis, misalnya tbc, pneumonia, dan lain-lain.
  7. Penyakit akut, misalnya radang tenggorokan, ISPA akibat infeksi virus, bakteri, bahan kimia dan lain-lain.

Akibat batuk & Flu

Setiap dari kita, pasti pernah batuk. Kondisi ini tidak menyenangkan untuk melakukan aktivitas di tempat kerja. Pada umumnya penyakit ini disebabkan oleh kuman yang tersebar bebas di udara terbuka. Batuk ini merugikan sekali karena:
  • mengganggu konsentrasi pada umumnya
  • mengganggu proses berpikir
  • rentan galau dan kurang semangat
  • dan ujung-ujungnya semua ini membuat pekerjaan jadi lebih lambat dan berat.

Cara cepat dan alami mengobati batuk. bersin yang akut- Cara I

Pada umumnya bersin-bersin disebabkan oleh infeksi kuman yang mencemari udara. Kebersihan udara tidak bisa kita kendalikan sepenuhnya kecuali berada diruang ber-AC. Gejala akut yang ditimbulkan oleh radang tenggorokan dapat di atasi secara cepat dan alami dengan meningkatkan daya tahan tubuh.

1. Jeruk nipis

Pengobatan yang kita lakukan disini adalah menggunakan bahan alami untuk membunuh kuman penyebab batuk secara langsung. Bahan makanan yang banyak digunakan untuk membunuh kuman secara langsung yang berperan dalam proses sterilisasi, misalnya bahan pengawet ikan, daging dan lainnya adalah asam. Kandungan asam alami yang mudah diperoleh dan tergolong murah harganya, yaitu jeruk nipis. Kaya dengan vitamin c dan bioflavanoid membuat jeruk nipis menjadi pilihan terbaik untuk membunuh kuman dalam tenggorokan secara langsung.

Cara penggunaannya sangat mudah, cukup dengan memotong simetris 1 buah jeruk nipis yang telah tua. Lalu airnya diperas kemudian tambahkan sampai setengah gelas air putih lalu diaduk rata. Langsung diminum saja teman....

Agar lebih efektif, minum ramuan ini di pagi dan sore hari (setelah makan). Jika memang batuk yang anda alami adalah batuk akut karena udara luar yang tercemar oleh kuman maka segera setelah meminum ramuan ini bersin yang anda alami akan segera berhenti.

2. Garam

Senyawa dari NaCl ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Bahkan ia selalu ada dan mendominasi cairan tubuh manusia. Kemampuannya untuk menghambat dan membunuh kuman hampir sama dengan jeruk nipis yaitu sama-sama digunakan untuk mengawetkan makanan. Meminum larutan garam isotonik akan membunuh/ menghilaangkan kuman penyebab batuk yang bersarang di tenggorokan.
Penggunaannya cukup mudah, yaitu sebagai berikut.
  • Siapkan garam laut asli yang bentuknya kasar, tidak mengandung pengawet, pewarna, pemutih, perisa dan tidak basah.
  • Sediakan air putih hangat atau panas sebanyak 200 mL.
  • Tambahkan garam sebanyak kurang lebih 3 g (1/2 sendok teh).
  • Aduk hingga merata.
  • Minumlah larutan tersebut sambil berkumur dan sambil di telan.
Hanya dengan larutan sodium klorida ini batuk & flu bisa sembuh seketika asalkan itu termasuk batuk akut yang mengganggu jalan napas bagian atas. Akan tetapi jika sumber penyakitnya/ kumannya berasal dari dalam paru-paru (penyakit kronis, TBC, Pneumonia) maka anda butuh cara kedua, seperti dibawah ini :

Cara alami menyembuhkan batuk kronis akibat paru-paru yang tidak sehat - Cara II

Penyakit ini disebabkan karena bakteri yang terdapat dan sudah bersarang lama dalam paru-paru. Prinsip pengobatannya adalah meningkatkan kualitas dan kuantitas daya tahan tubuh dengan cara merangsang dan meningkatkan pelepasan sel darah putih berkualitas oleh sum-sum tulang belakang. Pengobatan ini dilakukan secara tidak langsung dan bersifat lambat.

Pengalaman pribadi menderita TBC

Dahulu, penyakit ini pernah meradang selama bertahun-tahun. Setiap kali udara dingin pasti batuknya kambuh lagi yang disusul dengan sesak napas. Banyak obat dikonsumsi tapi tidak pernah sembuh total hanya gejalanya lebih ringan.

Terakhir, pas hidup di perantauan dimana kebutuhan harus selalu di minimalisir (bila perlu tidak ada pengeluaran :D). Akhirnya, ketika musim pancaroba datang, batuk itu kambuh lagi dengan tekanan dan gejala yang sangat kuat bahkan sampai berdarah-darah.

Batuk berdarah ini di Indikasikan sebagai TBC dimana penampakan paru-paru secara foto ronsen secara jelas berjejas dengan bercak yang kelihatan jelas. Inilah dasar dokter menyarankan untuk melakukan pengobatan DOT (paket pengobatan TBC) ke Puskesmas terdekat.

Pengobatan DOT punya jangka waktu yang panjang (6 bulan). Sangat melelahkan mengkonsumsi obat dengan ukuran besar (2 kali ukuran parasitamol biasa) dan effect obat yang jelas berupa keringat bau, BAK dan BAB berwarna. Petugas kesehatan memberi arahan dengan jelas dan tegas bahwa "Jika konsumsi obat bolong-bolong maka bakterinya akan resisten alhasis pengobatannya juga lebih berat".

Tekun dan displin bersama DOT dengan diawasi oleh orang tua menjadikan paru-paru ini sehat kembali. Lega rasanya bernapas dan pekerjaanpun jadi lebih lancar. Tapi, karena tempat tinggal kita berupa areal terbuka (bukan perumahan yang tertutup) dimana jalan raya didepan dan selokan yang terbuka di belakang membuat penyakit ini datang lagi dengan tiba-tiba dan sangat cepat.

3. Cara alami mengobati batuk kronis termasuk TBC

Gejala yang sama terulang lagi dimulai dari yang lebih ringan berupa batuk kecil yang berulang-ulang. Beruntunglah saya, secara tidak sengaja menemukan pengobatan tradisional rahasia turun temurun yang telah lama terlupkan, yaitu bawang merah, bawang putih dan jahe. Langsung saja manfaat kedua herbal ajaib ini yang saya rasakan luar biasa berupa :
  • Meredakan bahkan menyembukan batuk. Penyakit yang menahun akan membutuhkan waktu untuk bisa sembuh.
  • Meredakan bahkan mengobati asma.
  • Mengatasi bahkan menyembuhkan bercak paru (pneumonia).
  • Meredakan bahkan menyembuhkan paru-paru basah.
  • Memperbaiki daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan resistensi paru-paru dari polusi (termasuk asap)
Dua herbal ajaib ini membuat hidup lebih sehat dan segar. Manfaat lengkap dengan cara penggunaan herbal ajaib ini silahkan berkunjung dimari. Herbal ini bekerja cepat dengan metode penyembuhan sebagai antibiotik natural (bawang merah) yang membunuh kuman kemudian merangsang sel-sel organ untuk membelah diri (bawang putih), tumbuh dan memperbaiki kerusakan sendiri. Kondisi tubuh menjadi lebih baik setelah seminggu mengkonsumsinya.
Cara pemakaiannya :
  • Persiapkan bahan, 2 siung bawang merah dan 2 siung bawang putih dan jahe sebesar ibu jari. (BB = 70 kg).
  • Cuci bersih ketiga herbal tersebut.
  • Potong-potong lalu campurkan ke makanan yang telah matang, bisa di nasi atau sayur
  • Lakukan hal yang sama sekali sehari. Lakukanlah pada malam hari sebab aktivitas bertemu dengan orang lain minim di malam hari.
  • Hasilnya akan terasa setelah 7 - 14 hari atau lebih (tergantung derajat keparahan batuk)

Cara lanjutan mengobati batuk & flu

Berikut Kebiasaan positif yang juga turut mencegah batuk dan menyehatkan paru-paru adalah :

4. Konsumsi makanan yang seimbang.

Makanan yang seimbang merupakan makanan dengan jumlah yang sepadan dengan pemasukan dan jumlah energi yang dikeluarkan. Dimana kebutuhan sayuran, buah dan daging juga karbohidrat mencukupi. Tidak membuat anda mengalami obesitas (jumlah yang berlebihan) dan juga tidak membuat anda kelihatan lebih kurus (jumlah yang terlalu sedikit). 

5. Menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

Kebersihan lingkungan sangat menentukan kesehatan anda. Bebaskan lingkungan dalam dan luar rumah anda dari berbagai jenis sampah organik. Bersihkan secara rutin setidaknya satu sampai dua kali sehari. Jangan biarkan sekitaran rumah anda mengalami genangan air sebab tempat-tempat yang lembab adalah sarang penyakit.

6. Cuci tangan sebelum dan sesudah makan.

Proses makan dan minum selain memasukkan nutrisi ke dalam mulut dan organ pencernaan dalam juga beresiko tinggi menjadi salah satu jalan masuknya penyakit salah sataunya adalah batuk dan flu. Jika anda dapat menjaga kualitas makanan dan minuman yang dikonsumsi dan juga mencuci tangan sebagai salah satu alat untuk memasukkan bahan-bahan konsumsi. Cucilah tangan anda sesudah dan sebelum makan, juga sesaat setelah buang air kecil dan buang air besar.

7. Hindari merokok dan jauhi perokok aktif.

Rokok adalah asap beracun. Semakin lama anda merokok aktif maupun pasif maka semakin jelas penyakit yang anda derita terkecuali anda selalu melakukan tindakan detoksifikasi. Jika anda tidak terbiasa melakukannya dan mungkin terkadang mengalami banyak hal-hal yang melemahkan kondisimu seperti batuk, flu, sesak napas dan berbagai-bagai macam gejala gangguan lainnya.

8. Hindari tiduran dilantai tanpa alas.

Tiduran dilantai itu enak dan nyaman, mungkin karena rasanya dingin ditambah dengan suhu udara/ cuaca yang agak kepanasan. Ini kebiasaan yang tidak baik dan bisa membuat anda mengalami penyakit sebab lantai adalah tempat yang kotor dan berkuman jika anda tidur dekat dengannya maka banyak mikroorganisme yang mungkin masuk ke dalam paru-paru anda. Terlebih lagi ketika suhu udara yang dingin penetrasi ke dalam kulit dan paru-paru, bisa-bisa alergi anda kambuh (bagi yang alergi dengan udara dingin). 

9. Gunakan mantel/ jeket saat hujan atau udara dingin.

Bagi anda yang tidak terbiasa berada dalam udara dingin maka alangkah lebih baik jika kebiasaan ini ditindaklanjuti dengan menggunakan jeket. Demikian juga saat anda melakukan perjalanan jauh dan menggunakan motor, alangkah baiknya jika melamakai jeket. Saat hujan terjadi di jalan, jangan sungkan untuk menggunakan mantel sebab kesehatan anda lebih penting ketimbang gengsi anda yang kepedaan.

Demikian saja. Salam luar biasa!

0 Response to "9 Cara Mengobati Batuk & Flu Secara Alami, Murah dan Mudah Dilakukan"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama