+10 Manfaat Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Bijak Menggunakan Gadget



Manfaat Smartphone, Tablet dan Gadget Canggih Lainnya
Sebenarnya manusia adalah makhluk yang sama saja dengan hewan-hewan lainnya. Tetapi berkat sedikit kelebihan kita dari makhluk hidup lain adalah tingkat kecerdasan. Otak dengan kapasitas tinggi ini membuat kita lebih sadar dan lebih peka terhadap segala sesuatu yang terjadi disekitar. Anugrah ini memang bermanfaat positif bagi kehidupan kita tetapi di sisi lain dapat pula membawa dampak negatif. Semua arah pemanfaatan teknologi sangat tergantung dari tujuan masing-masing orang saat menggunakannya. Mereka yang memakainya untuk mencari lebih  banyak uang dan kekuasaan pasti mengarah kepada hal-hal buruk. Bagi mereka yang menjadikannya sebagai salah satu sarana untuk berbagi kasih niscaya akan mengarah kepada hal-hal baik.

Pengetahuan itu baik tetapi sesat bila mengarah pada arogansi

Ilmu pengetahuan terus berkembang untuk menjadi jawaban dari berbagai masalah yang terjadi di dalam kehidupan kita. Ini adalah sebuah kelegaan yang membuat kita mampu memahami banyak situasi berbeda. Persoalan tidak lagi menjadi sesosok musuh yang harus ditakuti melainkan menjadi teman yang turut mencerdaskan kita. Hanya saja baiklah jangan sampai ada rasa meninggikan diri atas setiap penemuan jalan keluar yang berhasil. Sebab keadaan sombong inilah yang kerap kali merusak pengetahuan itu sehingga diarahkan kepada hal-hal yang salah, seperti untuk mencapai arogansi.

Kita berbohong lewat ilmu yang dimiliki agar lebih hebat dari yang lain

Sekalipun kita lebih unggul dari makhluk hidup yang lain namun jangan sampai lupa diri. Sadarilah bahwa seburuk-buruknya makhluk hidup lain adalah ciptaan Tuhan juga yang memiliki peran tertentu dalam kehidupan di bumi ini. Janganlah kita menjadi seorang yang bebal lalu semena-mena menyingkirkan makhluk hidup lain semata-mata agar diri ini terlihat dan terdengar lebih hebat dari orang lain (arogansi). Sadarilah bahwa lama-kelamaan hal tersebut akan menggiring anda kepada penyimpangan yang dimulai dari kemunafikan. Seorang pembohong menyembunyikan kejahatannya agar tetap mampu menjaga namanya tetap lebih unggul dari lawan-lawannya.

Lewat kepintaran kita meraih materi dan kemuliaan dengan memanipulasi sesama

Orang yang menggunakan ilmu pengetahuannya semata-mata demi mewujudkan keinginannya yang lebih untuk beruang banyak dan beroleh jabatan/ kekuasaan akan terjerumus kepada hal-hal yang salah. Kesalahan pertama mereka adalah tidak tulus/ tidak jujur dalam bersikap. Kemudian ini akan terus meningkat ke arah yang lebih buruk, yaitu manipulasi. Perilaku ini akan terus berlanjut yang akan dikongkalikongkan secara masal yang disebut dengan konspirasi. Dari sinilah terbukti sudah bahwa manusia menggunakan ilmu pengetahuan yang dimilikinya semata-mata demi mewujudkan arogansi. Mereka menggunakan kecerdasannya untuk berusaha menekan kehidupan sesamanya agar dirinya beroleh keuntungan lewat semuanya itu.

Nenek moyang kita menggunakan ilmunya untuk mulia seperti tuhan

Keadaan ini sebanding dengan kehidupan nenek moyang kita yang mencoba menyamai Tuhan dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dicuri mereka dari Pohon Pengetahuan Tentang Yang Baik Dan Yang Jahat. Mereka menggunakan Pohon kebenaran itu sebagai sarana untuk menyamai kekuatan Tuhan. Sayang justru karena aksi ketidaktaatan tersebut, mereka dibuang ke luar dari Taman Eden. Sejak dari saat itulah “pemanfaatan ilmu pengetahuan telah jauh menyimpang dari kebenaran.” Sebab hal tersebut hanya digukan untuk mencari cari cara agar duduk di atas semua ciptaan yang ada bahkan atas  sesama manusia. Keadaan mengarahkan manusia untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan kepada hal-hal yang jahat.

Memanfaatkan dan mengaplikasikan lmu pengetahuan dan teknologi dalam kehidupan sehari-hari hanya akan menjadi alat untuk memanipulasi orang lain jika kita tidak mengimbanginya dengan menerapkan kesetaraan (kasihi sesamamu seperti diri sendiri).

Gunakanlah Ponsel Pintar Dengan Bijak Agar Beroleh Manfaat Baiknya

Semua teknologi berdampak baik dan buruk – bijaklah menggunakannya

Smartphone adalah salah satu hasil dari ilmu pengetahuan yang disebut sebagai teknologi tercanggih abad ini. Disamping karena bentuknya yang lebih kecil dan mudah di bawa-bawa kemana saja. Teknologi ini juga terbukti telah menjadi solusi bagai beberapa masalah yang banyak dihadapi oleh manusia di abad ini. Sayang, sekalipun telah memberi jawaban, bukan berarti tidak ada masalah yang menyertainya. Justru jawaban yang diberikannya sebanding dengan masalah baru yang ditimbulkan. Oleh karena itu, jadilah pengguna gadget bijak yang selalu mengedepankan sikap yang selektif dan kritis dalam memanfaatkan segala sesuatu. Sekali lagi kami tegaskan bahwa, “bahwa dampak positif yang diberikannya sama dengan bahaya yang ditimbulkan!”

Manfaat gadget (smartphone)

Mungkin setiap dari kita saat ini telah memiliki gadget, baik yang barupa smartphone atau tablet pintar. Tentu saja, ada beberapa pengunjung blog yang mengakses situs ini dari perangkat tersebut. Perangkat ini sangat portable bahkan lebih mudah di jinjing ketimbang membawa tas di punggung atau di tangan. Sekalipun ukurannya sangat simple tentu saja yang namanya hardbook/ buku cetak itu tetap dibawa-bawa. Berikut ini akan kami tampilkan beberapa hal yang bisa digolongkan sebagai faedah atau kelebihan saat memiliki peralatan canggih tersebut.

  1. Dapat berkomunikasi dengan kerabat dari tempat jauh.

    Bagi anda yang memiliki kerabat dari tempat yang jauh, saking jauhnya hanya bisa berkumpul bersama saat hari-hari besar keagamaan saja. Mudik sekali setahun sepertinya kurang memadai untuk mendekatkan hubungan baik di dalam keluarga besar. Kita juga butuh terkoneksi langsung dengan mereka 24 jam penuh, siapa tahu ada hal-hal penting yang hendak disampaikan. Smartphone yang anda miliki bisa memfasilitasi kebutuhan semacam ini. Anda bisa melakukan panggilan suara atau sekedar mengirimkan pesan teks kepada mereka. Bahkan bisa juga dilakukan dengan panggilan video dimana anda bisa tatap muka langsung dengan saudara/ kerabat/ sahabat tersebut.
  2. Mendokumentasikan suara.

    Ini adalah bagian yang paling kami sukai, jika kebetulan ada nada-nada yang keluar dari kepala maka akan direkam. Andapun bisa merekam beragam suara di luar sana. Bahkan saat ada kejadian yang beresiko mendorong aksi kejahatan maka silahkan rekam itu sebagai barang bukti. Merakam suara pelaku kejahatan adalah salah satu bukti untuk menggugat dan membongkar kebohongan (kemunafikan) seseorang.
  3. Mendokumentasikan gambar.

    Saat pergi berlibur kemanapun, biasanya suka memotret berbagai penampakan menawan/ aneh/ lucu yang terjadi. Entah ini hanya sebagai sebuah keisengan belaka sebelum kemudian dihapus. Ada juga yang melakukannya untuk dicetak di studio foto dan ada pula yang mengirim  atau memasangnya di dinding salah satu media sosial ternama. Bagi sebagian orang, kebiasaan ini cukup menyenangkan terutama ketika ketika moment tersebut dilalui dengan orang-orang terdekat kita (keluarga).
  4. Mendokumentasikan video.

    Merekam video bisa saja dilakukan dalam berbagai momen, baik di kala rutinitas biasa, saat sedang liburan, maupun ketika ada kejadian aneh dan lucu. Beberapa orang juga suka melakukan rekaman video dengan tujuan untuk dikirimkan di situs khusus untuk upload video seperti Youtube.Com dan lain sebagainya. Tahukah anda bahwa alat perekam video di smartphone bisa juga digunakan untuk mendokumentasikan aksi kejahatan. Jadi ketika anda mulai mengamati ada kemungkinan aksi kejahatan terjadi, silahkan di rekam sebagai bukti untuk membantu menegakkan keadilan.
  5. Membuat jadwal, pengingat dan jam alarm.

    Bagi orang yang memiliki jadwal sehari-hari bisa memanfaatkan berbagai fitur pengingat yang ada di dalam smartphone. Anda juga bisa menggunakan alarm untuk mengingatkan tentang suatu kejadian yang penting. Bagi orang yang suka lupa seperti kami, bisa menggunakan fitur pengingat ulang tahun agar kita tidak akan pernah lupa dengan ultah pasangan (suami/ istri), anak, saudara, kerabat, sahabat dan teman-teman lainnya. Andapun bisa membuat beberapa memo khusus yang bisa diulang untuk mengingatkan kita tentang kejadian/ peristiwa tertentu.
  6. Untuk menemukan berita terbaru.

    Kami ada sangat jauh dari Ibu Kota Negara tetapi bisa mengetahui kejadian apa saja yang terjadi disana hanya dengan mengklik beberapa icon penyelia berita nasional. Ada begitu banyak pengelia berita di cloud, silahkan cari dan pilih sendiri sesuai selera masing-masing. Dibalik semuanya itu, berhati-hatilah dengan berbagai kabar hoax yang beredar di dunia maya. Terlebih terhadap berita seputar ajakan kebencian untuk menyudutkan oknum atau kelompok tertentu. Baik bagi anda untuk menganggap hal-hal seperti ini sebagai pengganggu untuk melatih daya tahan (kesabaran) terhadap berbagai informasi yang beredar luas di dalam masyarakat.
  7. Mendapatkan informasi seputar ilmu pengetahuan.

    Jangan ssalah kaprah lalu menganggap bahwa perkembangan ilmu pengetahuan terjadi secara terus-menerus melebihi batas-batas lingkungan sekitar. Kita belajar sesuatu dari lingkungan sekitar lalu mengoleksi hal-hal tersebut dalam sebuah rangkaian yang disebut dengan teknologi. Memang dalam banyak penampilan, teknologi disuguhkan secara berlebihan, tetap saja itu hanyalah genre film berupa fiksi sains yang tidak pernah terjadi di dunia nyata.
  8. Menemukan informasi tentang olahraga dan fitnes.

    Bagi anda yang suka berolahraga untuk membuat tetap segar dan bugar maka internet adalah salah satu sumber data terbaik untuk mencari tahu tentang informasi seputar manfaat dan teknik berolahraga yang efektif untuk tujuan-tujuan tertentu. Jangan lupa juga saat berolahraga untuk menjaga kandungan elektrolit tubuh dengan senantiasa mengkonsumsi air garam manis isotonik hari lepas hari.
  9. Menemukan informasi tentang kesehatan fisik.

    Jika anda mengalami/ menderita penyakit tertentu, silahkan cari tahu terlebih dahulu tentang informasi seputar penyakit tersebut di dalam situs kesehatan atau blog-blog penyelia perawatan penyakit lainnya. Setidaknya anda mengetahui tentang penyebab atau faktor resiko yang memperparah keadaan tersebut. Bahkan jika sedang beruntung, maka solusi penyembuhan atau pengobatannya pasti diberitahu. Tetapi janganlah lupa untuk mengunjungi dokter anda bila memang informasi yang tersedia tidak ampuh mengatasi masalah anda.
  10. Menemukan informasi tentang kesehatan mental.

    Bagi anda yang kerap mengalami stres atau tekanan karena kejadian-kejadian tertentu, silahkan mencari informasi tentang keadaan tersebut di internet. Siapa tahu salah seorang blogger di Indonesia pernah mengalami hal yang sama dimana bisa membantu sedikit memberi masukan. Temukan segala sesuatu tentang kepribadian dan cara mengatasi masalah yang timbul akibat kepribadian yang buruk. Lakukan pencarian dengan menggunakan salah satu mesin pencari terbaik, yaitu “Google.”
  11. Menemukan beberapa solusi soal kebiasaan buruk.

    Untuk yang memiliki kebiasaan buruk tetapi sulit sekali meninggalkan hal tersebut, mungkin anda butuh sedikit pencerahan pengetahuan. Dalam banyak keadaan, beberapa orang terus saja tenggelam dalam kebiasaan buruknya akibat tidak tahu dampak buruk dari hal tersebut. Jika, anda memberi waktu sedikit di depan smartphone untuk berselancar bareng setengah sampai satu jam, mencari tahu bahaya yang ditimbulkan oleh kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras, narkoba. Pemahaman yang bertambah soal kebiasaan buruk bisa membantu seseorang untuk meninggalkan hal tersebut secara perlahan tetapi pasti.
  12. Menemukan beberapa resep membuat makanan dan minuman sehat juga nikmat untuk keluarga.

    Ibu Rumah Tangga yang hendak mencoba berimprovisasi dengan beberapa resep makanan dan minuman untuk disajikan dalam cara dan bentuk yang enak di mata dan nikmat di lidah. Bisa mengunjungi beberapa situs yang menyediakan informasi seputar dunia kuliner. Entah itu termasuk masakan lokal (khas daerah tertentu), nasional maupun berupa menu internasional. Tetapi, berhati-hatilah, sebab teori terkadang tidak sama dengan praktek, oleh karena itu saat masih mencoba-coba buatlah dalam jumlah yang lebih sedikit.
  13. Menemukan beberapa gaya hidup yang benar dan sederhana.

    Kebenaran sangat dekat dengan kesederhanaan. Mustahil anda bisa hidup benar dengan mengabaikan hidup sederhana. Sebab hidup yang benar itu selalu berhubungan erat dengan kerendahan hati yang menuntut untuk menjalani hari yang lebih sederhana. Anda dapat mencari tahu seputar gaya hidup sederhana di internet dan media sosial. Bahkan kitapun bisa menemukan berbagai konten agamawi lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
  14. Sebagai fasilitas hiburan

    Ada banyak hal yang dapat menghibur lewat media sosial. Diantaranya adalah cerita, lagu, video, film, game dan lain sebagainya. Kesemua hiburan tersebut bisa membantu anda mencapai rasa senang walau hanya sesaat tetapi cukup memuaskan jika disyukuri. Berhati-hati jugalah dalam menikmati konten hiburan, jangan terlalu berlebihan sebab dapat menurunkan tingkat kecerdasan dan kesadaran dalam mengendalikan diri.
  15. Mencari dan menemukan tempat wisata yang cocok.

    Saat anda hendak berlibur dimana ada beberapa pilihan tempat wisata, silahkan cari tahu ke teman-teman di media sosial seputar tempat tersebut. Anda juga bisa langsung melakukan pencarian di Google seputar informasi tentang lokasi, jarak, harga tiket masuk, menu yang tersedia dan jenis hiburan lainnya yang terdapat di sana. Bahkan terkadang terdapat pula seputar hal tentang kelebihan dan kekurangan dari suatu tempat wisata.
  16. Mencari dan mendapatkan informasi seputar tempat tertentu beserta biaya yang dibutuhkan untuk dan selama disana.

    Jika hendak berkunjung ke daerah lain, kita bisa mengetahui penginapan yang hendak digunakan bahkan memesan tiket, jika memang harganya cocok. Informasi seputar harga saat bermalam di hotel, saat berkunjung ke restauran, seputar tiket pesawat dan lain sebagainya dapat membantu merencanakan persiapan biaya perjalanan yang dibutuhkan.
  17. Menemukan referensi harga dan spesifikasi barang yang hendak dibeli.

    Belanja di toko online di smartphone/ tablet memang bagus & praktis tetapi orang pintar hanya menjadikan hal tersebut sebagai referensi. Silahkan mencari-cari barang yang anda butuhkan di sana, sekedar untuk mengetahui harga dan spesifikasi dari barang tersebut. Sedangkan untuk membelinya, lebih baik dilakukan dengan berkunjung secara langsung ke toko di sekitar kota anda berada.

    Tujuan kita mencari informasi di toko online adalah untuk membuat pilihan sehingga saat kita berkunjung ke toko terdekat tidak sibuk bertanya ini-itu melainkan sudah jelas mau beli apa. Sedangkan harga yang ditampilkannya adalah tidak jauh-jauh dari harga di toko online tersebut. Dengan catatan ada biaya tambahan pengiriman bagi yang lokasi tempat tinggalnya berada di luar Ibukota (Jakarta). Jadi jika lokasi rumah anda semakin jauh dari Ibu Kota maka sudah bisa dipastikan bahwa perbedaan harganyapun agak tinggi sebab telah ditambahkan dengan ongkos kirim.

Sesungguhnya, masih banyak lagi manfaat lainnya dari ponsel pintar ini, silahkan cari dan tambahkan sendiri sesuai dengan pemahaman dan pengalaman masing-masing.


Tidak ada sesuatu di dunia ini yang hanya manfaatnya saja yang tersedia. Sadari jugalah bahwa semakin besar manfaat maka semakin tinggi pula resiko negatif yang ditimbulkannya. Oleh karena itu, jadilah pengguna smartphone yang bijak dengan memanfaatkannya seefektif dan seefisien mungkin. Hindari penggunaan yang berlebihan terutama saat menggunakan fitur hiburan yang termuat didalamnya. Pakailah gadget anda dalam menjalani aktivitas sehari-hari namun tetap seimbangkan dengan kebiasaan fokus kepada Tuhan, belajar dan bekerja. 

Salam, pengguna cerdas!

0 Response to "+10 Manfaat Smartphone Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Bijak Menggunakan Gadget"

Berkomentarlah yang santun dan cerdas untuk kepentingan bersama