+10 Manfaat Laptop Dalam Kehidupan Untuk Mendukung Pekerjaan Sehari-Hari


Manfaat Laptop Untuk Mendukung Aktivitas Sehari-Hari

Mesin adalah musang berbulu domba

Teknologi adalah musang berbulu domba yang dengan sengaja ditempatkan di sekitar kita. Entah itu sengaja ada, maupun tidak disengaja karena hal tersebut telah ditempatkan di dekat kita tetapi bukan untuk diri ini melainkan untuk orang lain. Hal yang tidak disengaja ini, bisa mendatangkan manfaat dan mungkin juga berperan mencobai diri ini. Apapun yang terjadi, selalu pastikan bahwa semuanya ditanggapi dengan santai. Nikmatilah semuanya itu sebagai sebuah karunia, entah itu baik atau buruk sebab semuanya bermanfaat untuk mendatangkan kebaikan dalam kehidupan kita. Keburukan sekalipun jika mampu dihadapi sambil beradaptasi sembari tetap melakukan aktivitas positif: fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja; niscaya akan mendatangakan pendewasaan.

Uang yang terlalu banyak awal dari keserakahan dan bencana alam

Sayang sekali, sistem yang terlalu melepaskan lebih banyak uang ke tangan manusia cenderung membuat masyarakat semakin bebas membeli dan memiliki mesin. Padahal, mesin-mesin inilah yang melepas berbagai polutan ke lingkungan sehingga membuat udara cenderung semakin padat. Saat kerapatan udara tinggi maka besar kemungkinan sinar matahari menjadi lebih terasa panasnya. Bencana pemanasan global pun berangsur-angsur akan terus terjadi. Oleh karena itu, pembatasan kepemilikan uang harus segera disusun oleh pemerintah. Diperlukan juga skema khusus demi membatasi manusia memiliki mesin sebab uang yang banyak membuat seseorang semakin serakah terhadap mesin . Sadarilah bahwa kepemilikan mesin yang terlalu banyak merupakan awal dari kerusakan lingkungan hingga timbulnya bencana alam dan bencana kemanusiaan.

Mesin adalah ancaman peradaban kehidupan manusia

Teknologi mesin adalah perwujudan dari bencana ilmu pengetahuan yang telah dari awal dilarang Tuhan untuk dimanfaatkan oleh manusia. Sejak dari semula, setelah masa penciptaan berakhir, manusia di tempatkan di Taman Eden, Tuhan telah memperingatkan manusia dengan sangat untuk tidak mengkonsumsi Buah Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat. Sebab “tepat saat mengkonsumsinya maka kita akan mati!” Demikianlah kematian itu terus berlangsung sampai sekarang, mesin-mesin yang kita hasilkan telah menjadi penyebab utama timbulnya pemanasan global hingga mengakibatkan bencana alam dan bencana kemanusiaan. Selama pemerintah belum mengatur secara rinci tentang pemanfaatan sumber daya dan kepemilikan teknologi maka selama itu pula kehidupan masyarakat luas selalu berada di ujung bencana.

Teknologi penunjang pekerjaan kantor

Terlepas dari segala bencana yang ditimbulkannya oleh karena jumlah yang lebay di tengah masyarakat, pada tulisan ini kami hendak membahas manfaat teknologi bagi kehidupan umat manusia. Salah satu teknologi yang cukup mumpuni yang dimiliki oleh masyarakat adalah laptop. Komputer mini yang satu ini sangat portable, mudah dibawa-bawa, bisa diaktifkan dimana saja dan dapat mengerjakan tugas secara beragam.Sebenarnya kontribusi yang dapat diberikannya hampir-hampir bersamaan dengan fungsi smartphone tetapi perannya lebih untuk mengerjakan tugas-tugas kantor. Jika smartphone lebih banyak dimanfaatkan untuk mengakses internet dan menghibur diri sendiri maka mini notebook ini lebih diberdayakan untuk menyelesaikan tugas-tugas kantor.

Pengertian

Laptop adalah minikomputer yamg dapat dibawa kemana-mana dan memungkinkan dipakai kapanpun yang memiliki teknologi serba mikro tetapi memiliki papan ketik yang dapat digunakan sepuluh jari untuk membuat berbagai dokumen perkantoran. Smartphone memang memiliki teknologi yang lebih mikro tetapi papan ketik yang dimilikinya hanya dapat digunakan dalam pola mengetik sebelas jari (dua jari saja). Selalu sadari bahwa segala bentuk mesin adalah pedang bermata dua yang dapat dimanfaat untuk hal positif dan hal negatif. Semakin tinggi kesadaran terhadap kenyataan tersebut, semakin waspada pula para pemakainya saat menggunakannya

Khasiat notebook (laptop) untuk kehidupan sehari-hari

Tidak ada teknologi yang tidak bermanfaat, semakin mengerti seseorang terhadap cara penggunaannya maka semakin baik pula pemanfaatannya. Akan tetapi, untuk apa memiliki laptop bila tidak mampu mengoperasikannya? Ada tiga software (aplikasi) yang harus ada dalam setiap minikomputer ini, yaitu Microsoft Word, Microsoft Office dan Microsoft Power Point. Ketiganya adalah aplikasi dasar yang sering digunakan oleh anak sekolah, anak kuliahan dan pegawai kantoran (pemerintah maupun swasta). Berikut ini hal-hal mendasar yang dapat kita lakukan saat memiliki notebook.
  1. Membuat dokumen umum.

    Seperti yang kami katakan sebelumnya bahwa Ms. Word adalah salah satu aplikasi yang paling umum digunakan saat mejeng di depan laptop. Anda bisa membuat dokumen berdasarkan contoh yang sudah ada atau membuatnya menurut kreasi sendiri. Untuk contoh awalnya, semua berdasarkan kebijakan dari instansi/ perusahaan masing-masing atau bisa menemukannya di internet (berdoa aja semoga ada).
  2. Membuat tabel.

    Ada banyak aplikasi pembuatan tabel tetapi yang paling populer adalah Microsoft Excel. Fitur yang disajikan olehnya sangat bergam, seolah para perancangnya telah mengatahui seperti apa dokumen yang hendak kita buat. Perancangnya memberikan “bilah alat khusus” untuk membantu pengguna membuat tabel sesuai dengan yang dikehendakinya.
  3. Membuat presentasi.

    Aplikasi lainnya yang tidak kalah familiar saat menggunakan minikomputer ini adalah Ms. Power Point. Fungsi utamanya untuk menampilkan berbagai bentuk presentasi halaman per halaman kepada khalayak luas (dalam kapasitas tertentu) melalui jalur proyektor. Tampilannya dapat dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi animasi hidup yang lebih menarik untuk disaksikan bersama-sama.
  4. Melakukan perhitungan matematika, akutansi dan statistik.

    Di tangan seorang pengguna yang cerdas, laptop dapat diberdayakan untuk mengolah data dinamis. Salah satu keunggulan Ms. Excel adalah anda dapat membagi-bagi dokumen menjadi beberapa sheet terpisah, meletakkan data pada sheet yang satu sedang sheet yang lain diisikan rumus tertentu. Anda tidak perlu lagi memasukkan rumus yang sama secara berulang-ulang kali. Yang penting buat rumus mentahnya berdasarkan tabel yang tersedia sehingga data-datanya dapat dibandingkan menurut perhitungan tertentu. Sehingga untuk data-datanya tinggal di copi-paste saja dari dokumen lain sehingga keluarlah hasilnya secara otomatis.
  5. Menulis dan mengedit surat resmi.

    Saat anda melamar pekerjaan, tentu saja perlu membuat surat resmi. Anda dapat mengambil beberapa contohnya dari internet atau dari teman yang sudah terbukti mahir bagian surat-menyurat dan telah bekerja di perusahaan/ instansi tertentu. Silahkan uraikan berbagai kelebihan yang dimiliki untuk membuat HRD tertarik memanggil anda untuk proses selanjutnya. Saat mengirim surat izin ke sekolah atau kampus juga perlukan surat resmi yang menggunakan kata-kata baku. Beberapa orang menulisnya langsung dengan tangan tetapi yang lainnya mengetiknya dengan laptop. Silahkan dibaca teman, Contoh penipuan lowongan kerja.
  6. Mengerjakan tugas sekolah/ kuliah.

    Dahulu ketika masih duduk di bangku sekolah dan sedang kuliah, mendapat banyak tugas dari guru/ dosen. Biasanya yang dikerjakan menggukan minikomputer adalah tugas kelompok yang harus diserahkan dalam bentu makalah sekaligus dipresentasikan bersama. Saat di akhir perkuliahan kita akan diperhadapkan dengan penelitian karya tulis ilmiah (KTI), skripsi, tesis dan lain sebagainya. Tugas akhir semacam ini sangat mendesak di tahun-tahun terakhir perkuliahan. Saat memiliki laptop, tentu dapat mengerjakan berbagai karya tulis tersebut dimana saja, kapan saja agar selesai sesuai tenggat waktu.
  7. Membuat dan mengedit poster sederhana.

    Microsoft Office menyediakan berbagai fitur yang mudah digunakan untuk membuat gambar yang berisi pesan-pesan positif. Aplikasinya tergolong mudah digunakan dan hasilnya juga memuaskan. Bahkan saat membuat gambar di website (blog) yang dikelola, kami lebih suka menggunakan Ms. Power Point sebab salah satu fiturnya adalah “Save As” langsung berbagai hasil poster ke dalam berbagai format gambar (jpg, png, gif dan lainnya).
  8. Membuat dan mengedit gambar.

    Bila hanya sekedar mengubah resolusi, ukuran dan format gambar dapat dilakukan menggunakan “Paint.” Jika anda membutuhkan pengeditan yang lebih lagi silahkan unduh aplikasinya di internet, misalnya PhotoScape, PhotoShop dan CorelDraw. Tentu saja, semakin detail pengeditannya, dibutuhkan keahlian yang juga lebih mumpuni.
  9. Memutar film (video) dari berbagai CamCorder.

    Memiliki handycam sebagai salah satu alat untuk mendokumentasikan acara bergerak dapat menjadi salah satu pekerjaan yang menguntungkan. Beberapa orang memiliki alat perekam video hanya sebagai hobi untuk menghabiskan waktu luang. Sedang beberapa melakukannya demi sebuah tuntutan tugas.
  10. Memutar suara (musik) dari berbagai musik player.

    Saat memiliki MP3/ MP4 Player, anda dapat menghubungkannya langsung dengan laptop. Musik yang dapat diputar oleh berbagai media player portable tersebut biasanya dapat pula diputar oleh minikomputer ini. Notebook inipun dapat dihubungkan pula dengan perangkat smartphone sehingga bisa berbagi data (file/ dokumen internal) bahkan dapat pula berbagi koneksi internet.
  11. Membuka foto dari berbagai kamera.

    Bagi yang memiliki kamera foto, dapat mencetak dengan menghubungkannya terlebih dahulu dengan notebook yang telah terintegrasi dengan printer. Beberapa jenis printer malah dapat langsung menerima perintah untuk mencetak dari kamera. Saat anda membutuhkan pengeditan dan ukuran foto dalam skala sendiri (khusus), perlu memindahkan dokumen gambar ke minikomputer agar dapat diedit dan diatur terlebih dahulu sebelum dicetak.
  12. Menggandakan data (copi-paste) internal dan eksternal.

    Flashdisk merupakan suatu perangkat memori yang sangat kecil, dapat diletakkan disaku dan dibawa kemana-mana. Sewaktu memindahkan data tertentu dari komputer-PC ke laptop atau antar minikompter saja, diperlukan flash disk minimalis ini sebagai alat transportasi data antar perangkat. Ada pula penyimpanan data yang lebih besar, yaitu hardisk eksternal. Biasanya digunakan untuk menyimpan berbagai-bagai koleksi dokumen favorit sesuai dengan minat pemiliknya. Kami sendiri menggunakan hardisk eksternal untuk menyimpan berbagai film populer yang diunduh dari internet.
  13. Online menggunakan jaringan internet (mengirim pesan, panggilan, videofon).

    Kita bisa online menggunakan internet sehingga terhubung dengan semua orang dari berbagai belahan dunia. Hanya saja anda memerlukan ID seseorang sehingga dapat menghubungi mereka dengan cara khusus. Kita dimungkinkan untuk mengirim pesan (SMS) dan melakukan panggilan bahkan bisa juga difungsikan sebagai videofon. Internet membuat kita dapat terkoneksi dengan berbagai manusia dari berbagai bangsa di seluruh dunia.
  14. Menggunakan media sosial.

    Media sosial adalah salah satu penyedia fitur pertemanan dengan jaringan yang hadir di seluruh negara yang telah terkoneksi dengan jaringan broadband. Biasanya, masing-masing wilayah memiliki media sosial favorit khusus yang digandrungi oleh orang-orang di dalamnya. Setiap perusahaan juga memiliki kecenderungan pada brand media sosial tertentu untuk menghubungkan seluruh karyawannya. Di balik semuanya itu, berhati-hatilah menggunakannya sebab diantara banyaknya pemakai, ada pribadi yang hanya robot sengaja diluncurkan untuk menjebak anda. Tetapi orang yang cerdas dapat mengubah jebakan itu menjadi ujian yang meningkatkan ketegaran hati (kesabaran). Saksikanlah, Efek samping bersosial media.
  15. Menyimpan berbagai dokumen di hardisk internal.

    Setiap komputer termasuk laptop memiliki hardisk internal sebagai pusat penyimpanan segala bentuk data dari berbagai perangkat portabel (kamera, MP3 Player, handycam, smartphone dan lain-lain). Anda juga dapat mengoleksi berbagai informasi dari internet (cloud) untuk disimpan secara pribadi di dalam laptop yang dimaksud.
  16. Mengatur dan mengorganisir data yang dimiliki (museum kehidupan).

    Anda dapat mengatur berbagai dokumen menurut tanggal pembuatan, tanggal perubahan, tipe dan ukurannya. Bagi mereka yang hendak mendokumentasikan kehidupannya seorang atau sekeluarga dapat menyimpan dokumen dalam folder-folder khusus sebagai kenang-kenangan. Sadarilah bahwa semua informasi kehidupan pribadi (keluarga) yang terorganisir dengan baik dapat menjadi museum kehidupan yang menyimpan sejarah untuk generasi berikutnya.
  17. Dapat menambahkan berbagai fitur baru yang diperlukan.

    Biasanya saat kita bekerja dalam suatu perusahaan dan diharuskan untuk terintegrasi pada sistem, ada aplikasi khusus untuk terhubung dengan sistem tersebut. Biasanya aplikasi yang tersistem ini dimanfaatkan untuk membuat laporan atau sekedar melakukan pengawasan pada hal-hal tertentu agar pusat (manajemen) dapat selalu memantau pekerjaan di daerah/ wilayah kerja masing-masing.
  18. Melindungi privasi anda.

    Secara umum laptop dapat dimanfaatkan untuk melindungi semua data-data pribadi anda. Tentu saja hal ini berlaku jika kita mengaktifkan fitur enkripsi yang sejak dari awal telah terintegrasi di dalamnya. Biasanya fitur enkripsi standar tersebut berada dalam menu “User Account” di “Control Panel.” Ini bisa diaktifkan dengan membuat kata kunci khusus untuk membentengi laptop tidak diotak-atik oleh orang yang tidak bertanggung jawab (orang lain yang tidak diinginkan).

Bagi yang tidak memiliki laptop, jangan kuatir, andakan punya smartphone, itu sudah cukup. Tidak memiliki ponsel pintar? Berarti kita sama, kan bisa ke warnet terdekat atau minjam punya kawan....

Teknologi tidak jahat selama anda dapat mengendalikan diri saat memanfaatkannya. Kesalahan itu awalnya berasal dari dalam diri sendiri yang awalnya teledor (tidak sengaja) namun kemudian jadi menginginkan hal-hal negatif tersebut. Lama-kelamaan hal ini dapat berubah menjadi sifat ketergantungan yang lebih merusak. Anda perlu memaklumkan satu hari dalam seminggu dimana tidak lagi mengoperasikan barang elektronik tersebut. Puasa teknologi ini diperlukan agar tidak ketagihan dengan pesona mesin. Semakin baik kemampuan anda mengendalikan diri, semakin selektif dan kritis menggunakan laptop. Orang yang bijak hanya akan menuai kebaikan dari dalamnya tetapi orang yang bebal memegang kebaikannya tetapi kakinya terpeleset karena mabuk informasi negatif. Lihat juga kawan, Dampak negatif ponsel pintar bagi kesehatan.

Salam, Orang yang cakap,
tidak mudah dilahap
oleh pasir hisap
!

0 Response to "+10 Manfaat Laptop Dalam Kehidupan Untuk Mendukung Pekerjaan Sehari-Hari"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama