9 Cara efektif mengatasi Stress - 14 Cara Menghindari depresi - 6 Sumber tekanan kehidupan



Stres itu biasa. Inilah hidup yang penuh tekanan. Tapi jangan diseret berlarut-larut sebab dapat membuat anda mengalami depresi berat, melainkan selesaikan masalah hari ini pada hari yang sama. Besok-besok pasti ada-ada saja tekanan yang datang. Oleh karena itu, bereskan masalah anda sesegera mungkin agar hidup senantiasa ringan untuk dijalani. Simak terus sampai selesai teman dan kenalilah tips & TRIK jitu mengelola tekanan kehidupan.

Kenali sumber stres anda dimana?

Sumber stres dapat datang dari mana saja. Pada umumnya dapat dibedakan dari dua lokasi penting, yakni dari diri sendiri dan dari lingkungan. Stres yang berasal dari dalam diri sendiri biasanya berkaitan erat dengan kebiasaan sehari-hari sedangkan tekanan yang asalnya dari lingkungan sekopnya lebih luas, bisa berhubungan dengan kehidupan bermasyarakat, relasi, studi dan pekerjaan.
  1. Stres karena penyakit. Tidak sehat adalah batu sandungan menikmati hidup. Oleh karena itu alangkah baiknya jika anda segera ke dokter dan menmpuh terapi-terapi yang dianjurkan olehnya. Solusi praktisnya kemudian adalah silahkan kunjungi halaman berikut ini : SEHAT ALAMI. Ini adalah rangkaian pengalaman pribadi bagaiman saya sendiri yang sakit-sakitan ini menjadi lebih sehat dan bebas dari semua sakit itu.
  2. Depresi karena kekurangan fisik/ cacat. Anda harus punya pegangan hidup teman, Tuhan. Harus yakin dengan diri sendiri bahwa masih ada harapan yang disediakan bagi orang-orang yang berkenan kepada-NYA.
  3. Stres karena kekurangan materi. Apa-apa didunia ini pasti kurang terus teman. Oleh karena itu merasa cukuplah dengan semua yang anda miliki.
  4. Depresi karena pribadi-pribadi pengganggu alias gangguan sosial. Gangguan sosia tidak bisa dihindari teman karena kita hidup bersama dalam perbedaan kepentingan. Oleh karena itu anda harus kuat dan tetap sabar melewati semuanya ini sembari berusaha menyesuaikan diri.
  5. Stres karena keinginan yang belum tercapai. Disinilah banyak orang tersandung jatuh. Keinginan yang terlalu banyak cenderung akan membebani pikiran dan hidupmu teman. Oleh karena itu satukan keinginanmu dalam harapan yang bersifat general agar hidup lebih ringan rasanya.
  6. Depresi karena kesalahan sendiri/ Setiap dari kita jelas pernah bersalah. Kesalahan ini kadang menekan kita dari dalam dan membuat hati tidak nyaman. Oleh karena itu segeralah memohon maaf bila perlu langsung ke orangnya lalu perbaiki kesalahan anda jika itu memungkinkan.

Cara menghindari tekanan kehidupan

Tekanan kehidupan murni tidak dapat dihindari. Selama nafas ini masih berhembus maka selama itu pula kita beresiko tertekan. Usaha kita dalam hal ini adalah sedini mungkin meminimalisir resiko timbulnya tekanan. Berikut cara jitu untuk menghindarinya:
  1. Dekatkan diri dengan Sang Pencipta. Tuhan adalah sumber kekuatan kita saat menghadapi stress.
  2. Hilangkan kekuatiran dalam diri anda. Harusnya orang yang mengandalkan Tuhan bebas dari rasa khawatir karena dia berada di sebelah kanan Yang Maha Kuat.
  3. Pastikan anda dijalur yang benar. Apabila kita berada dijalan yang benar niscaya kehidupan kita jauh dari rasa bersalah.
  4. Berbuat baik kepada semua orang. 
  5. Tentukan tujuan hidupmu [apa itu? klik].
  6. Hilangkan pikiran kotor [apa itu? klik]. Upayakan berpikiran positif agar hidup lebih positif.
  7. Hilangkan kebiasaan buruk [apa itu? klik]. Terbiasalah berbuat baik karena kebaikan itu mendamaikan hati.
  8. Jauhi Persaingan tidak sehat dan tidak penting [apa itu? klik]
  9. Hargai waktu dan selesaikan urusan/ pekerjaan sesegera mungkin
  10. Jangan mudah mengumbar janji. Tepati setiap janji yang telah anda buat.
  11. Nikmati pekerjaan yang anda lakukan.
  12. Jangan terburu-buru dalam mengerjakan segala sesuatu. Cepat itu perlu akan tetapi kecepatan yang menimbulkan ketelodoran/ kesalahan adalah sia-sia. Ingatlah pada pepatah yang mengatakan : "Lebih baik lambat asal selamat".
  13. Jangan lupa untuk refreshing dan menikmati hiburan bersama keluarga. Misalnya mendengarkan musik, menonton film/ bioskop, makan diluar, jalan-jalan dan lain sebagainya.
  14. Berolahraga. Lari pagi, naik sepada, senam benar-benar membuat tubuh ini lebih fresh. Tidak perlu berat dan lama melakukannya. Cukup 15 menit per hari atau sampai anda mengeluarkan keringat pertama.

Cara efektif menghadapi tekanan stres

Persiapkan diri untuk segala kemungkinan karena dunia ini tidak bisa ditebak. Bagaimana sikap/ cara untuk menghilangkan stres karena tekanan penderitaan? Berikut cara efektif untuk mengatasi stes
  1. Jika kita tertekan janganlah lari ketakutan karena tekanan itu akan menunggu didepanmu.
  2. Jangan lindungi dirimu dan jangan juga jauhi pergaulan (karena rasa malu itu). Biarkan orang-orang merendahkan dan menghina. Itu pantas kamu dapatkan dan nikmatilah kesakitan itu sambil belajar untuk lebih kuat.
  3. Hadapi dengan lapang dada, tetap tenang, penuh pengertian dan kedepankah kesabaran.
  4. Dalam semua tekanan itu jangan menunjuk-nunjuk orang lain atau menuduh siini atau siitu penyebabnya. Tapi fokuslah terhadap diri sendiri - salahkan diri sendiri sebab sebesar-besarnya kesalahan orang lain pastilah diri ini juga bersalah saat itu. Ingat teman "Dedaunan tidak bergerak sendiri melainkan karena sepoi-sepoi berhembus disekitar".
  5. Tidak usah berlelah mencari siapa penyebabnya (tokoh intelektual)? Tidak ada gunanya menghabiskan waktu untuk ini, ikhlaslah dan anggap saja ujian ini untuk menaikkan level kecerdasanmu.
  6. Tekanan adalah kesempatan untuk mencari tahu kekurangan selama ini. Lihatlah diri sendiri sebagai satu-satunya subjek (aktor utama) lalu bercerminlah! Dalam setiap tekanan yang menghampirimu jadikan itu sebagai koreksi, "apa yang salah dengan diri ini"?
  7. Perubahan itu mutlak! Berubahlah untuk maju teman.
  8. Ditengah semua ketidaknyamanan ini perolehlah penghiburan.
Stres yang berlarut-larut semakin berat menekan kehidupan kita. Oleh sebab itu dalam setiap masalah yang anda hadapi berusahalah untuk sesegera mungkin menyelesaikannya. Dengan demikian beban hiduppun akan semakin ringan saja.
Ingatlah bahwa selama masih hidup di dunia ini maka selama itu pula kita beresiko mengalami stres dimana terus bergulir dan berputar dari satu tekanan kepada tekanan yang lain. Menyelesaikan masalah dengan segera menghindarkan kita dari stres berat yang dapat mengacaukan kehidupan ini.

Salam semangat baru!

0 Response to "9 Cara efektif mengatasi Stress - 14 Cara Menghindari depresi - 6 Sumber tekanan kehidupan"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama