8 Cara Membuat Sirup Madu, Sederhana Tapi Nikmat Tak Terlupakan





Dalam satu tahun ada banyak hari libur yang dijalani oleh seluruh masyarakat Indonesia. Itu terjadi karena Indonesia adalah salah satu negara yang mengakui banyak agama. Kalau tidak salah, ada lima agama yang di akui oleh negara kita sehingga setidak-tidaknya ada terdapat lebih dari lima hari libur dalam satu tahun. Ini memang bagus adanya sebab dari keadaan tersebut, kita beroleh banyak hari libur untuk menyambut hari tertentu yang betepatan dengan hari besar keagamaan.

Berbeda itu baik asalkan setara

Pluralisme bukanlah suatu masalah. Lihatlah alam sekeliling kita, bukankah hewan dan tumbuhan yang terdapat di sana juga beragam? Alam sekitar kita memberikan contoh keberagaman yang jelas, itu adalah ilmu pengetahuan yang diajarkan oleh Tuhan. Tetapi berhati-hatilah menanggapi situasi ini sebab alam sekitar yang tidak menjunjung tinggi kesetaraan syarat dengan seleksi alam. Oleh karena itu dalam hal kekuatan kita perlu meniru kesetaraan pelangi. Mereka banyak warnanya dan sangat beragam tetapi ukuran dan arah yang dibentuknya adalah setara, serentak dan sejajar.

Kebutuhan akan sirup dapat dipenuhi kapanpun dan tidak ada aturan untuk itu

Biasanya orang Indonesia tidak suka meminum sirup setiap hari. Orang-orang semacam ini termasuk kami didalamnya. Lagipula kalau setiap hari meminumnya akan terkesan bosan lagi boros. Jadi, membeli minuman yang enak-enak semacam ini hanya dilakukan saat ada hari-hari besar keagamaan atau saat ada hajatan tertentu di rumah. Misalnya saja saat ada momen tertentu yang membuat saudara atau tetangga satu lingkungan berkumpul: PA, hajatan, arisan dan lain sebagainya. Jadi tidak ada sebuah nilai tetap atau waktu khusus dimana kita harus atau tidak harus membelinya melainkan semua sesuai kebutuhan.

Adalah baik untuk menikmati hidup secara fluktuatif

Kebiasaan kita yang hanya membeli sirup saat hari-hari besar datang membuat hidup ini lebih indah. Menikmati hidup secara fluktuatif adalah cara yang paling ampuh untuk terhindar dari kejenuhan. Pernahkah anda ke pantai melihat gelombang lautan? Coba bayangkan, bagaimana rasanya ketika gelombang airnya tidak ada alias semuanya datar saja dari ujung ke ujung? Bukankah itu akan terlihat membosankan? Jadi dari sini kita belajar betapa pentingnya menikmati hidup secara fluktuatif. Jika mata saja bisa melihat keindahan dibalik gelombang lautan maka demikian jugalah dengan indra kita yang lain, membutuhkan gelombang agar tetap segar-bugar menikmati/ mencitrakan segala sesuatu yang ada.

Pengertian sirup

Sirup menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (versi luar jaringan) adalah (1) air gula agak kental, terkadang diberi esens dan diwarnai; setrup; (2) obat berbentuk cairan berasa manis. Bila kita bahasa lebih dalam lagi, apa sebenarnya yang terkandung di dalam minuman ini? Jika anda berkesempatan melirik kesana, yaitu tepat di bagian luar kemasannya maka akan mengetahui komposisinya. Rata-rata mengandung pemanis buatan, perisa/ penguat rasa, pewarna, pengawet dan air. Rata-rata perusahaan pengemasnya (yang memproduksinya) tidak memberikan dengan jelas berapa jumlah pemakaian perhari berdasarkan AKG.

Hati-hati, hindari konsumsi berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan

Jelaslah bahwa segala sesuatu yang berlebihan adalah tidak baik bagi kesehatan luar-dalam dan jasmani juga rohani. Seperti yang anda lihat bahwa kandungan di dalam sirup rata-rata berpengawet, penyedap rasa dan pewarna buatan. Sadarilah bahwa semua bahan-bahan ini jelas tidak baik jikalau terus-menerus menumpuk secara berlebihan di dalam tubuh. Oleh karena itu, mengkonsumsinya secara terkontrol adalah solusi untuk melepaskan diri dari bahaya yang mungkin diakibatkannya. Bahanya penyakit yang biasanya diakibatan oleh bahan kimia adalah lidah lecet, tenggorokan terasa kering (terjadi perubahan pH signifikan), ginjal rusak, diabetes, penyakit jantung, darah tinggi, tumor dan kanker.

Adalah cerdas bagi anda untuk mematuhi beberapa aturan khusus untuk menjaga diri sendiri dari gangguan kesehatan. Jangan sampai, makanan dan minuman yang seharusnya menunjang kesehatan malahan membuatmu sakit. Seperti yang kami katakan sebelumnya, adalah baik bagi anda untuk mengkonsumsinya secara fluktuatif. Hindari meminumnya satu botol per hari (hanya seorang diri saja menghabiskannya), tindakan semacam ini jelas sangatlah berlebihan. Hindari menambahkannya dalam setiap gelas air yang anda minum. Pastikan untuk lebih banyak mengkonsumsi air dari pada sirup di setiap hari yang dijalani. Dan terakhir adalah jagalah asupan garam bagi tubuh dari waktu ke waktu.

Apa itu sirup madu?

Sirup madu sebenarnya sama dengan minuman berperisa lainnya. Hanya saja memiliki rasa yang lebih kentara dengan nikmat manis alamiah sebotol madu. Pernahkah anda mengkonsumsinya selama ini? Rasanya terlihat/ terdengar seperti sirup biasa pajak. Pernahkah anda mengkonsumsinya selama ini? Rasanya terlihat/ terdengar seperti sirup biasa tetapi ada bahan alami yang membuatnya lebih nikmat hingga berasa seperti madu yang nikmatnya luar biasa. Oleh karena itu kami sarankan bagi anda untuk membaca tulisan ini sampai selesai untuk mengungkap kebenaran alamiah tersebut.

Cara membuat sirup madu yang nikmat tak terlupakan

Saat hari liburan tiba, semua orang pada bersiap-siap. Demikian juga dengan ibu di rumah, ia tidak lupa mempersiapkan berbagai makanan dan minuman yang enak-enek untuk dikonsumsi di hari besar tersebut. Kebetulan sekali juga saat-saat itu bertepatan dengan hari libur keagamaan bagi salah satu agama di Indonesia. Salah satu benda yang unik dan selalu ada disaat-saat seperti ini adalah adalah sirup. Berikut ini akan kami sampaikan beberapa resep rahasia untuk membut sirup semanis madu.
  1.  Belilah jenis sirup yang sesuai dengan budget/ uang yang dimiliki.
  2. Jika memang memungkinkan, belilah sirup yang warnanya tembus pandang (agak bening) dan kental. Tetapi ini kalau uang anda memang mencukupi, bila tidak, yang biasa sajapun tidak masalah.
  3. Anda bisa membeli susu sebagai campurannya agar berasa lebih nikmat. Selain memberi rasa yang nikmat susu juga turut menambah nilai gizi yang terkandung dalam minuman tersebut.
  4. Bisa juga membeli buah-buahan kaya air sebagai isinya. Misalnya adalah semangka, timun, durian (kalau ada) dan lain sebagainya. Ini akan menambah rasa dan nilai gizi minuman tersebut. Selain itu, pilihlah sirup yang sesuai dengan buah yang anda gunakan. Tetapi untuk lebih general, rasa cocopandan adalah pilihan yang bisa digunakan untuk semua jenis buah.
  5. Garam . Ini merupakan perisa alamiah yang memberikan rasa yang sangat kuat. Ia seperti penyedap rasa tetapi gratis dan murah-meriah. Selalu ingat untuk menggunakannya dalam kadar isotonik sehingga memberi rasa manis nikmat yang khas.
  6. Cara membuatnya. Tambahkan garam dan minuman perisa ini (sirup) secukupnya. Kemudian tambahkan juga air. Jika anda menginginkan sensasi dingin dapat menambahkan es batu atau bisa juga dengan menggunakan air es yang biasanya diperoleh dari dalam kulkas atau dispenser yang menyediakan tipe air "cool." Minuman siap disajikan....
  7. Cara membuatnya dalam jumlah banyak. Sediakan wadah yang lebih besar (misal teko atau ember atau baskom). Tambahkan garam secukupnya lalu air. Tambahkan minuman perisa (limonade) secara bertahap sambil aduk sampai rata campuran tersebut. Setiap tahapan penambahan cobalah minuman tersebut, apa sudah berasa manis madu atau masih kurang sirupnya. Setelah itu anda bisa menambahkan es batu kedalamnya. Minuman siap disajikan....
  8. Cara membuatnya untuk penambahan jenis buah tertentu, sebaiknya gunakan buah-buahan tanpa biji halus, misalnya mentimun, semangka tanpa biji, durian, sirsak. Jika masih mengandung biji maka pisahkan daging dan bijinya terlebih dahulu. Kemudian setelah sirup, garam dan air disatukan lagi diaduk sampai rata. Baru setelah itu tambahkan juga daging buah yang terlebih dahulu telah anda parut atau telah dipisahkan dari bijinya. Minuman siap disajikan....
Sirup yang ditambahkan dengan garam membuat rasa minuman lebih nikmat seperti ada madunya. Ini adalah sebuah terobosan yang murah, mudah dan enak untuk menyajikan minuman dengan rasa yang lebih otentik sampai menembus ulu hati hingga sulit untuk dilupakan. Tidak hanya itu saja minuman ini juga sangat cocok untuk menghilangkan dahaga karena mengandung bakal elektrolit yang bisa menggantikan cairan tubuh yang keluar lewat keringat dan urin. Oleh karena itu, jangan berpikir bahwa madu hanyalah makanan istimewa dari bangsawan dan orang kaya-raya melainkan orang sederhana seperti kita juga bisa menikmatinya asal tahu caranya. Simak juga, Tips menambah kenikmatan minuman.

Salam sederhana tapi nikmat!

0 Response to "8 Cara Membuat Sirup Madu, Sederhana Tapi Nikmat Tak Terlupakan"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama