13 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Mental dan Fisik


Menangis adalah penderitaan pertama yang dialami oleh setiap manusia tanpa terkecuali. Aktivitas ini adalah pertanda bahwa kita tertekan dari luar dan dalam diri ini. Sewaktu kita masih kecil mungil, tekanan selalu diekspresikan lewat menangis namun lama kelamaan setelah kita dewasa kita mulai belajar untuk mengekspresikan tekanan dalam bentuk lain selain menangis. Misalnya diam, cuek dan marah.

Tidak hanya anak kecil yang butuh tangisan, mulai dari anak muda, orang dewasa dan orang jompo juga butuh tangisan. Hidup lebih sehat luar dalam karena tangisan. Oleh karena itu jangan tahan tangisan sendiri dan juga jangan tahan tangisan siapapun. Ada banyak pembelajaran yang kita petik dari aktivitas ini, berikut ulasannya, manfaat menangis bagi kesehatan mental dan fisik :
  1. Pribadi yang sudah terbiasa menangis akan menemukan satu titik dimana rasa sakit itu tidak terasa sakit lagi karena sudah terbiasa.
  2. Menangis adalah pembelajaran mental pertama yang akan terus memperkuat kepribadian kita.
  3. Dengan menangis, kita akan belajar mengendalikan emosi dan pada akhirnya kita akan dimampukan untuk mengendalikan diri untuk tidak menangis lagi.
  4. Menangis adalah kesempatan untuk merasakan dan mengerti “ada penderitaan dalam hidup ini”, “ada kesakitan yang kelak tidak dapat kita hindari”, “ada kepahitan yang harus kita tanggung”.
  5. Air mata membuat kita sadar betul memiliki kelemahan.
  6. Menangis adalah kesempatan untuk berbenah. Bersama air mata kita melihat kedalam diri sendiri, bercermin dan mengatakan “apa yang salah dengan diri ini?”.
  7. Air mata mendorong kita untuk berubah untuk melakukan sesuatu yang berbeda agar kelak tidak menangis lagi.
  8. Air mata mengajari kita untuk lebih sabar dan rendah hati. Menanggung penderitaan itu tidak mudah, secara tidak langsung kita diajari untuk lebih tegar dan tetap sabar lewat tetesan air mata.
  9. Menangis adalah pelampiasan, dari pada kita menyakiti diri sendiri atau bahkan menyakiti orang lain lebih baik kita menangis.
  10. Menangis membuat  perasaan lebih lega rasanya. Ketika seseorang menangis, ada sesuatu yang mengganjal dalam dirinya. Seiring dengan tangisan membuat kita mengerti akan hal-hal baru yang digali berdasarkan pengertian sendiri. Setelah mengerti apa sebenarnya penyebab kesedihan ini? dan apa yang diharapkan dari semua ini? membuat kita lambat laun mengerti apa yang kita inginkan dengan begitu perasaan lebih lega dan tenang setelah menangis.
  11. Menangis membuat mood lebih baik. Setelah menangis, perasaan sedih itu akan berlalu dan suasana hati menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan penelitian tahun 2008 oleh University of South Florida disebutkan bahwa 90% orang-orang yang mengikuti test mengalami peningkatan suasana hati setelah menangis dari yang sebelumnya mengalami stres (bad mood).
  12. Menangis juga baik untuk kesehatan mata. Terdapat sel imun (sel darah putih) dalam setiap tetas air mata yang tercurah. Inilah yang dapat membersihkan mata dari kuman penyakit penyebab iritasi mata.
  13. Menagis baik untuk membuka pita suara dan menguatkan paru-paru (khusus bagi balita dan anak). Suara karismatik dibentuk dalam tangisan yang mewujudkan warna suara yang ngebass dan lebih rendah (laki-laki), panjang dan lebih tinggi (perempuan).
Oleh karena itu teman, jangan pernah menahan tangisan siapapu. Baik itu adek-adek kita yang masih kecil. Karena dengan menangis mereka bisa belajar banyak hal tentang kehidupan ini. Biarkan mereka menangis sepuasnya hingga akhirnya mereka berhenti sendiri. Tangisan seperti ini akan membuat mereka lebih kuat dan lebih sabar. Akan tetapi bukan berarti kita dengan sengaja bisa bebas membuat adik-adik di rumah menangis, ini namanya KEJAM. Pastikan mereka menangis bukan karena kesalahan kita melainkan karena kesalahan sendiri atau karena terlalu mengkek.

Demikian saja teman. Terimakasih
Manfaat menangis

0 Response to "13 Manfaat Menangis bagi Kesehatan Mental dan Fisik"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama