Cara cepat menghilangkan bau mulut & sendawa setelah makan durian – menurunkan kolesterol setelah belah duren




Mengkonsumsi buah durian itu asyik. Tanaman yang berbuah musiaman ini sangat menggoda untuk dikonsumsi. Dagingnya yang kekuningan, lengket nan tebal menggoda lidah yang sudah tidak sabar untuk melahapnya semua. Andai tidak ada masalah metabolisme (khususnya kolesterol dan gula), sekali coba pasti maunya nambah terus sampai habis dimana perut penuh sesak. :D :D Ini terjadi khususnya di awal musim buah saja. Keinginan yang sudah dibendung lama akhirnya tersalurkan juga. Akan tetapi ini hanya terjadi di awal-awal, setelah musim buah beberapa hari/ beberapa minggu, pasti udah enek bahkan “habisin satu saja udah gak sanggup”. Inilah titik jenuh ketika sesuatu terlalu banyak dan terlalu sering dikonsumsi.

Sekilas tentang sejarah, nama dan kandungan gizi

Tanaman ini berasal dari hutan Sumatra, Kalimantan dan Malaysia. Penyebarannya ke barat dimulai dari Thailand, Birma, India dan Pakistan. Buah  durian  sudah  dikenal  di  Asia  Tenggara  sejak  abad  7  M.  Nama  lain durian  adalah  duren  (Jawa,  Gayo),  duriang  (Manado),  dulian  (Toraja),  rulen  (Seram Timur).

Kandungan Gizi Buah Durian Per 100 gr Bahan
Energi                           134,0 kal
Protein                          2,4 gr
Lemak                          3,0 gr
Karbohidrat                  28,0 gr
Kalsium                        7,4 mgr
Fosfor                          44,0 mgr
Zat Besi (Fe)                1,3 mgr
Vitamin A                     175,0 SI
Vitamin B1                    0,1 mgr
Vitamin C                     53,0 mgr
Air                               65,0 gr
Bagian dapat dimakan  22,0 %
Sumber : Direktorat Gizi Depkes RI (1996)

Mengandung protein yang berbau khas

Buah ini salah satu dari sekian banyak tanaman yang mengandung protein khas yang mengeluarkan bau tidak sedap setelah memakannya. Wangi durian yang tercium memang sangat menarik saat masih utuh akan tetapi setelah masuk kedalam perut, tiba-tiba saja baunya sangat tidak sedap. Ini terjadi karena aktivitas bakteri dalam perut yang menghancurkan dan memfermentasi panganan ini di mulut, lambung dan usus.

Bakteri memfermentasikannya menghasilkan aroma tidak sedap

Jangan menyangka bahwa mulut, lambung dan usus kita itu steril. Sesungguhnya disana banyak mikroorganisme yang disebut flora normal karena keberadaan mereka dapat dikendalikan oleh daya tahan tubuh/ imunitas kita. Kuman baik ini turut berperan dalam proses pencernaan dimana mereka membantu tubuh untuk menyerap sari-sari makanan secara maksimal dan juga turut membantu melawan kuman patogen yang secara tidak sengaja masuk melalui makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Bakteri-bakteri inilah yang memfermentasi buah duren sehingga menghasilkan gas dengan aroma yang tidak enak dicium, baik oleh hidung sendiri terlebih oleh hidung orang lain.

Hati-hati dengan kandungan kolesterol dan karbohidrat pada durian

Buat teman-teman sekalian yang hobi belah duren jangan banyak-banyak kawan. Keinginan/ nafsu makan harus dibatas-batasi. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan (lebay) tidak baik bagi kehidupan terlebih lagi bagi kesehatan kita. Sebanarnya tidak masalah memakan panganan yang satu ini lebih banyak (lebih dari dua buah) asalkan kita tahu bagaimana tips and triknya untuk menurunkan kolesterol setelah itu.

Cara mengatasi dan menghilangkan bau mulut, sendawa dan meningkatnya kolesterol setelah mengkonsumsi durian



Tidak enak dan tidak etis juga saat kita berbaur dengan masyarakat sekitar bahkan teman-teman profesional di kantor sambil berbicara dan bersendawa yang berbau menyengat. Baiklah, kita akan bahas rahasianya bagaimana agar mulut tidak bau dan sendawa tidak jorok setelah makan duren bahkan kolesterolpun ikut turun lho..... Berikut selengkapnya.

  1. Alangkah baiknya jika anda mengkonsumsi panganan ini disore hari setelah kesibukan (pekerjaan) selesai.
  2. Hindari mengkonsumsinya apabila ada rencana untuk segera bertemu dengan orang-orang baru yang membutuhkan profesionalitas dan tingkat kepercayaan yang tinggi.
  3. Setelah mengkonsumsi durian. Alangkah baiknya jika anda merapikan kulitnya di tempat sampah atau setidaknya dalam plastik yang akan segera di buang.
  4. Cuci tangan dan mulut anda dengan air yang mengalir (bersih). Jangan lupa juga untuk berkumur.
  5. >> Ambil jeruk nipis berukuran sedang (sebesar bola pingpong),
    >> Belah simetris lalu peras sarinya ke dalam gelas.
    >> Kemudian tambahkan air sampai terisi setengah gelas.
    Minum air perasan tersebut dengan menjadikan gigi anda sebagai filter/ penyaring terhadap biji-bijinya.
  6. Salah satu manfaat dahsyat dari jeruk nipis adalah membantu membunuh kuman yang berada dalam rongga mulut, lambung dan usus sehingga tidak terjadi fermentasi dimana ini berkontribusi dengan tidak dihasilkannya gas yang berbau tidak sedap.
  7. CATATAN: Bagi anda yang mengalami maag kronik, lebih baik mengkonsumsi jeruk ini dan all variant-nya setelah makan terlebih dahulu..
  8. Jika anda mengkonsumsi duren sampai 2. 3 hingga 4 buah maka cukup nyeruput limau nipis sebanyak 1 buah saja. Akan tetapi jika anda mengkonsumsinya lebih dari itu (lebih dari 3) maka anda dapat menambah dosisnya hingga 2 buah.
  9. Perbandingan yang saya gunakan 3-4 : 1. tergantung ukurannya. Artinya setiap mengkonsumsi 3-5 butir duren maka konsumsilah limau nipis sebanyak 1 buah (berlaku kelipatannya).
  10. Untuk jaga-jaga, konsumsi perasan jeruk nipis lagi setelah 6 jam mengkonsumsi buah duren atau tepat pada saat jadwal makan pertama setelah menyantap buah durian.
Baca juga, Cara menghilangkan bau mulut
Jadi, masalahnya sudah teratasikan? Sekarang mau berapapun anda mengkonsumsi buah yang eksotik ini, silahkan.... Sampai perut kenyangpun tidak masalah. Asalkan jangan lupa untuk mempersiapkan Jeruk Nipis di rumah untuk dikonsumsi setelah itu dengan perbandingan yang pas

Salam sehat alami
 

1 Response to "Cara cepat menghilangkan bau mulut & sendawa setelah makan durian – menurunkan kolesterol setelah belah duren"

  1. Setuju banget ma infonya gan...semoga sangat bermanfaat
    Mohon share info tentang kesehatan juga gan di www.biospray-fajar.weebly.com

    BalasHapus

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama