10 Alasan Penyebab Mata Mudah Lelah




Mata adalah organ navigasi terpenting selama kita hidup. Memang, kelima indra kita bisa saja berperan sebagai navigasi tetapi peran terpenting dan terbesar terletak di indra ini. Hampir semua aktivitas yang kita lakukan membutuhkan organ ini. Indra lainnya yang turut berperan menentukan arah dan keseimbangan adalah telinga. Karena itulah setiap pembuatan komponen robotika, maka indra yang mau tidak mau harus dilengkapi adalah penglihatan dan pendengaran. Sedangkan tiga indra lainnya bisa ditiadakan. Keadaan ini jugalah yang membuat robot tidak seperti manusia sebab panca indranya yang aktif jauh lebih sedikit dari apa yang dimiliki oleh manusia.

Pernahkah anda membayangkan, bagaimana jadinya hari-hari anda kanpa melihat sesuatu yang ada di dunia ini? Saat itu terjadi, tidak ada sesuatu yang dapat kita amati dengan mata-kepala ini. Semua yang ada di depan kita adalah hitam pekat terkecuali jikalau mampu membayangkan sesuatu yang lain dari dalam pikiran sendiri. Tapi tahukah anda apa manfaatnya ketika mata tertutup dan tidak mampu melihat sesuatu di dunia ini? Manfaat utamanya adalah kemampuan untuk mengkonsentrasikan pikiran menjadi lebih baik. Ketidakmampuan melihat juga turut membuat hawa nafsu di dalam hati lebih kecil. Dimana semuanya ini akan berimbas pada kemampuan untuk fokus kepada Tuhan yang semakin lama semakin baik dan berkualitas.

Jangkauan mata yang luas, tinggi dan lebar merupakan sebuah keuntungan sekaligus suatu kerugian. Beruntung karena kita bisa melihat lebih jauh ke depan sehingga dapat melakukan antisipasi lebih dini. Merugi karena tidak semua hal yang ada di depan akan menghampiri kita, padahal kita sudah kuatir/ takut duluan. Oleh karena itu, jangan terlalu jauh memikirkan masa depan: tidak semua hal yang dipikirkan atau disusahkan akan menjadi beban. Terkadang semua kekuatiran/ ketakutan kita tentang hal-hal yang jauh disana tidak serta-merta terjadi, mungkin saja itu hanya akumulasi rasa cemas yang  tak pasti.





Faktor penyebab indra penglihatan cepat lelah

Jika mesin-mesin mekanik buatan manusia saja membutuhkan istrahan maka demikian juga tubuh manusia termasuk panca indra. Saat indra penglihatan anda lelah maka itu artinya sudah saatnya beristirahat dari aktivitas yang sedang di lakukan. Hindari melanjutkan pekerjaan melainkan berupayalah untuk mengisterahatkan mata sejenak. Ambil posisi santai, sandarkan badan di punggung kursi lalu tutup mata selama 5-10 menit saja. Berikut ini akan kami jelaskan seadanya, alasan mengapa organ penglihatan cepat lelah.



1.  Digunakan tanpa berkedip.

Beberapa orang terkadang lupa untuk mengedipkan matanya karena terlalu asyik menonton sesuatu. Keadaan ini diawal-awal memang tidak masalah tetapi bisa berakibat pada kondisi mata yang terlalu cepat capek, padahal mungkin saja anda baru menggunakannya selama 15 atau 30 menit yang lalu.

2.  Terlalu kering kawan-kawan.

Mengapa permukaan bola mata kering terlalu cepat? Biasanya keadaan ini disebabkan karena produksi air mata yang cenderung berkurang. Atau sekalipun produksinya banyak tetapi mudah menguap. Oleh karena itu, yang anda butuhkan adalah larutan garam isotonik yang ada manis-manisnya. Larutan ini dapat memperlancar sekresi kelenjar dan air mata yang dihasilkan tidak mudah kering.

3.  Terlalu lama digunakan di depan laptop/ komputer.

Mungkin karena keasikan nonton film terbaru yang lumayan populer tetapi kualitasnya masim CAM atau HDCAM. Bisa juga karena terlalu kasyikan online terus di media sosial. Mungkin juga terlalu lama di depan untuk mempelajari sesuatu yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti menjadi programer, mengetik di MS. WORD, menulis kode, PHP, CSS, HTML dan lain sebaginya. Alhasil kebiasaan nonstop semacam ini cenderung membuat mata mudah lelah. Sadarilah bahwa untuk berbahagia, tidak hanya ditempuh dengan menikmati hidup (misal menonton film) tetapi bisa juga dengan senantiasa fokus kepada Tuhan (doa, firman dan nyanyian pujian), mempelajari sesuatu dan bekerja sesuai bakat/ kemampuan/ kesanggupan masing-masing juga selalu berupaya melakukan kebaikan disela-sela semua aktivitas tersebut..

4.  Saat memakai handphone/ smartphone/ tablet: gadget secara maraton.

Terlalu asyik menggunakan smartphone, mungkin biasanya untuk sekedar chatting, sosial media, mengirim pesan (SMS, MMS) dan lain sebagainya. Semua aktivitas ini pada dasarnya tidak merusak indra penglihatan terkecuali jika melakukannya secara maraton. Salah satu kebiasaan lainnya yang memaksa kita untuk menggunakan gadget secara terus-menerus adalah saat bermain game. Semakin anda candu dengan aktivitas di depan smartphone/ tablet maka semakin besar kemungkinan yang membuat mata mudah kelelahan. Saat ada waktu luang, tidak hanya bisa dihabiskan dengan cara ngetam terus di depan alat elektronik yang anda miliki. Waktu luang bisa juga dihabiskan dengan berkomunikasi dengan sesama, jalan kaki di taman, keliling kota naik sepeda, pergi ke tempat-tempat yang indah dan penuh inspirasi lainnya.

5.  Saat terlalu lama berada di depan televisi.

Bagi mereka yang sangat suka menonton televisi terutama sinetron, rality show, film dan lain sebagainya. Aktivitas ini memang baik adanya tetapi terlalu ketergantungan menyaksikan itu semua beresiko membuat waktu lebih banyak dihabiskan di depan layar kaca. Akibatnya, mata mengalami kelelahan karena seharian menonton televisi. Apalagi kalau tiba hari libur maka kecenderungan untuk menonton lebih tinggi. Sebenarnya masih banyak aktivitas positif yang dapat anda lakukan, seperti mempelajari sesuatu, membersihkan kamar, rumah, halaman dan lain sebagainya.

6.       Kekurangan cairan/ kurang minum air.

Cairan itu penting bagi mata anda sebab permukaannya harus selalu dibersihkan dari berbagai macam polutan, debu, debris dan partikel kecil lainnya. Oleh karena itu, usahakan untuk mengkonsumsi air 2 liter atau 8-10 gelas per hari untuk menjaga kadar air dalam tubuh sekaligus menjaga kelembaban permukaan organ ini.

7.       Saat sedang kurang elektrolit.

Garam adalah mineral ajaib yang sangatlah penting untuk menjaga stabilitas asam-basa dalam tubuh anda. Natrium juga dimanfaatkan untuk menjaga kadar cairan tubuh agar air tidak mudah di ekskresikan secara berlebihan oleh kelenjar keringat maupun lewat urin. Sodium klorida juga membuat air matamu tidak cepat kering walau beraktivitas di daerah panas/ di bawah terik matahari. Konsumsi garam minimal 0,9 gr per hari atau setara dengan satu setengah sendok teh. Anda bisa saja mengkonsumsinya lebih asalkan dalam kadar isotonik. Menambahkan garam dalam setiap air minum anda membuatnya terasa ada manis-manisnya: ini adalah pertanda bahwa kadarnya sudah isotonik.

8.       Hanya belum terbiasa saja.

Misalnya saja, anda terbiasa tidur pukul sembilan malam. Tetapi, tiba-tiba saudara di rumah sedang berpesta merayakan acara pernikahannya hingga larut. Lantas ketika jam menunjukkan pukul 09.00 atau  09.30, indra penglihatan andapun mulai melemah lalur redup dalam ramainya suasana. Jelaslah bahwa aktivitas yang tidak biasa kita lakukan cenderung akan berakhir dengan kelelahan (kehabisan energi) hingga tertidur pulas.

9.       Ketika kantuk mula datang.

Mengapa manusia mengantuk? Mungkin saja itu sudah waktunya untuk tidur. Bisa juga karena penggunaan energinya sudah mencapai batas maksimal lalu habis. Terkadang, ini juga bisa disengaja untuk menghindari sesuatu yang tidak diinginkan hati. Sudah otomatis setiap rasa ngantuk datang maka keadaan ini juga akan diiringi dengan mata yang lelah dan ingin segera memejamkannya.

10.    Masih terlalu muda.

Sudah otomatis kemampuan anak kecil/ remaja untuk tetap melek saat larut telah tiba cenderung sudah tertidur. Terkecuali saat anak tersebut tiba-tiba mimpi, berjalan kesana-kesini lalu tidur lagi. Orang dewasa yang sudah terbiasa dengan dinas malam tentu saja lebih baik bila disuruh begadang hingga larut. Tetapi sekalipun demikian, usahakan jangan begadang kecuali untuk sesuatu yang sangat penting.

Ada banyak Faktor yang menyebabkan mata lelah. Keadaan ini bisa saja karena umur masih terlalu muda, belum terbiasa, lupa berkedip karena terlalu serius, maraton di depan layar LCD dan lain sebagainya. Pada dasarnya energi yang digunakan untuk melihat sifatnya relatif. Mengapa penglihatan anda normal-normal saja saat beraktivitas seperti biasa tetapi mengapa saat berada di depan layar LCD, setengah jam digunakan sudah lelah sangat. Anda harus mampu mengoreksi kejadian tersebut dengan membandingkannya dengan faktor-faktor di atas. Simak juga, Tips menghilangkan kantung mata.

Salam sehat alami!

1 Response to "10 Alasan Penyebab Mata Mudah Lelah"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama